14 Tempat Wisata di Karawang, dari Green Canyon Sampai Pura Jiwa - WisataHits
Jawa Tengah

14 Tempat Wisata di Karawang, dari Green Canyon Sampai Pura Jiwa

KARAWANG, KOMPAS.com – Karawang, Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk berwisata atau berwisata obat.

Berikut rekomendasi 14 tempat wisata di Karawang:

1. Air Terjun Cigentis

Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Air terjun dengan ketinggian total 25 meter ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (M.). Panorama di sekitar air terjun ini masih asri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bintan, dari Lagoi Hingga Gurun Telaga Biru

Jarak dari pusat kota Karawang sekitar 44 kilometer. Waktu tempuh dengan sepeda motor kurang lebih 1 jam 20 menit.

Sedangkan jika menggunakan mobil, sekitar 1 jam 34 menit. Namun jika menggunakan mobil, pengunjung dapat meninggalkan mobil di tempat parkir dan dilanjutkan dengan ojek.

Lokasi Curug Cigentis dapat diakses melalui

Berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa berburu Loji Durian manis yang terkenal manis. Selain Curug Cigentis, ada beberapa tempat wisata di kawasan Tegalwaru yang dikenal dengan nama Loji.

Green Canyon Karawang terletak di perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Medalsari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Panorama di tempat ini mirip dengan Green Canyon, sehingga orang menyebutnya Green Canyon Karawang.

Lokasi dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 43 kilometer dari pusat kota Karawang.

Jika menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 1 jam 21 menit. Sedangkan untuk berkendara, sekitar 1 jam 32 menit.

3. Klimaks yang sempurna

Puncak Sempur, Karawang, Jawa BaratKOMPAS.COM/FARIDA Puncak Sempur, Karawang, Jawa Barat

Puncak Sempur terletak di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Pengunjung disuguhi pemandangan Karawang dari ketinggian pegunungan.

Pengunjung dapat mendengar suara burung dan hewan lainnya. Bonusnya adalah melihat elang jawa terbang di angkasa.

Baca Juga : 10 Lagu Daerah Jawa Barat Beserta Lirik dan Artinya

Jarak Puncak Sempur sekitar 40 kilometer dari pusat kota Karawang. Waktu tempuh dengan sepeda motor kurang lebih 1 jam 17 menit.

Sedangkan jika Anda mengendarai mobil, sekitar 1 jam 25 menit. Jika ingin mengunjungi tempat ini, pengunjung harus memastikan kendaraan dalam kondisi sehat.

Lokasi Puncak Sempur bisa ditempuh melalui pengunjung yang juga bisa berkemah di lokasi ini.

Di sekitar Puncak Sempur juga ada Saung Koffie Hideung. Selain kopi dan jajanan khas Karawang, Saung Koffi Hideung juga menawarkan wisata camping dan glamping.

Situs ini terletak di dekat Puncak Sempur dan dapat diakses melalui kopi sambil menikmati matahari terbenam di ketinggian.

4. Pantai Tanjungpakis

Pantai Tanjungpakis terletak di Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Prefektur Karawang. Lokasi dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 63 kilometer dari pusat kota Karawang.

Jika menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 1 jam 44 menit. Sedangkan jika menggunakan mobil, waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 57 menit.

5. Pantai Tangkokak

Tangkokak terletak di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Kulon, Prefektur Karawang. Lokasi dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 44 kilometer dari pusat kota Karawang.

Jika menggunakan sepeda motor jarak tempuhnya sekitar 1 jam 8 menit. Seperti menggunakan mobil sekitar 1 jam 15 menit.

Perairan ini memiliki enam titik snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang menarik.

Keenam titik tersebut antara lain Karang Sedulang Besar, Karang Sedulang Kecil, Pulau Pasir, Karang Kapal dan Karang Bui.

Namun, untuk mencapai terumbu karang, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu, dengan mempertimbangkan kondisi cuaca.

Selain pantai, di tempat ini juga terdapat pusat informasi maritim, tempat disimpannya benda-benda muatan kapal karam (BMKT).

6. Pantai Sedari

Pantai Sedari terletak di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Di sebelah pantai, pengunjung bisa melihat pemandangan kolam rumput laut yang beradu dengan pohon bakau.

