20 Wisata Kuliner Cirebon yang enak, menggugah selera dan akan membuat anda ketagihan - WisataHits
Jawa Barat

20 Wisata Kuliner Cirebon yang enak, menggugah selera dan akan membuat anda ketagihan

11. Nasi Bu Nur Jamblang

Wisata kuliner Cirebon selanjutnya adalah Nasi Jamblang, Bu Nur. Sajian khas Cirebon ini merupakan kuliner khas Cirebon yang sudah lama ada dan selalu dikunjungi kembali oleh pengunjung. Seperti namanya, tempat kuliner di Cirebon ini menawarkan hidangan utama yaitu nasi jamblang. Nasi jamblang adalah nasi dengan topping daun jati dan lauk pauknya tersedia dalam berbagai hidangan seperti: B. Sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, pie dan lain-lain.

12. Empal Asam Jawa

Wisata kuliner Cirebon ini memiliki sajian empal asam dengan rasa kuah yang bening. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Empal Asam adalah kaldu dan belimbing wuluh. Empal Asam juga memiliki rasa yang cukup asam namun segar karena perpaduan kuah kaldu dan belimbing wuluh. Buah belimbing yang terbuat dari Empal Asam juga cocok untuk sarapan hingga makan malam.

13. Pasta warna

Hidangan yang disebut mie colot adalah mie yamin ala cirebon. Wisata kuliner Cirebon ini, sesuai dengan namanya, berbahan dasar mie. Mie yang disajikan memiliki untaian tipis dan halus yang dimasak bersama sawi hijau. Setelah itu, mie diaduk dengan minyak ayam dan kecap manis, lalu disajikan dengan ayam dan jamur yang dimasak dengan kecap. Biasanya kuah bakso juga disajikan dengan siomay, bakso tahu, atau bakso kunyah di mangkuk terpisah.

14. Restoran Klapa yang Lucu

Restoran Klapa Manis merupakan salah satu wisata kuliner Cirebon dengan dekorasi yang unik dan desain ruang yang indah. Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang memanjakan mata. Jika ingin menikmati pemandangan Cirebon di malam hari, Anda bisa request tempat duduk di lantai paling atas agar bisa langsung melihat kerlap-kerlip lampu kota.

Menu utama di restoran Klapa Manis ini adalah Nasi Tutu Oncom, Nasi Tuna Bakar, Nasi Timah Biasa, Nasi Pepes dan masih banyak lagi. Pencinta kuliner juga bisa memesan berbagai jenis olahan sayur, daging olahan, seafood, tahu, tempe, dan sambal.

15. Docang

Wisata kuliner dari Cirebon selanjutnya adalah Docang. Docang merupakan salah satu masakan khas Cirebon yang berbahan dasar lontong yang kemudian dicampur dengan daun singkong, tauge, kelapa parut, kerupuk dan sambal khas docang. Setelah itu, campuran di atas dituangkan dengan saus pedas yang telah diolah dan dibumbui dengan bumbu pilihan dan tempe oncom. Docang memiliki rasa sambal yang gurih, segar dan pedas. Sama seperti masakan kuliner Cirebon lainnya, Docang bisa dinikmati mulai dari sarapan hingga makan malam.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button