25 Pantai Di Yogyakarta Yang Dikenal Eksotis, Sejuk Dan Cocok Untuk Liburan - WisataHits
Yogyakarta

25 Pantai Di Yogyakarta Yang Dikenal Eksotis, Sejuk Dan Cocok Untuk Liburan

TEMPO.CO, jakarta – Selain wisata budaya, Yogyakarta juga memiliki beberapa pantai yang layak dikunjungi. Laut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terletak di sisi selatan pulau Jawa dan diketahui berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi jika anda ingin berlibur, anda perlu mengetahui pantai pasir putih indah apa saja yang ada di yogyakarta.

Daftar pantai di Yogyakarta

Menurut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat, DIY memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 113 kilometer. Terletak di antara tiga kabupaten yaitu Bantul, Gunungkidul dan Kulon Progo. Merencanakan liburan di kota Yogyakarta, Anda perlu mengetahui nama-nama pantai yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Pantai Baron

Pantai Baron menawarkan pesona dua bukit besar yang mengelilinginya. Ombak yang menyentuh pantai pecah. Jadi relatif aman untuk bermain air di pantai. Pengunjung juga akan menemukan muara yang mempertemukan air tawar dengan air laut. Lokasinya di Jalan Baron Km.18 Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

2. Pantai Depok

Meski namanya Depok, pantai ini bukan di Jawa Barat. Alamat Pantai Depok terletak di Jalan Raya Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Bantul. Pantai ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Usai menikmati goresan alami, pengunjung bisa mencoba olahan berbahan dasar ikan.

3. Pantai Drini

Dijejeri pulau-pulau kecil di tengah lautan, wisata Pantai Drini sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini termasuk dalam wilayah administrasi Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Prefektur Gunungkidul. Tiket masuknya sangat terjangkau sekitar Rp 10.000.

Pantai Depok. Foto: Dok Pemda DIY

4. Pantai Glagah

Pantai Glagah menawarkan panorama yang tidak biasa karena terdapat pemecah gelombang yang tersebar. Pengunjung sering menggunakannya sebagai tempat memancing, berfoto, atau sekedar duduk dan mendengarkan deburan ombak. Pantai ini terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Lihat : 5 Pantai Eksotis di Yogyakarta Selain Parangtritis, Dari Yang Mistis Hingga Air Terjunnya

5. Pantai Goa Cemara

Wisata pantai di Yogyakarta selanjutnya yang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Goa Cemara. Pantai yang dikaruniai pohon pinus yang rimbun ini kerap dijadikan spot foto yang Instagrammable. Suasana begitu gelap karena sinar matahari mencoba menembus celah-celah dedaunan.

6. Pantai Indrayanti

Kota ini tidak pernah kehabisan tempat wisata yang menakjubkan. Pantai Indrayanti sangat cocok sebagai tempat menghabiskan waktu liburan. Berbagai jenis akomodasi dan wahana jet ski tersedia di sini. Anda bisa berkunjung langsung di Jalan Pantai Selatan, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

7. Pantai Jogan

Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 10.000 wisatawan sudah bisa menyusuri Pantai Jogan. Tamasya Anda dijamin tak terlupakan karena pantai ini juga memiliki air terjun yang mengalir langsung ke laut. Pantai di Gunungkidul ini membelah perbukitan karst.

Pantai Jogan di Kabupaten Gunungkidul. Dermaga. Kantor Pariwisata Gunungkidul

8. Pantai Kesirat

Meski baru diresmikan, Pantai Kesirat tak kalah memukau dengan wisata pantai lainnya di Jogja. Pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 4.500. Berada di wilayah Desa Girikarto di Kecamatan Panggang, pantai ini menampilkan pesona sunset yang spektakuler.

9. Pantai Krakal

Surganya para peselancar, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Hamparan pasir putih yang terbentang jauh dan luas pasti akan memanjakan kaki pengunjung. Di sini pengunjung juga bisa mengajak anak-anak bermain air.

Wisatawan di Pantai Krakal, objek wisata di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, 7 Agustus 2014. TEMPO/Rully Kesuma

10. Pantai Crocoh

Pantai Krokoh juga harus masuk dalam daftar wisata pantai terbaik di Yogyakarta. Pantai yang berdekatan dengan Kabupaten Wonogiri ini masih alami. Sangat cocok bagi yang menyukai suasana tenang dan jauh dari keramaian.

11. Pantai Kukup

Terletak di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Pantai Kukup merupakan tempat wisata di Jogja yang populer. Beberapa tebing berbatu menambah keindahan pantai ini. Ini adalah tujuan yang sangat baik untuk menghabiskan liburan sekolah bersama keluarga.

12. Pantai Nglambor

Berbeda dengan alternatif wisata pantai di Gunungkidul lainnya, Pantai Nglambor akan memanjakan para pecinta olahraga bawah air. Snorkeling dan diving aman di sini. Segera rencanakan kunjungan ke kawasan Desa Purwodadi di Kecamatan Tepus.

13. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran menyuguhkan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Uniknya, sebuah miniatur candi Borobudur juga dibangun di pantai ini. Selain itu wisata kuliner di Pantai Ngobaran juga tidak boleh dilewatkan. Pengunjung bisa mencicipi manisnya daging lobster yang baru ditangkap nelayan.

14. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai yang ada di Bantul tepatnya di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari. Laut di pantai ini menjadi tujuan para nelayan mencari ikan. Tak heran jika Pantai Ngrenehan juga disebut surganya olahan ikan.

Warga menyaksikan kapal nelayan KM Akau Jaya Sembilan yang tenggelam Kamis (10/10) di Pantai Toroudan, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kapal ikan ini ditemukan dalam keadaan rusak dalam keadaan rusak oleh nelayan pantai Ngrenehan pada Kamis (10/10) pukul 06.00 WIB. Tempo/Suryo Wibowo

15. Pantai Nguluran

Rekomendasi pantai terdekat di Yogyakarta adalah Pantai Nguluran di Jalan Bolang, Desa Girikerto, Kec. Daging panggang. Pantai ini menampilkan daya tarik berupa jembatan kaca yang dibangun di atas lautan. Sambil menyeberang, pengunjung juga bisa melihat aliran air laut yang tak ada habisnya.

16. Pantai Pandansari

Ingin merasakan pengalaman menjadi pengatur lalu lintas di lautan? Pantai Pandansari cocok untuk dikunjungi. Pantai di desa Gadingsari, Kec. Sanden memiliki mercusuar bernama Kalajivamasti. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus menaiki anak tangga satu per satu.

17. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan alternatif wisata pantai di Jogja yang hits. Wisatawan hanya perlu mengganti harga tiket masuk sekitar Rp10.000 untuk melihat laut lepas. Pantai ini terletak di Jalan Pok Tunggal di Kecamatan Tepus.

18. Pantai Parangkusumo

Tak perlu jauh-jauh ke negara-negara Timur Tengah, Pantai Parangkusumo memiliki bukit pasir khas Sahara. Pantai yang memiliki tiket masuk sebesar Rp 5.000 ini akan menghadirkan momen liburan yang tak terlupakan. Pantai ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

19. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak tahu Pantai Parangtritis? Dikatakan sebagai rumah penguasa laut selatan Jawa, pantai ini selalu menjadi tujuan utama pengunjung. Pantai ini menawarkan aktivitas menyenangkan seperti ATV dan menunggang kuda.

Turis berselancar di pantai Parangtritis Yogyakarta pada Minggu, 8 Mei 2022. KECEPATAN | kepribadian Wicaksono

20. Pantai Sadranan

Masih belum puas melihat putihnya pasir pantai dan jernihnya air laut? Tidak ada salahnya mencoba wisata bawah laut pantai Sadranan. Pantai Sadranan memiliki ekosistem bawah laut yang indah dengan berbagai jenis biota laut. Untuk masuk, pengunjung harus membayar tiket masuk di loket sekitar Rp10.000.

21. Pantai Siung

Pantai yang kerap dijadikan ajang kompetisi panjat tebing internasional ini tak kalah indahnya. Pantai Siung terletak di Kel. Purwodadi, Kec. Mengalahkan. Pantai ini menampilkan keagungan tebing-tebing besar.

22. Pantai Sundak

Melihat surutnya air laut di Pantai Sundak menjadi hal yang ditunggu-tunggu para wisatawan. Karena bebatuan muncul di permukaan sambil ditemani hewan-hewan kecil yang berkeliaran. Cukup merogoh kocek Rp 5.000, kamu sudah bisa bermain di pantai yang terletak di desa Sidoharjo, Kec. Hapus itu.

23. Pantai Timang

Pantai terkenal berkat program TV Orang berlari di Korea Selatan, hal ini harus diperhitungkan saat memilih pantai keren di Yogyakarta. Pantai ini sangat digilai bagi mereka yang menyukai aktivitas memompa adrenalin. Karena ada jembatan gantung dan gondola yang membawa pengunjung melintasi lautan liar.

Seorang nelayan menarik tali rekannya usai melaut di Pulau Panjang di Pantai Timang, Gunung Kidul, Yogyakarta (18/1). PACE/Tommy Satria

24. Pantai Watu Katak

Jika Anda berada di Jalan Kelor Kidul, Desa Kemadang, Kecamatan. Tanjungsari, Kab.Gunungkidul, jangan ragu untuk mampir ke Pantai Watu Kodok. Seperti namanya, pantai ini dikenal dengan batu karang ikonik yang menyerupai bentuk amfibi.

25. Pantai Wediombo

Rekomendasi wisata di Jogja yang terakhir adalah Pantai Wediombo di Desa Jepitu, Kec. Girisubo. Pantai ini juga bisa dipilih sebagai tempat perkemahan selain di gunung. Perbukitan di sini bisa dijadikan jalur pendakian.

Inilah daftar pantai di Yogyakarta dari daerah Bantul, Gunungkidul dan Kulon Progo. Harga tiket masuknya sangat murah berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Beberapa pantai masih asri dan jarang dikunjungi.

MELYNDA DWI PUSPITA

Baca: Sultan Yogyakarta minta perayaan tahun baru sebarkan dan ikuti protokol kesehatan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button