4 produk kreatif yang cocok untuk oleh-oleh saat jalan-jalan ke Borobudur - WisataHits
Jawa Tengah

4 produk kreatif yang cocok untuk oleh-oleh saat jalan-jalan ke Borobudur

Jakarta, CNN Indonesia

Sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO (UNESCO World Heritage), Borobudur memiliki berbagai pesona yang menarik wisatawan untuk mengunjungi candi Budha terbesar di dunia ini.

Selain keajaiban sejarah-budaya candi yang menakjubkan, ada juga produk industri kreatif (ekraf) di sekitar destinasi Borobudur ini yang sayang untuk dilewatkan dan cocok sebagai oleh-oleh.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau wisatawan yang berlibur ke suatu daerah untuk membeli dan menggunakan produk kreatif lokal untuk mempercepat revitalisasi ekonomi dan memperluas lapangan kerja.

“Kampanye Bangga Made in Indonesia, jangan hanya bangga, beli made in Indonesia. Jadi kita jangan jadi Rohali, kelompoknya hanya melihat-lihat, atau Rihana, kelompok itu hanya bertanya, kita semua harus menjadi Rojali, kelompoknya pergi berbelanja dan membeli,” kata Handel.

Sudah siap berburu oleh-oleh dari kota Magelang? Sebelum itu, jangan lupa nonton NGATRI atau Ngobrol dengan Menteri setiap akhir pekan HIDUP di akun Instagram @pesona.indonesia.

Ikuti juga kuisnya konsekuensi Akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar dan untuk memberi nama 3 orang temanmu untuk bergabung, ya! Dapatkan berbagai hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Berikut 4 produk kreatif untuk dijadikan oleh-oleh selama liburan di Borobudur.

1. Dapatkan Tri Color Eco

Getuk adalah makanan tradisional Magelang yang terbuat dari ubi jalar. Getuk Tri Warna Eco merupakan salah satu produk Getuk yang paling terkenal di kalangan pemburu kuliner.

Berdiri sejak tahun 1976, Getuk Tri Warna Eco terus menjaga kualitasnya dengan menggunakan ubi jalar kualitas terbaik, diproses secara khusus untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan empuk. Getuk merek ini memiliki rasa yang manis dan asli, sehingga mengkonsumsinya membuat ketagihan.

Getuk Tri Varna Eco memiliki arti tersendiri. Sesuai dengan namanya triwarna Getuk ini terdiri dari 3 warna yaitu pink, putih dan coklat. Sedangkan untuk nama ramah lingkungan dari bahasa jawa yang artinya enak atau enak. Selain itu juga, ramah lingkungan bisa juga diartikan sebagai singkatan dari enak dan cocok untuk oleh-oleh.

Untuk mendapatkan getuk ini kamu bisa mengunjungi tokonya di Jalan DI Panjaitan 5, Jambon, Magelang. Selain Getuk Tri Warna Eco, toko ini juga memproduksi berlian pandan yang rasanya lebih manis, gurih dan empuk, sehingga produk kreatif ini juga menjadi produk unggulan berikutnya.

Produk kreatif di toko ini juga bisa dibeli secara online on line melalui akun Instagram @getuk.triwarna.eco.

2. Seniman Arum Seni Keramik

Bagi yang menyukai produk artisanal, Dusun Klipoh bisa menjadi tujuan untuk membeli gerabah. Tembikar adalah produk kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang diremas halus. Di Arum Arts Ceramic Artisan Anda bisa membeli berbagai jenis keramik.

Keramik Seni Arum Produk keramik Pengrajin beragam, antara lain tempat cabai, vas bunga, toples, sendok makan, piring, kendi, kendi hingga patung kepala Buddha. Kamu juga bisa merasakan pengalaman membuat gerabah lho, di toko oleh-oleh yang terletak di Dusun Klipoh, Banjaran 1, Borobudur, Magelang ini.

Saat Anda belajar membuat gerabah, Anda akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman sehingga pekerjaan Anda dapat diselesaikan secara profesional. Untuk informasi lebih lanjut tentang Seniman Keramik Arum, kunjungi akun Instagram @gerabaharumart.

3. Kerajinan Jerawood Kerajinan Kayu Limbah





advFoto: Arsip Kemenparekraf.

Ternyata, kerajinan dari barang bekas bisa menjadi pilihan oleh-oleh unik, termasuk produk Kerajinan Jerawood. Dengan memanfaatkan limbah kayu atau kayu bekas, Jerawood Craft mampu menghasilkan produk kerajinan tangan yang berkualitas.

Di Jerawood Craft Anda bisa membeli berbagai produk kayu olahan dengan nilai eceran tinggi, seperti: pembicarajam dinding, jam tangan, kacamata, jam digital, peralatan rumah tanggadan cucian piring.

Toko yang berlokasi di Jalan Jeruk Timur III, Sanden, Desa Kramat Selatan, Kabupaten Magelang Utara ini merupakan salah satu UMKM yang masih eksis di masa pandemi karena Jerawood Craft selalu berinovasi. Kamu juga bisa membeli berbagai koleksi produk Jerawood Craft melalui akun Instagram @jerawood.id.

4. Iwing Batik Kebon Polo





advFoto: Arsip Kemenparekraf.

Liburan ke Borobudur tidak lengkap tanpa berbelanja batik. Batik Iwing Kebonpolo merupakan salah satu kain Batik khas Magelang, cocok untuk oleh-oleh untuk kerabat, sahabat, sahabat dan keluarga.

Iwing Batik Kebonpolo memiliki hak cipta untuk membuat desain tie-dye Sejuta Bunga Magelang. Motif ikat celup magelang sejuta bunga berbentuk pola ikonik menara air Dikombinasikan dengan pola bunga teratai, itu mengungkapkan makna yang luar biasa.

Motif ikat celup sejuta bunga Magelang melambangkan kota Magelang, kota sejuta bunga yang indah dan penuh kedamaian.

Kwing Batik Kebonpolo memproduksi bahan ikat celup mulai dari ikat celup, celup stempel, atau kombinasi keduanya. Selain membatik, Iwing Batik Kebonpolo juga membuat kain Jumputan dengan menggunakan pewarna alami dan sintetis.

Beragam koleksi Batik Iwing Kebonpolo Batik dapat dibeli di Gang Arum, Wates Tengah, Magelang Utara atau melalui akun Instagram @iwing_batikkebonpolo.

Sudahkah Anda membuat daftar oleh-oleh untuk dibeli selama liburan di Borobudur? Pastikan Anda divaksinasi sebelum Anda bepergian pemacu serta berupaya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker yang benar, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak sosial untuk memastikan aktivitas wisata aman dan nyaman.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang destinasi wisata dan inspirasi industri kreatif #DiIndonesiaAja dengan mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia dan halaman kunjungan www.indonesia.travel. .

(iklan/iklan)

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button