4 Rute Alternatif Menuju Puncak Naiklah sepeda motor terbaru agar tidak terjebak kemacetan - WisataHits
Jawa Barat

4 Rute Alternatif Menuju Puncak Naiklah sepeda motor terbaru agar tidak terjebak kemacetan

Jakarta, CNNIndonesia

Masyarakat yang ingin berlibur ke Puncak perlu mencari tahu tentang jalur alternatif menuju Puncak dengan mengendarai sepeda motor terbaru. Rute-rute tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengurangi waktu tempuh puncak bisa lebih pendek.

Seperti diketahui, kawasan pegunungan yang terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini selalu padat karena tingginya minat masyarakat yang ingin berlibur ke Puncak, terutama di akhir pekan dan musim hujan. liburan.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Secara umum, kawasan Puncak ramai dikunjungi pemudik dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Akibatnya, jalan menuju kawasan ini selalu macet.

Namun, Polres Bogor telah menyiapkan beberapa jalur alternatif menuju kawasan Puncak bagi pengendara pribadi maupun pengendara sepeda motor. Rute alternatif ini bisa disesuaikan dengan lokasi keberangkatan masing-masing traveler.

Menurut website pemerintah Bogor, Puncak merupakan kawasan wisata pegunungan yang sudah populer sejak zaman penjajahan Belanda.

Dulu Belanda menjadikan Puncak sebagai kawasan perkebunan teh yang sekarang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.

Namun, pemandangan yang indah dan udara yang sejuk perlahan menjadikan Puncak sebagai tempat peristirahatan favorit warga Jakarta. Berbagai tempat wisata bermunculan di Puncak dari waktu ke waktu.

Salah satu yang paling terkenal adalah Taman Safari. Selain itu, ada juga taman bunga dan Masjid Atta’wun yang sering dikunjungi wisatawan.

Rute alternatif menuju puncak wisata motor terbaru

Nah, jika Anda berencana mengunjungi Puncak untuk mengisi liburan akhir tahun, berikut alternatif jalur menuju Puncak dengan mengendarai motor baru yang bisa Anda coba.

1. Silsilah Cileungsi Jonggol Cariu

Jalur Cileungsi Jonggol Cariu merupakan jalur menuju Puncak yang dapat menjadi alternatif bagi masyarakat dari Jakarta, Bekasi dan Purwakarta.

Track ini memiliki panjang lintasan sekitar 55 kilometer (km) dengan lebar 8 meter, sehingga cukup lebar dan bisa membuat suasana berkendara lebih leluasa. Waktu tempuh jalur ini sekitar 1-2 jam tergantung kepadatan jalan.

2. Rute Cilember-Jogjogan-Ciburial

Warga Bogor dapat mencapai jalur Cilember-Jogjogan-Ciburial sebagai jalur utama menuju Puncak karena lebih dekat dari arah Kota Bogor, Sentul dan Caringin.

Jalur ini memiliki panjang jalur sekitar 8 km dengan lebar 5 m. Selain untuk liburan di Puncak, jalur ini juga sering digunakan untuk mudik lebaran.

3. Bendungan Jatiwangi Rute Ciawi

Jalur Jatiwangi-Bendingan-Ciawi memiliki panjang jalur 13 km dan lebar 6 m, sehingga tidak terlalu ramai untuk menuju kawasan Puncak.

Jalur ini cocok untuk masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang ingin berlibur ke Puncak. Selain itu, jalur ini merupakan alternatif arus balik dari kawasan Puncak.

4. Jalur Cigombong/Caringin Cipaku Kota Bogor

Jalur terakhir yang juga bisa digunakan adalah melalui Jalur Cigombong/Caringin Cipaku Kota Bogor.

Panjang jalur sekitar 14,7 km dengan lebar jalan 8 m Jalur ini cocok untuk masyarakat yang datang dari Sukabumi dan sekitarnya.

Ganjil genap aturan di atas

Orang yang merencanakan liburan ke Puncak pada akhir tahun juga harus mengetahui aturan ganjil genap di jalur Puncak.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021 tentang Manajemen Lalu Lintas pada Seksi Nomor 74 Jalan Nasional Ciawi-Puncak dan Seksi Nomor 75 Jalan Nasional Batas Kota Puncak-Cianjur.

Berdasarkan aturan tersebut, odds and even berlaku untuk mobil penumpang, bus, dan sepeda motor.

Kendaraan dengan plat nomor ganjil tidak diperbolehkan melintasi jalur Puncak pada hari genap. Sebaliknya, kendaraan dengan pelat nomor genap dilarang melintasi jalur Puncak pada tanggal ganjil.

Baris atas yang berlaku ganjil genap, yaitu.

  1. Arah Simpang Gadog, Jalan Raya Puncak, menuju Simpang Empat, Tugu Lampu Gentur, Kabupaten Cianjur
  2. Arah perlintasan Tugu Empat Lampu, Gentur, Kabupaten Cianjur, menuju perlintasan Gadong, Jalan Raya Puncak

Aturan ganjil genap berlaku pada hari Jumat hingga Minggu mulai pukul 14.00 hingga tengah malam WIB dan pada hari libur nasional mulai H-1 hingga hari libur nasional mulai pukul 14.00 hingga tengah malam WIB.

Inilah jalur alternatif menuju puncak mengendarai sepeda motor terbaru. Selamat berlibur!

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button