3 jenis platform web hosting dan penjelasannya - WisataHits
wisatahits

3 jenis platform web hosting dan penjelasannya

3 jenis platform web hosting dan penjelasannya

Saat memilih platform web hosting yang kita gunakan, kita perlu menyadari variasi yang berbeda dari setiap platform. Dari pilihan Virtual Private Server (VPS) hingga Dedicated Server atau Dedicated Server.

Hampir semua jenis server atau platform yang banyak digunakan oleh para blogger semuanya sesuai dengan kebutuhan website yang dimiliki blogger. Memilih platform hosting yang tepat sangat penting bagi blogger sebelum mereka mulai membangun situs web mereka.

Hal ini dikarenakan server berperan penting dalam kecepatan dan kemampuan website untuk selanjutnya menampung trafik pengunjung web. Memilih server ini menjadi pilihan ketika blogger nantinya membuat blog pribadi, portal atau forum.

Banyak penyedia layanan yang jual akomodasi mulai dari harga termurah dan terjangkau untuk blogger hingga harga termahal untuk sebuah perusahaan atau portal. Salah satu penyedia hosting termurah di Indonesia adalah Domainesia. Selain penjualan akomodasi, Domainesia juga menawarkan penjualan promo domain terbaru yang sangat terjangkau untuk blogger pemula.

Jenis Web Hosting

Di bawah ini, kami akan membahas 3 opsi platform hosting beserta penjelasannya untuk membantu Anda memahami perbedaan antara satu platform dengan platform lainnya. Saya harap akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih platform web hosting terbaik untuk situs web Anda.

3 jenis platform web hosting dan penjelasannya

Temukan 3 jenis platform web hosting dan penjelasannya di bawah ini:

1. Hosting Bersama

Jika kita memilih platform shared hosting, semua website yang ada di server akan bersama-sama menggunakan semua sumber daya sistem yang tersedia seperti memori (RAM), prosesor (CPU) dan ruang penyimpanan data di server.

Pada dasarnya, platform ini berfungsi seperti satu PC rumahan yang digunakan bersama oleh seluruh keluarga. Dalam situasi ini, peningkatan lalu lintas (Lalu lintas) pengguna lain yang signifikan akan mengkonsumsi lebih banyak sumber daya server.

Kondisi ini akan membuat kemacetan lalu lintas untuk situs lain dan memperlambat kinerja situs web Anda dan situs web lain di shared hosting ini.

Namun, opsi ini sangat cocok untuk situs yang hanya menjalankan perangkat lunak standar, Lalu lintasc yang masih kecil dan hanya menggunakan volume data rendah sampai sedang.

Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengelola situs web Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dengan biaya yang relatif rendah dan hanya membutuhkan pengetahuan web hosting dasar.

Tetapi kelemahannya adalah Anda tidak memiliki kendali atas kinerja sistem atau alokasi sumber daya yang tersedia, sehingga Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang konsisten.

2. Server Pribadi Virtual (VPS)

Dibandingkan dengan shared hosting, platform hosting seperti VPS ini menawarkan situs web independen dengan operasi yang aman dan kinerja tinggi.

Anda juga bisa mendapatkan akses root dengan kontrol penuh untuk mengkonfigurasi sistem sama seperti saat menggunakan dedicated server.

VPS memberi setiap pengguna ruang pribadi di mana mereka tidak dapat melihat pengguna lain berinteraksi atau mengganggu satu sama lain. Selain itu, platform hosting jenis VPS dapat berkembang dengan cepat karena sumber daya khusus mereka biasanya bukan server fisik.

Dibandingkan dengan platform shared hosting, platform hosting VPS jenis ini menawarkan bandwidth yang lebih besar dan konfigurasi sistem yang lebih baik dengan server yang berbeda dengan CPU, penyimpanan RAM yang dapat dikelola secara mandiri.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan jenis platform hosting yang andal dengan kinerja jaringan yang tinggi dan profitabilitas yang baik.

3. Server Khusus

Platform hosting khusus atau server khusus ini memberi Anda kendali atas hosting web Anda. Anda akan mendapatkan semua sumber daya tanpa berbagi. Anda dapat memaksimalkan efisiensi server Anda.

Namun, jenis platform ini membutuhkan investasi yang signifikan, terutama dalam pemeliharaan dan pengetahuan tentang pengendalian dan pengelolaan server.

Inilah alasan mengapa hanya perusahaan besar atau perusahaan dengan banyak situs yang memiliki lalu lintas padat dan beban data yang menggunakan platform server khusus ini.

Dengan penjelasan dari ketiga platform web hosting di atas, maka jelas faktor pemilihannya sesuai dengan target website atau blog yang ingin Anda buat. Pilih akomodasi sesuai dengan anggaran dan kebutuhan situs web Anda.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button