15.000 wisatawan mengunjungi pasar Beringharjo selama liburan Tahun Baru. Ini adalah item untuk diburu - WisataHits
Yogyakarta

15.000 wisatawan mengunjungi pasar Beringharjo selama liburan Tahun Baru. Ini adalah item untuk diburu

15.000 wisatawan mengunjungi pasar Beringharjo selama liburan Tahun Baru.  Ini adalah item untuk diburu

TEMPO.CO, Yogyakarta – Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta mencatat pasar Beringharjo tetap ada jujuga Turis pada liburan Natal dan Tahun Baru. Buktinya, hanya dalam dua hari, 30-31 Desember 2022, pasar yang berada di ujung selatan Jalan Malioboro itu dikunjungi 15.230 wisatawan.

“Dari data yang kami terima, barang yang paling banyak dibeli oleh pengunjung Pasar Beringharjo selama liburan kemarin adalah oleh-oleh makanan, fashion tie-dye, dan tas kerajinan dari eceng gondok atau rotan,” kata Veronica Ambar Ismuwardani, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta. Biro, pada hari Rabu. 4 Januari 2023.

Ambar mengatakan, kunjungan ke pasar Beringharjo meningkat 200 persen saat liburan Natal dan Tahun Baru dibandingkan hari biasa. Meski Yogyakarta kini memiliki banyak pusat perbelanjaan modern dan pusat oleh-oleh baru, menurutnya Pasar Beringharjo masih memiliki penggemar tersendiri sehingga tetap ramai.

“Pasar Beringharjo masih menjadi pusat oleh-oleh khas Kota Yogyakarta dengan barang-barang yang unik, terutama batik dan kerajinan tangan,” kata Ambar.

Salah satu pedagang tie-dye di Pasar Beringharjo Suhartati mengaku penjualan selama liburan Natal dan Tahun Baru kali ini jauh lebih baik dibandingkan dua tahun masa pandemi Covid-19 pada 2020 dan 2021.Alhamdulillah Penjualan tie-dye laris manis, naik dua kali lipat dari biasanya untuk oleh-oleh,” ujarnya. Tie-dye yang banyak dibeli wisatawan adalah daster tie-dye dan kaos tie-dye.

Membaca: PKL pindah ke Teras Malioboro Yogyakarta, ini daftar pekerjaan rumah yang belum selesai

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button