14 Tempat Wisata Jogja Murah Yang Cantik Dan Instagrammable Yang Bagus Untuk Penyembuhan - WisataHits
Jawa Tengah

14 Tempat Wisata Jogja Murah Yang Cantik Dan Instagrammable Yang Bagus Untuk Penyembuhan

14 Tempat Wisata Jogja Murah Yang Cantik Dan Instagrammable Yang Bagus Untuk Penyembuhan

Merdeka.com – Wisata jogja murah selalu menarik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat wisata di kota pelajar ini yang tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya memiliki banyak tempat yang indah dan menarik, beberapa tempat wisata di Jogja juga murah.

Beberapa tempat wisata populer di Jogja seperti Malioboro, Pantai Parangtritis, Keraton Jogja dan Kaliurang menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Banyaknya kuliner lezat di Jogja juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Artikel media taboola

Ada banyak wisata Jogja murah yang bisa diikuti. Selain cantik dan Instagramable, beberapa wisata jogja juga memiliki nilai sejarah yang patut untuk diketahui. Berikut beberapa wisata jogja murah:

2 dari 4 halaman

Kastil dunia yang hilang

Wisata jogja murah pertama yang diluncurkan dari situs wisata Jawa adalah The Lost World Castel, yang bisa membuat Anda merasa seperti berada di Takeshi bull, salah satu acara TV di Jepang.

Tempat wisata ini dibangun untuk tujuan edukasi tentang letusan Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun lalu. Letusan tersebut menyebabkan beberapa desa hilang, terutama desa Kepuharjo.

Untuk memasuki kawasan wisata ini kamu bisa menyiapkan uang Rp 25.000 dan menikmatinya mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Wisata jogja murah selanjutnya yang wajib anda kunjungi adalah Candi Ijo. Terletak 18 km sebelah timur Yogyakarta, situs ini dibangun di atas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo sekitar abad ke-9. Candi Ijo merupakan salah satu candi tertinggi di Jogja dengan ketinggian 375 meter.

001 tantri setyorini

© jogja.lungo

Candi Ijo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, terutama di sore hari. Hanya dengan membayar denda Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan Candi Ijo yang sarat akan nilai sejarah.

Salah satu wisata jogja murah yang populer adalah Indrayanti. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut mampu memanjakan mata para wisatawan.

Cukup membayar biaya retribusi Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati panorama alam Pantai Indrayanti yang menakjubkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata di Gunungkidul yang satu ini.

Wisata jogja murah selanjutnya yaitu Taman Sari. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati seni arsitektur masa lalu. Taman Sari dulunya digunakan sebagai tempat pemandian putra-putri keraton.

Selain bentuk bangunannya yang eksotis, situs Taman Sari juga memiliki nilai sejarah yang patut untuk diketahui. Cukup membayar biaya retribusi Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan bangunan di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Benteng Vredeburg

vredeburg

© Instagram/abah_dedy

Benteng Vredeburg adalah benteng Belanda yang dibangun untuk memudahkan penguasaan atas segala perkembangan yang ada di Keraton Yogyakarta. Benteng Vredeburg saat ini berfungsi sebagai museum. Di museum ini terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif dan ruang audiovisual.

Asram Edupark adalah wisata jogja murah, wisata edukasi berbasis alam yang dibuka di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman.

Paket menginap yang ditawarkan oleh tempat-tempat wisata di Yogyakarta juga relatif terjangkau, mulai dari Rp 350.000 per orang sudah termasuk BBQ Cooking Experience dan sarapan pagi. Sedangkan untuk paket glamping dan outbond sekitar Rp 485.000 per orang, paket outbond anak-anak Rp 105.000 per orang, paket outbond dewasa Rp 135.000 per orang dan paket BBQ mulai Rp 120.000.

Berawal dari laman Aneka Tempat Wisata, ada banyak wisata Jogja terbaru yang tidak kalah yaitu Curug Pulosari. Tempat ini merupakan air terjun yang airnya berasal dari aliran sungai alami di daerah perbukitan.

Meski pancuran di Curug Pulosari relatif kecil, destinasi wisata di Kabupaten Bantul ini memiliki air yang jernih dan panorama alam yang eksotis. Bagi yang menyukai wisata alam yang masih bersih dan asri, tempat ini wajib dikunjungi.

Tempat wisata murah di Jogja selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk. Wisata alam yang mulai populer pada tahun 2010-an ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Tak hanya itu, di titik ini Anda bisa merasakan segarnya air terjun yang masih jernih.

Air Terjun Sri Gethuk sendiri terletak di desa Bleberan, Kapanewon Playen atau sekitar 45 km dari pusat kota Yogyakarta. Dibutuhkan sekitar 1 jam dari arah Kota Yogya.

4 dari 4 halaman

Air Terjun Randusari

Di bawah air terjun ini ada potret Maudy Ayunda saat Jesse Choi melamarnya

Instagram @maudyayunda © 2022 Merdeka.com

Tidak hanya air terjun Pulosari, wisata Jogja murah juga memiliki air terjun Randusari. Objek wisata dengan tinggi sekitar 12-15 meter dan kedalaman 1-3 meter ini terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan air yang jernih tetapi juga panorama alam yang mempesona.

Jika Anda datang dari arah kota Jogja, Anda bisa mengambil jalur Jalan Jogja-Wonosari atau jalur Gunung Api Purba Nglanggeran. Panorama alam yang masih terlihat hijau akan memanjakan mata anda saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Salah satu tempat wisata murah di Jogja yang paling populer adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja ini memiliki gumuk pasir atau gumuk pasir di sekitar pantai. Padahal, bukit pasir ini merupakan satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara.

Selain itu, Parangtritis dianggap sebagai salah satu simbol kekuasaan Trimurti di Yogyakarta, bersama dengan Gunung Merapi dan Keraton Yogyakarta. Tak heran jika pantai ini memiliki peran penting bagi Yogyakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Pantai Parangtritis.

Watu Lumbung merupakan salah satu wisata jogja terbaru yang menawarkan konsep edukatif. Terletak di sebelah utara Pantai Parangtritis, tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga nilai-nilai pendidikan yang diwujudkan dalam ritual dan sesajen sederhana.

Di objek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana yang terbuat dari bambu dan kayu, dibangun di antara pohon jati sebagai penyangga.
Desa Wisata Watu Lumbung juga menawarkan berbagai kuliner khas Yogya yang lezat dan menggugah selera. Oleh karena itu, tempat wisata di Bantul ini wajib dikunjungi.

Salah satu wisata jogja terbaru yang saat ini sedang populer di kalangan anak muda adalah Puncak Becici. Terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, obyek wisata alam ini menawarkan panorama keindahan alam yang mempesona.
Bahkan, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama, pernah mengunjungi tempat ini dan terpukau dengan keindahan alamnya.

Salah satu wisata jogja murah yang disukai anak muda adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat wisata Gunungkidul ini merupakan kawasan yang litologinya merupakan material vulkanik purba dan memiliki pemandangan yang indah. Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan tebing-tebing yang eksotis, dari ketinggian Anda bisa melihat panorama alam yang bisa memanjakan mata.

Salah satu wisata Jogja yang wajib dikunjungi adalah Bukit Pengilon. Nama Bukit Pengilon sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya cermin, karena di bukit ini terdapat sebuah batu yang bentuknya seperti cermin.

Tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Dari ketinggian, wisatawan dapat menikmati kesejukan dan panorama pantai yang mempesona. Bukit Pengilon sendiri terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo.

(mdk/jen)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button