29 tahun SCTV dari Jalan Darmo Surabaya ke Siaran Nasional - WisataHits
Jawa Timur

29 tahun SCTV dari Jalan Darmo Surabaya ke Siaran Nasional

TEMPO.CO, jakarta – Sebagai penonton TV Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan Surya Citra Televisi atau yang populer dengan sebutan SCTV.

SCTV merupakan siaran televisi swasta kedua di Indonesia dan salah satu jaringan televisi swasta terbesar di Indonesia. Tapi tahukah Anda sejarah terbentuknya SCTV?

halaman peluncuran Emtek, disebutkan bahwa berdirinya SCTV tidak lepas dari didirikannya PT Foresta Maju pada tanggal 5 Mei 1987 oleh Henry Pribadi dan Sudwikatmono. Selanjutnya, PT Foresta Maju berubah nama menjadi PT Surya Citra Televisi dan mengajukan permohonan

Pendirian SCTV didukung oleh Gubernur Jawa Timur M. Noer yang merasa TVRI Surabaya kurang mendapat anggaran yang baik sehingga SCTV dapat menjadi alternatif sumber informasi bagi masyarakat.

Pada tanggal 27 September 1989, SCTV mendapat persetujuan dari Dirjen Radio, Televisi dan Film dengan nama perusahaan baru yaitu PT Surabaya Centra Televisi. Izin siaran juga diperoleh pada 17 Januari 1990 bekerja sama dengan TVRI.

Tepatnya pada Hari Pahlawan 10 November 1989, SCTV memulai pembangunan sanggar di Jalan Darmo Permai Surabaya yang diresmikan pada 1 Februari 1990 oleh Menteri Penerangan Harmoko. Sesuai dengan izin yang diberikan, SCTV akan membatasi penyiaran dan penerimaan terbatas. Siaran percontohan SCTV semula dijadwalkan pada Juni 1990 selama sebulan tanpa menggunakan dekoder, dengan waktu tayang 8 jam per hari.

Namun, pada Juli 1990 pemerintah mengeluarkan arahan yang mengizinkan televisi komersial untuk disiarkan langsung untuk berventilasi dengan bebas. Kemudian, pada 1 Agustus 1990, SCTV mendapat izin dari Kementerian Penerangan untuk menyiarkan secara bebas. Akhirnya, pada 24 Agustus 1990, SCTV resmi mengudara di Surabaya dan sekitarnya. Siaran resmi pertama ini dimulai pukul 19.30 dan berlangsung selama 1 jam 30 menit hingga pukul 21.00.

Pada 30 Januari 1993, SCTV mulai mengudara secara nasional setelah mendapat SK dari Kementerian Penerangan. Namun, siaran nasional resmi ini tidak dilakukan oleh SCTV hingga 24 Agustus 1993, dan menandai berakhirnya kerjasama SCTV-RCTI. SCTV memutuskan untuk menjadi independen dan memproduksi acaranya.

EIBEN HEIZIER

Baca: SCTV Tingkatkan Produksi Rumah

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button