15 Tempat Wisata di Surabaya Selain Shopping Mall - WisataHits
Jawa Timur

15 Tempat Wisata di Surabaya Selain Shopping Mall

15 Tempat Wisata di Surabaya Selain Shopping Mall

Meskipun kota Surabaya dikenal sebagai kota metropolis dengan banyak pusat perbelanjaan, namun juga memiliki destinasi alam, edukasi dan religi lho. Contohnya seperti pantai, museum, hutan bakau dan masjid yang indah sehingga wisatawan tidak perlu bingung lagi saat ingin menjelajahi kota pahlawan.

Buat kamu yang masih penasaran dimana saja tempat wisata selain mall atau mall yang ada di kota Surabaya, langsung saja baca ulasannya berikut ini, ya!

1. Kebun Binatang Surabaya

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiKebun Binatang Surabaya (instagram.com/__ambivalencee)

Kebun Binatang Surabaya atau Kebun Binatang Kota Surabaya adalah tujuan wisata yang populer bagi penduduk setempat. Berdiri sejak tahun 1918, Kebun Binatang Surabaya terus berinovasi untuk menjadi tempat pendidikan sekaligus wisata keluarga yang nyaman. Pengunjung tidak hanya dapat mempelajari hewan tetapi juga mencoba fasilitas lain seperti kolam renang anak dan studio pendidikan hewan.

Lokasi: Jalan Setail nomor 1 Darmo Wonokromo Surabaya

2. Tugu Pahlawan

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiTugu Pahlawan (instagram.com/haryan67)

Tugu Pahlawan terletak tepat di pusat kota dan dekat dengan Museum 10 November, sehingga Anda dapat menangkap semua koleksi foto, senjata, dan artefak di museum.

Monumen ini didirikan untuk memperingati pertempuran Arek Surabaya melawan penjajah pada 10 November 1945. Selain monumen dan museum, ada taman hijau di sekitarnya yang cocok sebagai tempat wisata kesehatan murah di kota Surabaya.

Lokasi: Jalan Pahlawan, Bubut, Surabaya

3. Ekowisata Mangrove

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiEkowisata Mangrove Surabaya (instagram.com/idjuel)

Hutan mangrove ini berfungsi untuk mencegah abrasi di kawasan timur Kota Surabaya dan juga menjadi destinasi ekowisata yang populer.

Di sini orang bisa belajar dan berwisata untuk mengabadikan keindahan pantai dan kawasan hutan mangrove yang hijau. Ada juga cukup jembatan bambu Instagramable untuk mengambil gambar, Anda tahu.

Lokasi: Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Surabaya

4. Wisata Kalimas

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiWisata Kapal Kalimas (instagram.com/wisataperahukalimas)

Wisata Kereta Sungai Kalimas merupakan primadona wisata malam baru di kota Surabaya lho. Anda dapat melihat kerlap-kerlip lampu kota di sini saat Anda naik perahu dari Monumen Kapal Selam ke Siola. Harga tiketnya Rp15.000 per orang.

Selain menyusuri sungai, Anda juga bisa berwisata kuliner di pinggiran tempat wisata air ini.

Lokasi: Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Tile, Surabaya

5. Kuil Sanggar Agung dan Kuil Buddha Empat Wajah

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiPura Sanggar Agung (instagram.com/in9x)

Pura Sanggar Agung terletak di sekitar Taman Kenjeran dan masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan lho. Namun, Anda dapat mengambil foto di beberapa tempat unik sambil merasakan suasana Tionghoa yang kental, seperti B. gapura besar berbentuk naga dan arca Buddha bermuka empat, yang terletak tidak jauh dari candi ini.

Lokasi: Jalan Sukolilo Nomor 100, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Dekat Stasiun Gubeng Surabaya Kurang Dari 1km

6. Pantai Kenjeran

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiPantai Kenjeran (instagram.com/niethasary)

Tidak selalu pusat perbelanjaan, Surabaya juga memiliki pantai yang cukup indah bernama Kenjeran. Nama Kenjeran sendiri diambil dari lokasi pantai yang berada di kecamatan Kenjeran. Di sini Anda tidak hanya dapat menikmati suasana air yang tenang, tetapi juga berjalan di atas jembatan kayu.

Di malam hari juga akan ada air mancur menari di sini. Kamu juga bisa berwisata ke Taman Kenjeran yang letaknya tidak jauh dari pantai ini lho.

Lokasi: Jalan Pantai Kenjeran

7. Monumen Kapal Selam

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiMonumen Kapal Selam (instagram.com/magfur2507)

Monumen Kapal Selam adalah tujuan wisata sejarah di mana Anda dapat melihat dan merasakan langsung di dalam kapal selam Angkatan Laut Indonesia.

Kapal selam yang dipamerkan disini asli dan merupakan bagian dari alutsista TNI pada masa Perang Revolusi. Untuk masuk, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 15.000.

Lokasi: Jalan Kaliasin, Genteng, Surabaya

8. Taman Bungkul

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiTaman Bungkul (instagram.com/vincentius_kuori)

Ingin wisata gratis dan indah? Taman Bungkul Surabaya adalah jawabannya. Terletak di pusat kota, taman ini sangat indah dan asri. Ada fasilitas seperti air mancur, taman bermain anak, jogging track dan skateboard.

