15 Tempat Wisata Terpopuler di Banyumas, Pesona Menakjubkan: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

15 Tempat Wisata Terpopuler di Banyumas, Pesona Menakjubkan: Okezone Travel

Kabupaten Banyuma Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata. Beberapa di antaranya sudah sangat populer di kalangan wisatawan, seperti Baturaden yang terkenal dengan keindahannya.

Wisata alam menjadi salah satu andalan Banyumas. Sisi utara kabupaten ini berbatasan langsung dengan Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Berikut 15 tempat wisata di Banyumas terpopuler yang bisa menjadi referensi liburan Anda:

1. Baturaden Lokatour

Baturaden Lokawisata berada di sebelah utara Kota Purwokerto dan berada di lereng Gunung Slamet. Wahana yang ditawarkan antara lain kolam renang, perahu dayung, terapi ikan dan kebun binatang mini.

2. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Anda akan disuguhi pepohonan pinus yang hijau dan berbagai tanaman yang sebenarnya menjadi koleksi di Kebun Raya Baturaden.

3. Danau Masih

Telaga Sunyi yang masih berada di kawasan Baturaden menjadi tempat yang cocok dikunjungi untuk penyembuhan. Danau yang konon merupakan mata air utama di kawasan Baturaden ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar airnya pun bisa terlihat. Airnya sangat sejuk berasal dari Gunung Slamet.

4. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus tidak jauh dari Kebun Raya Baturaden. Objek wisata dengan hutan pinus sebagai kuda rancangan menjadi salah satu destinasi wisata. Pasalnya, hutan pinus Limpakuwus tidak hanya menawarkan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, tapi juga spot foto yang menarik. Udara di sini juga sangat bersih dan sejuk. Apalagi saat kabut muncul, suasana akan benar-benar berbeda.

ilustrasi

5. Air Terjun Jenggala

Air Terjun Jenggala atau Air Terjun Jenggala terletak di Desa Tahunan yang masih berada di kawasan Baturaden dan merupakan salah satu harta karun yang terpendam dalam darah ini. Karena tempatnya agak tersembunyi, namun pemandangan yang disuguhkan sungguh indah yaitu air terjun yang mengalir deras, dan pemandangan alam yang masih asri.

Anda dapat memilih untuk berjalan kaki atau menggunakan kendaraan dari loket tiket. Kalau mau jalan kaki, butuh waktu sekitar 15 menit. Namun, selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

6. Air Terjun Gomblang

Air Terjun Gomblang di Kedungbanteng masih asri. Tak kalah indah dengan Curug Jenggala. Air Terjun Gomblang begitu deras sehingga menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan.

7. Curug Bayan

Curug Bayan terletak di Ketenger, Baturaden. Kelebihan air terjun ini adalah sangat mudah dijangkau karena tidak masuk terlalu dalam ke dalam hutan dan air terjunnya tidak terlalu tinggi. Anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Bayan dengan bersantai di pinggirannya.

8. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu adalah sumber air panas yang mengalir dari tebing. Air panas ini mengandung belerang yang dipercaya mampu mengatasi penyakit kulit.

9. Hutan Petualangan Baturaden

Jika Anda ingin wahana yang memacu adrenalin, Anda bisa mengunjungi Baturaden Advanture Forest. Karena di sini Anda akan menemukan berbagai wahana menarik seperti river boarding dan rapperling. Tentu saja, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk wahana di objek wisata ini.

ilustrasi

10. Meja Bukit Batu

Berlokasi di Kecamatan Kebasen, Bukit Watu Meja menyuguhkan pemandangan yang berbeda, yakni kawasan sungai Serayu yang berkelok-kelok di antara perbukitan. Untuk menuju ke kawasan ini perlu persiapan fisik dan mental karena jalurnya cukup ekstrim.

11. Curug Cipendok

Selain di kawasan Baturaden, Anda juga bisa menemukan air terjun yang indah di kawasan Cilongok. Curug Cipendok memiliki daya tarik lain. Karena alam di sekitar air terjun ini masih terjaga dengan baik dan udaranya masih segar. Tidak sulit untuk mencapai kawasan ini karena jalannya sudah beraspal.

12. Bukit Bintang Baturaden

Wisata malam yang menyuguhkan pemandangan malam kota Purwokerto menjadi pilihan yang menarik. Terletak di Desa Karangmangu, Baturaden, dijamin Anda tidak akan menyesal datang ke tempat ini.

13. Perkemahan Germanggis

Area Camp Germanggis terletak di kawasan Cilongok. Menghadirkan konsep wisata edukasi yang menyenangkan, tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Pasalnya, di sini Anda tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tetapi Anda juga bisa berkemah bersama keluarga.

14. Bukit Agaran

Bukit Agaran merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan awan dan langit biru. Dipadukan dengan hijaunya hutan di kawasan ini, wisata di Bukit Agaran menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi liburan.

ilustrasi

15. Desa

Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa mencoba datang ke The Villae Purwokerto. Terletak di jalan utama menuju Baturaden, tempat wisata bertema Eropa ini cocok bagi Anda yang hanya ingin berfoto dan bersantai. Ada banyak tempat menarik untuk berfoto dan juga ada beberapa hewan yang bisa kamu beri makan di sini. Cocok juga jika Anda membawa anak-anak untuk bermain.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button