15 wisata terpopuler di Gunung Kidul yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari air terjun hingga pantai - WisataHits
Yogyakarta

15 wisata terpopuler di Gunung Kidul yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari air terjun hingga pantai

4. Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang wajib anda kunjungi. Terletak di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Prefektur Gunung Kidul, Yogyakarta. Pagi dan sore hari, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan alam Embung Batara Srinten.

Berada di ketinggian 859 meter di atas permukaan laut, tempat wisata ini merupakan waduk tertinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari puncak ini kita bisa melihat sinar matahari pertama yang mengawali hari dan juga saat kita kembali berlomba. Di sini Anda bahkan bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur saat mendaki puncak Mangir.

5. Embung Nglangeran

Danau buatan ini digunakan untuk menampung air hujan dan nantinya bisa digunakan untuk mengairi perkebunan petani saat musim kemarau. Embung Nglanggeran terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini terletak di atas Gunung Berapi Puerba yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dari ketinggian.

Destinasi wisata ini juga dikelilingi oleh kebun buah-buahan yang ditanam oleh warga sekitar. Memiliki pesona alam yang eksotis, banyak wisatawan yang datang hanya untuk berfoto atau menikmati keindahannya. Selain itu, karena berada di dataran tinggi, tempat ini sering digunakan untuk paralayang atau paralayang.

6. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di Gunung Kidul. Terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Padukuhan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Di goa ini Anda akan menemukan keunikan berupa perbukitan karst dan goa yang dialiri oleh sungai bawah tanah.

Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas di sepanjang sungai atau di sepanjang gua dengan peralatan yang disediakan oleh pengelola. Sungainya berkelok-kelok, airnya berwarna biru kehijauan kontras dengan tanah coklat, tebing dan hijau daun.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button