Di taman seluas 900 meter persegi ini juga terdapat patio dengan dekorasi yang unik, cocok untuk spot foto.

Lokasi: Jalan Raya Darmo Surabaya

9. Makam Sunan Ampel

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiMakam Sunan Ampel (instagram.com/phitruk_)

Wisata religi di Surabaya tidak lengkap tanpa mengunjungi makam Sunan Ampel. Sunan Ampel adalah salah satu ulama yang tergabung dalam Wali Songo.

Untuk memasuki makam Sunan Ampel, Anda bisa melewati dan mengabadikan gapura kaligrafi dan masjid yang terletak di sana. Ada juga Kampung Arab yang bisa dijadikan tempat mencari oleh-oleh khas Islam seperti kurma, tasbih dan lain-lain.

Lokasi: Jalan Nyamplungan, Traffic Light, Semampir, Surabaya

10. Masjid Cheng Ho

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiMasjid Cheng Ho (instagram.com/surabayasparkling)

Dikenal dengan arsitekturnya yang bergaya oriental, Masjid Cheng Ho telah menjadi tujuan wisata religi baik bagi warga Surabaya maupun yang berada di luar kota.

Selain beribadah, kebanyakan dari mereka penasaran dan terpesona dengan bangunan masjid yang bentuknya seperti pura. Warnanya merah dan dihiasi banyak ornamen Cina.

Lokasi: Jalan Gading Ketabang, Genteng, Surabaya

Baca Juga: 11 Wisata Malam Surabaya Populer, Nikmati Malammu!

11. Tanah Atlantis

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiAtlantis Land (instagram.com/atlantislandofficial)

Ingin bermain permainan air di Surabaya? Atlantis Land adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Memiliki berbagai wahana seru mulai dari air terjun pelangi, kolam renang dengan perosotan dan istana megah di tengahnya.

Sekilas, Atlantis Land terlihat seperti Disneyland Abroad. Lokasinya juga strategis karena berada di Taman Kenjeran yang ramai. Untuk masuk kesini, harga tiketnya mulai dari Rp 100.000

Lokasi: Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya

12. Hutan Bambu Keputih

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiHutan Bambu Keputih (instagram.com/bern.andre)

Hutan Bambu Keputih Surabaya punya nuansa khas Jepang dan sering dijadikan spot selfie dan prewedding lho. Meski dulunya tempat ini adalah tempat pembuangan sampah, pemerintah kota kini telah berhasil mengubahnya menjadi taman wisata dengan bambu.

Anda tidak hanya bisa memotretnya di hutan bambu yang lebat, tapi Anda juga bisa mampir ke taman bunga sakura di seberang jalan.

Lokasi: Jalan Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Jawa Timur

harga tiket: Gratis

13. Masjid Al-Akbar

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiMasjid Al Akbar (instagram.com/liebe.lidya)

Masjid Al Akbar dengan kubah birunya yang khas, merupakan masjid terbesar di Jawa Timur. Masjid yang indah ini dihiasi dengan berbagai ornamen kaligrafi dan ukiran yang memukau wisatawan. Tak heran jika masjid ini menjadi destinasi wisata religi populer di kota pahlawan.

Selain beribadah dan mengagumi keindahan masjid, Anda bisa menemukan jajanan murah yang enak di pasar rakyat di depannya.

Lokasi: Jalan Masjid Agung Tim 1 Nomor 1 Sisi Sangan, Jambangan Surabaya

14. Jembatan Suramadu

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiJembatan Suramadu (instagram.com/a3tnt)

Sejak dibuka pada tahun 2009, Jembatan Suramadu telah menarik banyak wisatawan. Tidak hanya warga Surabaya, tapi hampir seluruh masyarakat Indonesia karena merupakan satu-satunya jembatan terbesar di Indonesia yang menghubungkan pulau Madura dan Jawa.

Jembatan Suramadu tidak hanya ramai di siang hari, tetapi juga dikagumi di malam hari karena kerlap-kerlip lampunya, sayang jika tidak diabadikan.

Lokasi: Tol Suramadu, Tambakwedi, Kenjeran, Surabaya.

15. Pagoda Tian Tin

15 Tempat Wisata Di Surabaya Selain Mall Yang Wajib Kamu KunjungiPagoda Tian Tin (instagram.com/arigi_dwi)

Apakah kamu suka fotografi? Jika Anda berada di Surabaya, Anda harus datang ke Pagoda Tian Tin. Bangunan bertingkat merah khas ini dibangun menyerupai kuil serupa di Cina. Bedanya, Pagoda Tian Ti di Surabaya hanya digunakan sebagai objek wisata. Kamu bisa berfoto sepuasnya di sini hanya dengan membayar tiket Rp 5.000 saja.

Lokasi: Jalan Sukolilo Nomor 100 Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

Saat berada di Surabaya tidak perlu bingung lagi mencari tempat penyembuhan karena di kota ini banyak terdapat wisata murah dan indah yang wajib Anda kunjungi. Apakah Anda sedang berlibur!

Baca Juga: 10 Potret Indah Bunga Tabebuya Mekar di Surabaya Seperti Jepang!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button