37.878 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul Saat Libur Imlek - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

37.878 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul Saat Libur Imlek – ANTARA News Yogyakarta

37.878 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul Saat Libur Imlek – ANTARA News Yogyakarta

Gunungkidul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Gunungkidul Kabupaten Yogyakarta mencatat sebanyak 37.878 wisatawan berlibur ke berbagai objek wisata di kabupaten itu selama liburan Imlek 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan, Senin di Gunungkidul, jumlah kunjungan wisatawan selama libur Imlek 2023 cukup tinggi dan tidak kalah dengan libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Ada 7.872 pengunjung pada Sabtu (21 Januari), 21.164 pada Minggu (22 Januari) dan 8.842 hari ini.

“Sabtu dan Minggu terlihat peningkatan jumlah wisatawan dibandingkan minggu sebelumnya, terutama jumlah kunjungan wisatawan pada hari Minggu,” kata Arif yang mengatakan kunjungan wisatawan meningkat 44 persen dari akhir pekan lalu.

Arif mengatakan kenaikan tersebut mendorong perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi wisata. Namun, detailnya masih dihitung.

Padahal perolehan PAD pariwisata Gunungkidul mencapai hampir Rp 1 miliar per Jumat (20/1). Rinciannya mencapai Rp 990,81 miliar.

“Target PAD 2023 dari retribusi pariwisata adalah Rp 28,9 miliar dengan jumlah wisatawan 4.117.190 orang,” kata Arif.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto justru menilai peningkatan kunjungan wisatawan selama liburan Imlek 2023 tidak signifikan.

Dia merujuk pada hunian penginapan dan rumah makan anggota PHRI Gunungkidul. Menurutnya, kenaikan dibanding akhir pekan sebelumnya hanya sekitar 10 persen.

“Kemungkinan kenaikan signifikan baru akan terasa pada libur panjang seperti Lebaran mendatang,” kata Sunyoto.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button