2 Desa Wisata di Kabupaten Kediri Penghargaan Borong di Festival Dewi Cemara 2022 - WisataHits
Jawa Timur

2 Desa Wisata di Kabupaten Kediri Penghargaan Borong di Festival Dewi Cemara 2022

Berita Kediri

SURYA.co.id, KEDIRI – Komitmen Bupati Hanindhito Himawan Pramana untuk pengembangan pariwisata di Bumi Panjalu berbasis kearifan lokal melalui optimalisasi desa wisata diakui oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ternyata, dua desa wisata di Kabupaten Kediri yang mengikuti Festival Dewi Cemara di Bendungan Tugu, Trenggalek berhasil meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bupati Hanindhito atau akrab disapa Mas Dhito mengatakan, bantuan ke desa-desa wisata sejauh ini terus dilakukan.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi kepemimpinannya, yaitu mengoptimalkan pariwisata berbasis kearifan lokal.

Mas Dhito mencontohkan desa-desa di Kabupaten Kediri yang memiliki potensi wisata dapat terus berinovasi dalam pengembangan atraksi, destinasi wisata dan tempat wisata desa.

Ia juga berharap pariwisata di desanya bisa berkelanjutan.

“Karena ekonomi tidak selalu harus tumbuh di kota, tetapi juga dari desa, yang juga termasuk pengembangan desa liburan,” katanya, Selasa (8 November 2022).

Kabupaten Kediri, lanjut Mas Dhito, merupakan daerah di Jawa Timur yang kaya akan budaya, seni dan alam yang indah.

Kekayaan ini harus dijadikan modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya desa.

Adi Suwignyo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri menambahkan, delegasi Kabupaten Kediri yang hadir dalam Festival Dewi Cemara adalah Desa Wisata Keling, Kecamatan Kepung dan Desa Wisata Sempu, Kecamatan Ngancar.

“Desa Wisata Keling mendapat penghargaan Best Virtual Tour Operator, dan Desa Wisata Sempu menjadi Stand Pameran Desa Wisata Terbaik,” ujarnya.

Pada Festival Dewi Cemara, lanjut Wignyo, gubernur juga mengakui desa wisata yang terus berinovasi mengembangkan pariwisata di desanya.

“Atas penghargaan ini, Desa Wisata Keling juga mendapatkan penghargaan bersama dengan 9 desa wisata lainnya di Jawa Timur,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button