17 Tempat Wisata Populer Di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

17 Tempat Wisata Populer Di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi

17 Tempat Wisata Populer Di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata di Jembrana Bali yang wajib dikunjungi. Untuk kabupaten di kawasan Bali Barat ini memiliki pesona yang tidak kalah menariknya dengan kawasan Bali Timur atau Bali Tengah. Obyek wisata di Jembrana ini bervariasi karena wilayahnya sangat luas dan terdiri dari pegunungan, hutan, dan pantai.

Keunggulan lain dari Jembrana adalah menjadi titik kedatangan wisatawan dari Jawa dengan menggunakan perahu. Wisatawan yang menggunakan transportasi bus atau kendaraan pribadi juga bisa menikmati wisata Bali yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Tempat wisata populer dan populer di Jembrana Bali

Berikut 17 tempat wisata unggulan di Jembrana yang wajib dikunjungi yang dirangkum dalam website Pemerintah Kabupaten Jembrana, jembranakab.go.id.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat merupakan suaka margasatwa yang digunakan untuk rekreasi, pendidikan, penelitian dan budidaya. Taman nasional ini termasuk dalam dua wilayah administratif yaitu Jembrana dan Buleleng.

Di Taman Nasional Bali Barat Anda dapat menemukan bintang laut bali (Leucopsar rothschildi) yang berkeliaran bebas, kemudian bison (Bos javanicus), rusa (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus) dan kijang (Cervus timorensis). Taman ini ditumbuhi mangrove (Rhizophora sp), pohon palem (Borassus flabellifer), hutan hujan, hutan musim yang didominasi oleh tanaman pisang (Acacia leucophloea).

Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis ini terlihat unik karena memiliki dua aliran sungai yang berdampingan. Meski tingginya hanya sekitar 4 meter, namun kesegaran air dan suasananya menjamin kesegaran yang tak kalah dengan air terjun lainnya.

Lokasinya berada di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Fasilitas disini antara lain tempat parkir kendaraan, kamar mandi dan warung makan.

Sangkarung

Sangkaagung adalah sebuah desa di Kecamatan Negara, Jembrana, Bali. Desa ini merupakan pusat kesenian “Jegog”. Jegog adalah sejenis seni musik gamelan bambu.

Wisatawan bisa menyaksikan dan belajar bermain Jegog di desa ini setiap hari Minggu dan Kamis. Seni ini terkenal di Jepang. Seniman Jegog dari Sangkaagung juga tampil di Jepang setidaknya tiga kali dalam setahun.

Kuil Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi merupakan salah satu pura bersejarah karena dikaitkan dengan kedatangan seorang pendeta dari Majapahit, Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali dan singgah di daerah tersebut untuk memberikan ajaran Hindu. Penduduk setempat mengklaim rambut Dang Hyang Nirartha, menyimpannya dan disembah di pura ini, oleh karena itu disebut Pura Rambut Siwi.

Pura ini juga memiliki pemandangan laut dan matahari terbenam. Selain itu, wisatawan juga disuguhi pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang mempercantik pura ini. Situs ini terletak di Yeh Embang Kangin, Mendoyo, Jembrana, Bali.

Bunut Bolong

Bunut Bolong merupakan pohon bunut yang tinggi dan rindang yang memiliki keunikan yaitu bagian tengah akarnya berongga atau berongga sehingga dapat dilalui kendaraan. Jalan yang membentang di bawah pohon bunut ini menghubungkan Kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng.

Lingkungan tempat ini juga menarik karena terdapat pemandangan perkebunan cengkih dan terdapat Pura Bujangga Sakti yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Bunut Bolong terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Bravah

Taman Rekreasi Delod Bravah telah disulap menjadi kawasan pantai yang menarik. Obyek wisata ini dilengkapi dengan kolam renang air laut yang dapat diakses publik dengan perosotan yang relatif tinggi. Kolam air laut biasanya hanya milik hotel berbintang.

Lokasinya di Delod Berawah, Mendoyo, Jembrana, Bali. Harga tiket masuk Taman Rekreasi Tirta Samudra Delod Bravah adalah Rp 1.500 untuk anak-anak dan Rp 3.000 untuk dewasa. Khusus untuk anak sekolah atau rombongan lebih dari 50 orang, tarif tiketnya Rp 1.000 per orang.

Pantai Pengagoan

Pantai Pengeragoan merupakan pantai pasir hitam yang layak dikunjungi. Jika Anda mengambil jalur darat dari Gilimanuk menuju Denpasar, pantai ini berada di sebelah kanan jalan.

Sembari memulihkan diri dari perjalanan, Anda bisa menikmati keindahan pantai ini. Ada beberapa warung makan di pinggir pantai. Sarana wisata ini tepatnya terletak di Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, di pintu gerbang timur Kabupaten Jembrana yang berbatasan dengan Kabupaten Tabanan.

