4 Tempat di Indonesia Ini Terkenal dengan Mitosnya, Jangan Sakiti Orang yang Menceraikanmu! - WisataHits
Jawa Tengah

4 Tempat di Indonesia Ini Terkenal dengan Mitosnya, Jangan Sakiti Orang yang Menceraikanmu!

4 Tempat di Indonesia Ini Terkenal dengan Mitosnya, Jangan Sakiti Orang yang Menceraikanmu!

INDOZONE.ID – Mitos masih sangat melekat kuat di masyarakat Indonesia. Asal-usulnya tidak diketahui, mitos telah berkembang secara luas dari generasi ke generasi, bahkan beberapa orang menjadikan mitos sebagai “perhentian” kehidupan.

Mitos biasanya berupa larangan-larangan tertentu yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakat. Jika melanggar, orang tersebut akan dihukum.

Di Indonesia pun masih ada mitos turun temurun di beberapa tempat.

Inilah 4 tempat yang sarat dengan mitos dan masih dipercaya hingga saat ini. Apakah ada sesuatu? Mari dengarkan!

1. Gunung Pegat di Wonogiri

StachelbergSuasana Gunung Pegat Wonogiri (Z Creators/Eko Haryanto)

Berada di kawasan Dusun Kepuh Wetan, Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Gunung Pegat memiliki mitos yang masih sangat dipercaya masyarakat setempat.

Dinamakan Gunung Pegat karena didominasi jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang terjal serta perbukitan dengan pepohonan yang tinggi.

Mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat di daerah ini adalah pengantin baru tidak boleh melakukan perjalanan melalui kawasan Gunung Pegat setidaknya seminggu setelah akad nikah. Jika Anda melanggar hasilnya, kedua mempelai bisa bercerai. Tak hanya mitos perceraian, warga sekitar juga mengungkapkan bahwa tempat ini sangat angker sehingga sering terjadi kecelakaan.

Artikel lengkap: Mitos Gunung Pegat di Wonogiri, Pengantin Baru Tak Boleh Terjadi: Jangan Nekat!

2. Gunung Girik Pegat di Lamongan

gunung pegatSuasana di Gunung Girik Pegat Lamongan (Z Creators/Dio Masafan)

Mirip dengan Gunung Pegat di Wonogiri, Gunung Girik Pegat di Lamongan sarat akan mitos yang berkembang di masyarakat. Pasangan yang baru menikah dan ingin melewati gunung Girik Pegat harus membuang seekor ayam agar pernikahannya langgeng dan tidak terjadi konflik hingga cerai atau cerai.

Percaya atau tidak, yang pasti Gunung Girik Pegat membelah Selat Jombang-Lamongan. Anda bisa melihatnya ketika Anda datang dari Lamongan ke Jombang dan sebaliknya. Jalan ini, bebatuan yang menjulang tinggi di kedua sisinya dan ditumbuhi pepohonan, dipisahkan oleh jalan tersebut.

Artikel lengkap: Mitos pengantin baru harus buang ayam ke gunung kalau melanggar apa yang terjadi!

3. Bunut Bolong di Bali

ekor beronggaBunut Bolong di Bali, pengantin baru tak kunjung datang (Z Creators/Rani Rachmania)

Bunut Bolong merupakan tempat wisata magis dan mistis di Bali. Bunut Bolong sebenarnya hanyalah sebuah pohon besar bercabang dengan lubang besar di tengahnya yang terlihat seperti terowongan. Dalam bahasa setempat, “Bunut” berarti pohon yang berakar, sedangkan “Bolong” berarti lubang.

Diperkirakan berumur ratusan tahun, pohon ini dikeramatkan oleh masyarakat Hindu Bali. Ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar yaitu calon pengantin atau pengantin baru dilarang melintasi Bunut Bolong. Jika hal ini dilanggar maka pasangan tersebut akan mengalami hal-hal buruk seperti pernikahan yang gagal, perceraian atau kecelakaan yang berujung pada kematian pasangan tersebut. Jadi tidak ada yang berani melanggar tabu ini.

Artikel lengkap: Misteri Pohon Bolong di Bali, Benarkah Pantangan Pengantin?

4. Jembatan Asmara di Malang

jembatan sayangJembatan ini diyakini bisa menciptakan romansa yang langgeng (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Jembatan Romantis di Air Terjun Wana Wisata Coban Talun di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Jembatan sepanjang 14 meter ini tak lepas dari mitos masyarakat. Artinya, jika sepasang kekasih atau sepasang suami istri melintasi jembatan kayu ini, maka hubungan cinta mereka akan langgeng. Mitos yang diyakini masyarakat ini ternyata menjadi sumber legenda.

Meski tidak semua orang percaya pada mitos, hal itu tidak mengurangi daya tarik Jembatan Asmara bagi wisatawan. Menjadi menarik karena wisatawan biasanya merasa tertantang untuk melintasinya dengan orang yang mereka cintai. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan Anda sudah bisa berwisata ke Coban Talun.

Artikel lengkap: Menyeberangi jembatan ini dipercaya dapat membangun hubungan cinta yang langgeng, apakah Anda ingin mencobanya?

Inilah 4 tempat di Indonesia yang penuh dengan mitos dan sedikit berbau mistis. Percaya atau tidak, mitos ini masih dipegang teguh oleh masyarakat setempat.

Artikel menarik lainnya:

Rumah mewah Bu Eny dan Tiko jadi tempat selfie dan jalan-jalan malam dadakan

Disinilah Banjir menjadi Quality Time Event, disinilah keseruan nya

Viral wajah seorang wanita 28 tahun lebih tua darinya, ternyata gejala pertamanya adalah gatal-gatal

ngeri! Ada JPO Horor Menantang Maut di Bandung, melewatinya seperti uji nyali

Menyesatkan! Ternyata Wingko Babat bukan asli Semarang, ini dia asal-usulnya

Ciptakan kisah seru Anda dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button