15 Wisata Sukoharjo Paling Hits dan Cocok untuk Liburan Keluarga Akhir Tahun 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

15 Wisata Sukoharjo Paling Hits dan Cocok untuk Liburan Keluarga Akhir Tahun 2022

1. Peninggalan Keraton Kartasura

Reruntuhan Keraton Kartasura merupakan wisata Sukoharjo yang merupakan peninggalan Keraton Kartasura. Tempat ini dulunya merupakan istana yang dibangun oleh Sri Susuhunan Amangkurat II, raja yang membangun Keraton Kartasura pada tahun 1680. Setelah Peristiwa Geger Pacinan tahun 1742, keraton Kesultanan Mataram dipindahkan ke Keraton Surakarta di Solo.

Akibat kerusuhan tersebut, sebagian besar bangunan keraton hancur dan kini hanya tinggal tembok bata merah yang disebut Tembok Srimanganti, yang melambangkan benteng keraton dan dua buah makam. Yang tersisa hanyalah sisa-sisa. Namun dari sisa peninggalan tersebut, pengunjung dapat melihat bukti sejarah Kerajaan Mataram yang masih ada.

2. Peninggalan Keraton Pajang

Selain Keraton Kartasura, wisata Sukoharjo juga kaya akan peninggalan Kerajaan Pajang. Sukoharjo dulunya merupakan wilayah Kerajaan Pajang pada masa pemerintahan Joko Tingkir.

Sisa-sisa Keraton Pajang menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan Pajang dan Jaka Tingkir. Benda-benda budaya tersebut berupa getek atau rakit kayu, arca kuno, dan bongkahan batu besar tempat bersemedi Jaka Tingkir.

3. Masjid Raya Baiturrahmah

Rumah ibadah juga bisa menjadi daya tarik wisata yang menarik di sebuah kota. Apalagi jika gereja itu unik dalam bentuk bangunannya. Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu tempat ibadah yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Masjid ini baru selesai dibangun pada akhir tahun 2017 lalu. Pengunjung yang datang ke Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya ingin beribadah, namun ada juga yang berfoto dengan latar belakang bangunan masjid yang megah.

4. Bendungan Colo

Bendungan Colo sebenarnya merupakan pintu air yang membendung sungai terpanjang di Pulau Jawa, yaitu Sungai Bengawan Solo. Bendungan Colo merupakan wisata Sukoharjo yang banyak dikunjungi karena struktur bangunannya yang unik, terutama area di bawahnya yang mengarah ke aliran air. Lokasi Dam Colo yang berada di kawasan perbukitan hijau menambah daya tariknya bagi wisatawan.

5. Telaga Biru Sukoharjo

Telaga Biru merupakan tempat wisata Sukoharjo yang terletak di antara perbatasan Sukoharjo dan Gunung Kidul. Telaga Biru muncul dari bekas tambang batu alam yang tergenang air. Bentuk danau yang berkelok-kelok dengan air berwarna biru kehijauan menjadikan destinasi wisata ini unik dan eksotik.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button