293 Penjual dan Pembeli dari 29 Negara Hadiri Travex ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

293 Penjual dan Pembeli dari 29 Negara Hadiri Travex ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta: Okezone Travel

293 Penjual dan Pembeli dari 29 Negara Hadiri Travex ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta: Okezone Travel

KEMENTERIAN Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Travel Exchange (Travex), forum bisnis perusahaan pariwisata antar negara ASEAN.

Travex yang digelar di Yogyakarta ini mempertemukan 157 penjual dan 136 pembeli dari 29 negara, antara lain sembilan negara ASEAN, enam negara Asia, sembilan negara Eropa, lima negara Timur Tengah, satu negara Amerika Utara, dan Australia.

“Travex akan digelar bersamaan dengan penyelenggaraan ‘ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023’ di Yogyakarta mulai 2-5 Februari mendatang,” kata Sandiaga seperti dikutip DI BAWAHRabu (1/2/2023).

BACA JUGA:Di awal tahun ketiga, Sandiaga meminta 4.000 desa wisata mendaftar ADWI 2023

Menurutnya, Travex merupakan salah satu agenda utama ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC).

“Jadi Travex adalah pertukaran pariwisata yang mempertemukan para pemain dari industri pariwisata sebagai ‘pembeli’ dan ‘penjual’,” ujarnya.

Ia mengatakan sejumlah program di Travex menjadi agenda utama bagi industri pariwisata dan publik selama ATF 2023, antara lain sesi B2B untuk “exhibitor” dan “seller” yang terdiri dari ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, Hotels & Industri Akomodasi, pemain TA/TO dan MICE.

“Juga akan ada sesi B2C, yang akan menjadi ajang transaksi langsung antara ‘pelaku usaha’ dan ‘pelanggan’ melalui Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif,” katanya.

BACA JUGA:Sandiaga Uno: ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Pemulihan Pariwisata di Asia Tenggara

Sandiaga menyebut sesi B2C ini merupakan rekor bersejarah karena merupakan yang pertama dalam sejarah ATF.

“Untuk mendongkrak penjualan, juga akan diadakan program promosi gratis ongkos kirim. Produk di pameran ini bisa dikirim gratis ke seluruh ASEAN,” ujarnya.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Keistimewaan lainnya, ATF tahun ini juga akan menghadirkan pameran seni rupa.

Sejumlah lukisan dan payung karya seniman Indonesia dipamerkan ke khalayak internasional. Sebuah pameran seni rupa di ATF, atau biasa kami sebut: ArTF.

TRAVEX menghadirkan 157 “penjual” dan 136 “pembeli” dari 29 negara, termasuk sembilan negara ASEAN, enam negara Asia, sembilan negara Eropa, lima dari Timur Tengah, satu dari Amerika Utara dan Australia.

“Melalui ‘Travex’ diharapkan tidak hanya menampilkan dan mempromosikan destinasi wisata, tetapi juga keberagaman sektor UMKM dan industri kreatifnya. Semua ini pantas untuk ditampilkan di momen berharga seperti sekarang ini, apalagi kita memiliki banyak sekali destinasi dan produk yang berbeda, UMKM dan industri kreatif dari seluruh nusantara,” ujarnya.

ilustrasi

Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa tema ATF kali ini adalah “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations.”

“Tema ini mewakili harapan utama sektor pariwisata dalam mengembangkan destinasi wisata utama regional dan internasional serta memperkuat posisi ASEAN sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button