3 PO Bus Muri Recording, andalan kamu? : Okezone Otomotif - WisataHits
Jawa Tengah

3 PO Bus Muri Recording, andalan kamu? : Okezone Otomotif

LARUTAN Perekaman MURI tidak hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Sebuah perusahaan juga bisa mencetak rekor ketika unggul, tidak terkecuali Perusahaan Bus (PO).

Lantas bus PO mana yang berhasil memecahkan rekor MURI? Berikut daftarnya seperti dilansir berbagai sumber:

Werkudara

Pertama adalah Bus Kota Solo, bus tingkat pertama yang dibangun oleh tangan-tangan terampil anak bangsa, yang resmi beroperasi pada 20 Februari 2011. Bus Werkudara dibangun dari tubuh Solo Trisakti.

Body Trisakti adalah body series terbaik yang pernah ada di Indonesia. Trisakti didirikan pada tahun 1983 oleh Bapak Widodo dan dianggap sebagai salah satu pelopor dari enam binaragawan untuk bus tingkat atau bus tingkat.

infografis

Bus tingkat Werkudara dioperasikan sebagai salah satu daya tarik wisata bus tingkat. Inilah hasil pelantikan Pak Jokowi pada tahun 2011 saat menjabat sebagai walikota di Solo. Ia ingin Solo menjadi kota wisata meski belum ada objek wisata.

Bus ini kemudian dihadirkan untuk menarik wisatawan, namun ide tersebut tidak serta merta terwujud. Pada saat penyerahan pertama, terjadi tarik ulur hingga dua tahun sebelum akhirnya bisa direalisasikan.

Bus Werkudara memiliki warna merah mencolok dan tinggi 4,5 meter. Ketika Anda duduk di atasnya, itu lebih tinggi dari lampu lalu lintas. Karena itu, Verkudar hanya bisa menunjukkan orang-orang di sekitar jalan utama di Solo.

Lebarnya sama dengan bus umum, yaitu 2,5 meter. Bus ini mendapat penghargaan rekor MURI karena merupakan bus tingkat pertama yang diproduksi langsung oleh Indonesia sendiri.

sumber daya alam

Salah satu armada PO Bus Sumber Alam juga berhasil meraih predikat MURI sebagai bus modifikasi terpanjang di Indonesia dengan panjang 12,6 meter. Bus dengan 10 roda dan lift ini bernama Limo Sumber Alam.

Bus ini sangat unik dan berbeda dengan bus di Indonesia pada umumnya. Perbedaan yang sangat mencolok terlihat pada tampilan eksterior panjang bus ini, yang dibandingkan dengan bus lainnya, Bus Sumber Alam Limo memiliki empat roda tambahan.

Bus ini mengacu pada bus Eropa yang menggunakan gandar kembar untuk roda belakang. Mesin yang digunakan adalah Mercedes Benz OH 1526, ditambah panjang Ces kurang lebih satu meter, jadi total panjang bus ini adalah 13,2 meter.

Sumber Alam sendiri mempercayakan pembangunan bus terpanjang ke jenazah Laksana. Interior bus dieksplorasi dengan berbagai perangkat hiburan, serta untuk beristirahat, yang menambah kenyamanan perjalanan.

Keistimewaan yang dimiliki bus ini yang konon belum ada di armada bus manapun di Indonesia adalah pintu lift di bagian kiri belakang. Pintu lift ini digunakan untuk naik turun bagi pengguna kursi roda atau ketika harus membawa beban berat.

Bus yang tercatat sebagai rekor Muri ke-3827 pada 21 Juli 2009, juga memiliki ruang VIP di bagian belakang. Di dalam kamar terdapat sofa bundar dengan TV 42 inci. Di ruangan ini, penumpang dapat menonton film TV dan karaoke.

Sinar Jaya

Seperti diketahui, bus PO ini merupakan bus antar kota antar provinsi terbaik selama enam tahun berturut-turut dari tahun 2005 hingga 2010. Karena banyaknya penghargaan yang diterima oleh perusahaan bus Sinar Jaya, membuat rekor MURI sebagai perusahaan transportasi yang menerima penghargaan terbanyak.

Sinar Jaya sendiri merupakan PO bus dari Jawa Barat. Berkantor pusat di Bekasi, Jawa Barat, PO bus ini berdiri sejak tahun 1982 dan masih terus berkembang hingga saat ini. Pada awalnya, Sinar Jaya dikenal menggunakan model bus kapsul.

Apa yang dilakukan Sinar Jaya kemudian menjadi trend dan diminati masyarakat. Sinar Jaya sendiri dikenal setia pada sasis bush Hino. Ada yang bekas, seperti seri Hino erg dan seri rk8, baik yang lama maupun yang baru.

Selain itu juga menggunakan sasis premium seperti rn285 dan RK Turbo. Saat ini Sinar Jaya melayani berbagai jurusan seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok dengan berbagai destinasi di Provinsi Jawa Tengah.

Source: otomotif.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button