4 Julukan Populer Yogyakarta 0: Infografis Foto Okezone - WisataHits
Yogyakarta

4 Julukan Populer Yogyakarta 0: Infografis Foto Okezone

4 Julukan Populer Yogyakarta 0: Infografis Foto Okezone

Jumat 06 Januari 2023 14:05 WIB

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa julukan yang cukup terkenal. Julukan tersebut disematkan karena identik dengan daerah. Yogyakarta juga memiliki banyak ciri khas dan kini berstatus provinsi dengan otonomi khusus.

BACA JUGA: 7 Wisata Favorit di Yogyakarta

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Yogyakarta pernah menjadi ibu kota negara. Dari sinilah perjuangan kemerdekaan terus berlanjut.

Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta juga merupakan pusat kerajaan, mulai dari Kerajaan (Islam) Mataram, Kesultanan Yogyakarta, dan Kadipaten Pakualaman. Corak pemerintahan yang dipimpin oleh seorang sultan atau raja tetap dipertahankan di Yogyakarta hingga saat ini.

BACA JUGA: 7 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Coba

Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta memiliki Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012.

Selain itu Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar dan kota istimewa, ternyata kota ini memiliki beberapa julukan lain yang masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Berikut ratingnya.

kota pelajar

Mungkin kata ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun masih banyak orang yang belum mengetahui mengapa disebut kota pelajar.

Julukan kota pelajar diberikan karena terdapat banyak pusat pendidikan. Banyak pelajar yang tertarik untuk belajar dan belajar di Jogja. Bahkan banyak perguruan tinggi ternama seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan universitas atau perguruan tinggi lainnya.

kota Gudeg

Julukan berikutnya adalah Kota Gudeg. Yogyakarta memiliki beragam kuliner khas, salah satunya Gudeg.

Gudeg adalah makanan olahan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Di Jogja, masakan ini sangat mudah ditemukan dimana-mana. Bahkan warung makan gudeg sangat mudah ditemukan di Jakarta dan daerah lainnya.

kota pariwisata

Selain pendidikan dan kuliner, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata. Banyak destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berbagai destinasi wisata bisa dikunjungi di kota ini mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata seni hingga pusat perbelanjaan. Dan jangan heran jika banyak ditemui orang asing di setiap sudut kota Yogyakarta.

kota seniman

Pagelaran seni sering diadakan secara rutin di Jogja, baik bulanan maupun tahunan. Tak jarang musisi dan artis Indonesia lahir di Jogja, seperti penyanyi grup musik Sheila on 7, Akhdiyat Duta Modjo.

Jogja memang begitu istimewa, keindahan suasana kotanya terdefinisi lewat sebuah lagu berjudul “Something in Jogja” karya Adhitia Sofyan. Menceritakan suasana kota Yogyakarta yang sepi dan membuat setiap orang yang berkunjung merindukannya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button