Obyek Wisata Percak

Tempat wisata di Pantai Perancak ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang menakjubkan. Ada beberapa fasilitas yaitu sirkuit motocross dan road racing.

Tempat ini juga digunakan untuk lomba dayung kano tradisional setiap tahunnya. Selain itu, Desa Perancak merupakan tempat konservasi penyu. Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat melepas tukik atau bayi penyu ke laut.

Wisata Puncak JR Jembrana

Jembrana menawarkan wisata gunung yaitu Puncak Meet Teen atau dikenal dengan Puncak JR. Tempat ini dulunya merupakan tempat nongkrong remaja yang populer di kotamadya Sekaa Teruna Teruni.

JR Peak memiliki pemandangan pegunungan hijau yang khas. Wisatawan bisa menggunakan beberapa spot foto untuk berfoto selfie dengan latar belakang langit, hutan, dan pegunungan. Lokasi JR Peak berada di Banjar Pancaseming, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Pantai Medevi

Pantai Medewi memiliki ciri khas lekukan pantai yang indah dan pasir hitam, ombaknya yang kuat menjadikan pantai ini ideal untuk berselancar. Lokasinya asri dan sepi karena tidak seramai pantai-pantai di Denpasar.

Terdapat hotel di pantai ini yang menawarkan fasilitas kolam renang dan restoran yang artistik dan menyatu dengan pantai. Pantai ini terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk Rening memiliki pantai berpasir hitam dengan ombak yang tidak begitu besar. Pantai ini menarik untuk dinikmati di sore hari sambil menunggu matahari terbenam.

Pantai ini sering dikunjungi wisatawan. Situs ini terletak di Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Candikusuma

Sangat menyenangkan menggunakan pantai ini untuk mandi dan berenang karena pantai dan airnya bersih. Ada juga monumen berbentuk segitiga di mana konon muncul keris bercahaya di titik ini. Tempat ini juga menjadi objek wisata religi. Situs ini terletak di Candikusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Wisatawan yang melintasi Gilimanuk bisa langsung mampir ke Pantai Karang Sewu yang jaraknya hanya sekitar 300 meter.

Laut di Pantai Karang Sewu tampak tenang karena letaknya di teluk. Pohon bakau tumbuh di sekitar pantai ini, yang berfungsi untuk melindungi alam. Pantainya tidak berpasir, tetapi banyak rumput tumbuh di sekitarnya. Anda bisa mengambil foto di sini karena pemandangannya tidak seperti pantai pada umumnya.

Museum Manusia Purba

Gilimanuk memiliki Museum Manusia Purba yang menyimpan peninggalan prasejarah berupa fosil manusia purba. Dalam sebuah penelitian tahun 1963, para arkeolog Indonesia menemukan ratusan kerangka manusia yang diyakini hidup pada zaman prasejarah akhir. Ratusan kerangka milik ras Mongolia.

Temuan ini kemudian disimpan di Museum Manusia Purba. Selain tulang, koleksi di sini juga berupa perkakas seperti sarkofagus, manik-manik, gelang kayu dan kulit kerang, periuk kecil, guci, dan mangkok tanah liat.

Selain itu, Anda dapat bersantai di pantai sambil mengunjungi halaman museum. Lokasinya berada di Jalan Rajawali, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Teluk Gilimanuk

Tempat wisata di Gilimanuk lainnya yang bisa langsung Anda nikmati begitu tiba di pelabuhan adalah Teluk Gilimanuk. Air di teluk ini tenang dan menjadi peluang foto yang menarik. Tempat ini dekat dengan fasilitas umum seperti penginapan, restoran dan toko souvenir.

Taman wisata air Gumbrih

Taman Wisata Air Gumbrih menggunakan Sungai Tukad Pangyangan yang tenang. Di tempat ini banyak terdapat pohon kelapa dan babi hutan di sepanjang aliran sungai. Wisatawan bisa naik perahu perahu menyusuri sungai.

Sungai ini juga sering digunakan untuk memancing. Pemancing sering mendapatkan beberapa spesies ikan seperti kakap merah dan julit. Taman Wisata Air Gumbrih terletak di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Bendungan Palasari

Bendungan Palasari dibangun untuk mengendalikan banjir dan digunakan masyarakat untuk irigasi dan perikanan. Bendungan ini menarik untuk wisata air karena berada di sekitar hutan lindung yang sejuk.

Wisatawan bisa naik kano untuk melewati bendungan. Lokasi Bendungan Palasari berada di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali.

Itulah 17 objek wisata di Jembrana yang paling hits dan wajib dikunjungi, khususnya bagi wisatawan yang menggunakan jalur Gilimanuk. Apakah Anda ingin menjelajahi pegunungan, hutan, atau pantai? Semuanya ada di Jembrana.

Simak video Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Keraton Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(bai/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button