15 Tempat Wisata Cirebon yang Terkenal dan Menarik untuk Dikunjungi Tahun 2022 - WisataHits
Jawa Timur

15 Tempat Wisata Cirebon yang Terkenal dan Menarik untuk Dikunjungi Tahun 2022

Wisata di Keraton Kasepuhan Cirebon masih buka karena perebutan tahta

Perbesar

Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Kota Cirebon menawarkan wisata budaya dan sejarah yang beragam. Hubungan Cirebon dengan berbagai daerah dan negara telah menghasilkan budaya akulturasi ikonik yang hanya dimiliki Cirebon.

9. Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi adalah sebuah situs sejarah di kota Cirebon. Dulunya, tempat ini digunakan oleh para sultan untuk bersemedi dan mengatur strategi perlawanan terhadap kolonialisme Belanda.

Menurut cerita yang beredar, tempat wisata di Cirebon ini didirikan pada tahun 1703 M oleh Pangeran Kararangen, cicit Sunan Gunung Jati. Di dalam gedung terdapat banyak ruangan yang memiliki kegunaannya masing-masing.

10. Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki peninggalan berupa keraton dan masih terjaga dengan baik. Saat ini keraton menjadi salah satu aspek penting dalam melestarikan budaya suatu daerah, seperti halnya Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sebagai tonggak sejarah berdirinya Kabupaten Cirebon, Keraton Kasepuhan Cirebon menyimpan banyak objek sejarah yang bisa dikunjungi wisatawan. Arsitektur Keraton Kasepuhan merupakan perpaduan antara budaya Cina, Hindu dan Islam. Salah satu tempat paling populer bagi pengunjung adalah Singa Barong, sebuah kereta kerajaan yang digunakan secara turun-temurun.

11. Istana Kanoman

Cirebon memiliki dua keraton, di samping Keraton Kasepuhan Cirebon terdapat Keraton Kanoman. Sama seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman merupakan pusat kebudayaan yang menampilkan berbagai peninggalan sejarah berupa gerabah, keramik, lukisan, pusaka dan kereta emas Paksi Naga Liman.

Berkunjung pada bulan Maulid, wisatawan dapat menyaksikan ritual Jimat Panjang atau pencucian pusaka kerajaan yang diselenggarakan oleh Keraton Kanoman. Upacara ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang telah diberikan selama satu tahun.

12. Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati adalah salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Cirebon. Dalam cerita tersebut, Sunan Gunung Jati dikatakan telah pergi ke Cina dan menikahi salah satu putri Kaisar bernama Ong Tien Nio. Cirebon dikatakan telah memelihara hubungan diplomatik dengan Cina sejak zaman dahulu. Hal inilah yang melatarbelakangi banyaknya peninggalan sejarah bernuansa oriental, termasuk makam Sunan Gunung Jati.

13. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Wisata budaya Cirebon selanjutnya adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini merupakan peninggalan Sunan Gunung Jati atau Syekh Maulana Syarif Hidayatullah yang dibangun sebagai hadiah untuk istri tercinta Nyi Mas Pakungwati.

Arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa didominasi oleh gaya Hindu. Masjid ini tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya dan gapura masjid menyerupai gapura candi. Budaya Cirebon dan Demak juga kental di gedung ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button