15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Tahun 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Tahun 2023

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Tahun 2023

jakarta

Semarang merupakan daerah yang memiliki banyak objek wisata. Baik wisata alam, hiburan maupun wisata perkotaan lengkap di kota ini.

Namun mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui wisata menarik yang ada di kota ini. Jangan sampai saat Anda berkunjung ke Semarang, selalu pergi ke tempat yang sama.

Sekarang, detikcom merangkum beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di tahun 2023 jika anda berada di Semarang. Agar Anda tidak bingung saat berjalan-jalan di kota ini.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Taman Bunga Celosia

Ingin memanjakan mata dengan melihat aneka tanaman, terutama bunga yang cantik dan segar? Jalan-jalan ke Taman Bunga Celosia sepertinya menjadi pilihan terbaik saat berada di Semarang.

Selain menampilkan keindahan aneka bunga dan taman, di sini juga terdapat berbagai bangunan estetis yang bisa dijadikan background foto cantik.

Tur ini telah dibangun sejak 2017 tetapi masih menjadi objek yang patut dilihat. Pasalnya, taman ini memiliki luas 8,6 hektar dan menawarkan lebih dari 20 spot foto seperti Vertical Garden, Little Korea, Little Italy, Tropical Garden bahkan berfoto bersama kawanan kelinci.

Biaya: Rp 25.000 (weekdays) dan Rp 30.000 (weekend)

Lokasi : Jalan Wisata Candi Gedong Songo KM 0.5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

2. Dusun Semilir Eco Park

Ecopark Dusun SemilirEcopark Dusun Semilir. Foto: (Brigida Emi Lilia/d’travelers)

Dusun Semilir Eco Park merupakan taman bermain yang menyatukan berbagai objek wisata seperti wahana hiburan, spot foto instage, wisata kuliner, kawasan perbelanjaan, dan pilihan akomodasi.

Konsep yang diusung adalah “one stop destination”. Tidak diragukan lagi tempat ini memiliki objek yang berbeda di satu tempat. Hal inilah yang mungkin membuat banyak wisatawan menginap di tempat ini.

Untuk wahananya ada permainan ikonik yaitu seluncuran pelangi yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Pengunjung dapat meluncur melintasi pelangi ini dengan kereta luncur.

Adapun tempat-tempat lain yang sering dikunjungi, seperti B. spot foto yang instagramable. Ada beberapa tempat indah seperti Alun-Europe yang memberikan kesan unik seperti Eropa mini.

Biaya: Rp 30.000 – Rp 90.000

Lokasi: Jln. Soekarno – Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang

Jam operasional: 09.00 – 18.00 WIB

3. Danau Rawa Pening

Danau Rawa SemarangDanau Rawa Pening Semarang. Foto: Nfadils/d’Traveler

Meski bukan objek wisata baru, Wisata Danau Rawa Pening tetap menjadi tempat indah di Semarang yang layak dikunjungi tahun ini. Hal ini dikarenakan Anda jarang menemukan keindahan objek wisata yang satu ini di tempat lain.

Obyek wisata ini merupakan danau alami yang meliputi empat kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Ambarawa, Tuntang, Bawen dan Banyubiru.

Hal yang menarik dari tempat ini adalah pemandangan alam yang hadir dengan perpaduan antara air danau, hamparan persawahan serta Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran sebagai latar belakang yang membuat tempat ini terlihat sangat indah.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti restoran terapung, persewaan perahu, dan pemancingan di sini.

Biaya: Rp 3.000 (weekdays) dan Rp 3.500.000 (weekend)

Lokasi: Jln. Lingkar Selatan KM 3, Ambarawa, Kabupaten Semarang

Jam operasional: 08.00 WIB – 21.00 WIB

4. Bukit Cinta Rawa Pening

gembok cinta bukit cinta rawa vertigoGembok Cinta Bukit Cinta Rawa Pening. Foto: (Nfadils/d’Traveler)

Setelah mengenal keindahan alam Rawa Pening, rasanya sayang sekali untuk melewatkan tempat ini tanpa mengabadikannya melalui foto atau selfie. Untuk itu wajib banget mampir ke Bukit Cinta Rawa Pening yang menawarkan banyak sekali spot selfie yang menarik dan membuat tempat ini semakin cantik.

