20 Wisata Keluarga di Yogyakarta untuk Liburan Akhir Tahun - WisataHits
Yogyakarta

20 Wisata Keluarga di Yogyakarta untuk Liburan Akhir Tahun

KOMPAS.com – Liburan di penghujung tahun telah tiba. Banyak keluarga yang memanfaatkan dinamika ini untuk berlibur di sejumlah kota wisata, termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja.

Menemukan wisata ramah keluarga di Yogyakarta tidaklah sulit. Ada banyak wisata keluarga di Kota Gudeg, baik wisata alam, taman hiburan, seluncuran air, museum dan lainnya.

Tempat wisata ramah keluarga ini menawarkan berbagai tempat wisata yang bisa dinikmati oleh segala usia. Lokasinya juga mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Kompas.com merangkum berbagai wisata keluarga di Yogyakarta sebagai berikut.

1. Taman Merapi

Taman Merapi Yogyakarta. Taman Merapi Yogyakarta.

Merapi Park merupakan taman rekreasi yang menghadirkan miniatur landmark paling terkenal di dunia. Obyek wisata ini dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia.

Mengutip dari situs secara resmi, Merapi Park memiliki sejumlah wahana. Contohnya The World Landmark, sebuah taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China) dan lain-lain.

Ada juga wahana di Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park dan lain sebagainya.

Lokasinya ada di Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Rute Menuju Taman Merapi, Wisata Miniatur Ikon Dunia di Yogyakarta

2.Stonehenge Merapi

Stonehenge di Sleman, Yogyakarta,KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Stonehenge di Sleman, Yogyakarta,

Jika ingin mengajak keluarga memotret bebatuan di Stonehenge, tak perlu jauh-jauh ke Inggris. Ada wisata Stonehenge Merapi di Yogyakarta yang merupakan replika Stonehenge di Inggris.

Stonehenge Merapi adalah salah satu tujuan wisata paling populer dan juga ramah keluarga. Lokasinya berada di dalam kompleks wisata The Lost World Castle.

3. Kastil Dunia yang Hilang

Kastil dunia yang hilangInstagram @thelosworldcastle Kastil Dunia yang Hilang

Konsep dari The Lost World Castle adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang seperti dikutip dari Kompas.com (28.2.2022). Wisatawan akan menemukan sebuah bangunan seperti istana dongeng.

The Lost World Castle juga menawarkan berbagai kesempatan berfoto ala asing seperti Tembok Besar China, kapal bajak laut, dan rumah pohon. Keunikan The Lost World Castle semakin menarik dengan latar panorama Gunung Merapi.

Lokasinya berada di Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: 6 Wisata Dekat Ledok Sambi Sleman, Ada Lost World Castle

4. Museum Ullen Sentalu

Suasana di Museum Ullen Sentalu.Shutterstock/Harismoyo Suasana di Museum Ullen Sentalu.

Tempat wisata keluarga di Yogyakarta berikutnya adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini berisi koleksi peninggalan dari kerajaan Mataram Islam.

Museum Ullen Sentalu tidak hanya menampilkan budaya Kerajaan Mataram Islam, tetapi juga menampilkan kehidupan para bangsawan pada masa Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Mangkunegaran Praja, dan Kadipaten Pakualaman.

Ikon Museum Ullen Sentalu yang populer di kalangan wisatawan ini berupa relief miring. Lokasinya berada di Jalan Boyong No. KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

Baca juga: Wisata di Sleman, Jalan-jalan di sekitar Pura hingga Museum Ullen Sentalu

5. Agrowisata Bhumi Merapi

Langlang Buana Style Santorini, Tempat Wisata Baru di Jogja yang Instagenic (Doc Bhumi Merapi Agrotourism)INSTAGRAM @AGROWISATABHUMIMERAPI Santorini a la Langlang Buana, Tempat Wisata Baru di Jogja yang Instagenic (Dok. Agrowisata Bhumi Merapi)

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan tempat wisata edukasi di lereng Gunung Merapi Yogyakarta. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Mengutip Kompas.com (18.08.2022) anak-anak bisa belajar beternak di Agrowisata Bhumi Merapi. Dari memberi makan kelinci hingga menyentuh ular dan kura-kura hingga memerah susu kambing.

Selain itu, di kawasan wisata Langlang Buana terdapat replika ikon dari sejumlah negara seperti Santorini, Yunani. Lokasinya di Jalan Kaliurang Km 20 (belakang Balai Desa Hargobinangun), Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button