Traveler yang datang ke sini bisa menikmati berbagai atraksi wisata yang dihadirkan seperti; B. Berfoto di spot selfie, bersantai di taman estetik atau gazebo, dan menaiki perahu untuk berlayar mengelilingi danau.

Perpaduan antara pemandangan pegunungan yang indah, kehijauan lingkungan sekitar, air danau yang melimpah, dipadukan dengan beberapa spot selfie yang menarik, membuat banyak orang ragu untuk tidak mengabadikan momen berada di sini.

Biaya: Rp 15.000

Lokasi: Kebondowo, Bukit Cinta, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang

Jam operasional: 07.00 WIB – 16.00 WIB

5. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong SongoAyanaz Gedong Songo. Foto: Andy Pattihua/d’Traveler

Wisata yang satu ini menjadi salah satu hits di Semarang, tempat ini memiliki banyak spot instagramable untuk berbagai kebutuhan selfie lho. Juga kini mereka menghadirkan 35 spot foto kekinian gratis maupun berbayar.

Spot foto paling populer antara lain balon udara, tenda gelembung, kursi estetik, dan yang paling favorit adalah lounge di tengah kolam.

Selain menyuguhkan berbagai spot selfie yang cantik, daya tarik objek wisata ini terletak pada menyuguhkan setting alam yang asri dan sejuk.

Jika ingin berwisata kuliner, Anda juga bisa memesan makanan dan minuman yang disediakan di sini.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus terlebih dahulu memasuki kawasan Candi Gedong Songo dengan membayar tiket Rp 10.000 (weekdays) dan Rp 15.000 (weekend). Lalu, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan jika ingin masuk ke objek wisata Ayanaz Gedong Songo.

Biaya: Rp 15.000 (anak-anak) dan Rp 25.000 hingga 30.000 (dewasa)

Lokasi : Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kab.Semarang

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

6. Taman Vanaprastha Gedong Songo

Vanaprastha Gedong Songo Park merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di kawasan Gedong Songo. Tempat ini fokus menyajikan tempat-tempat wisata alam yang cocok untuk refreshing atau melepas penat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Di sini Anda akan menemukan kawasan hutan pinus yang sejuk untuk piknik atau dijadikan latar foto yang bagus.

Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan ini, Anda bahkan bisa mendirikan tenda karena di sini terdapat tempat perkemahan. Namun bagi Anda yang tidak ingin ribet, Anda juga bisa menginap di vila-vila yang banyak tersedia di kawasan ini.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan harus membayar terlebih dahulu tiket masuk kawasan candi Gedong Songo seharga Rp 15.000. Kemudian cukup membayar biaya tambahan untuk mengikuti tur ini.

Biaya: Tiket Rp 8.000

Lokasi: Jln. Ke Candi Gedong Songo No. 16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB

7. Umbul Sidomukti

3. Umbul SidomuktiUmbul Sidomukti. Foto: detik

Nikmati pemandian dan kolam renang di ketinggian? Mengunjungi Umbul Sidomukti merupakan pilihan yang tepat saat berada di Semarang.

Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ungaran, sehingga Anda bisa menikmati udara segar dan pemandangan alam Semarang yang indah di sini.

Selain berendam di kolam renang yang sejuk, kamu juga bisa nongkrong di kafe di sini dan menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan.

Dan bagi anda yang berasal dari daerah yang jauh, anda juga bisa menginap di villa atau resort yang mereka sediakan.

Favorit saya saat berkunjung ke sini adalah Pondok Kopi Umbul Sidomukti yang memiliki keindahan luar biasa karena berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Biaya: tiket masuk Rp 5.000 dan tiket renang Rp 20.000.

Lokasi: Jln. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB

Berikutnya: Museum Kereta Api Ambarawa

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button