Jika datang saat matahari terbenam, pengunjung mendapatkan tambahan pemandangan matahari terbenam. Sangat instagramable untuk difoto.

Lokasinya bisa ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 48 kilometer dari pusat kota Karawang. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam 33 menit jika Anda berkendara. Sedangkan jika menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 1 jam 22 menit.

Candi Jiwa merupakan salah satu kompleks candi yang berada di Kompleks Percandian Batujaya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Lokasi dapat dicapai melalui

Jika ingin ke museum, Anda bisa menempuh jarak sekitar 44 kilometer. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam 14 menit dengan sepeda motor dan 1 jam 18 menit dengan mobil.

Kompleks candi yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Tarumanegara ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang. Jaraknya sekitar 44 kilometer dari pusat kota Karawang.

Di kompleks tersebut terdapat sekitar 62 kompleks candi di tengah persawahan dan dekat pemukiman penduduk. Ada sekitar empat kompleks candi yang dipugar yaitu Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut dan Candi Sumur.

Situs pertama yang dipugar adalah Kuil Jiwa dan yang kedua adalah Blandongan. Sedangkan yang lain masih ada dalam bentuk unsur.

Dalam proses pemugaran, kata Nasrin, ditemukan barang-barang peninggalan zaman Hindu-Budha dan saat ini disimpan di Museum Situs Candi Jiwa.

Temuan tersebut antara lain manik-manik, gerabah, kerangka manusia, pecahan arca hingga batu bata dari Candi Jiwa dan Candi Blandongan.

8. Rumah Singgah Soekarno dan Tugu Tekad

Rumah Bersejarah Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.KOMPAS.COM/FARIDA Rumah Bersejarah Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Tugu Tekad terletak di Desa Rengasdengklok Selatan, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Monumen Determinasi dapat dicapai melalui

Rumah Bersejarah Rengasdengklok yang terletak di rumah Diaw Kie Siong ini pernah menjadi tempat penyegelan Soekarno-Hatta oleh para pemuda pada tanggal 16 Agustus 1945.

9. Saung Bali

Saung Bali merupakan wahana edukasi dan foto di Desa Linggarsari, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Lokasi dapat ditempuh dengan jarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Karawang. Waktu tempuh kurang lebih 38 menit dengan mobil dan 34 menit dengan sepeda motor.

Panduannya dari Tugu Desa Linggarsarsari masuk jalan desa sampai ada spanduk Saung Bali biru menuju Jembatan Bali.

10. Taman Marigold

Taman Marigold terletak di Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang. Lokasi dapat dicapai melalui

Jaraknya sekitar 19 kilometer dari pusat kota Karawang. Waktu tempuh adalah 28 menit dengan sepeda motor dan 32 menit dengan mobil.

Baca Juga: Lagu Bubuy Bulan Asli Daerah Jawa Barat, Ini Lirik dan Artinya

Di Taman Marigold terdapat 13.000 kincir yang terbuat dari bahan tahan air yang ditata sedemikian rupa sehingga menarik. Ada warna seperti pelangi, bentuk love hingga spot foto yang indah.

Apalagi saat angin bertiup untuk menggerakkan kincir, pengunjung bisa membuat video-video menarik. Cocok sebagai spot foto.

11. Hutan Kertas

Hutan kertas terletak di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari pintu keluar tol Karawang Timur 2.

Area rindang dengan deretan pepohonan yang tertata rapi tertata jelas dengan spot-spot menarik yang mengundang Anda untuk berlama-lama.

Lokasi dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Karawang.

12. Gua Dayeuh

Gua Dayeuh terletak di Desa Citaman, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan. Jaraknya 24 kilometer dari pusat kota Karawang.

Jika Anda pergi dengan mobil, dibutuhkan sekitar satu jam. Lain halnya dengan sepeda motor, 48 menit. Lokasi dapat dicapai melalui

Kawasan ini menawarkan eksotisme batu kapur atau keindahan alam batu kapur. Tak hanya itu, bagi yang menyukai binatang atau binatang, bisa menemukan puluhan kera.

Menyelam lebih dalam ke tempat tersebut, ada tempat utama yang menjadi tujuan wisatawan, yaitu Lembah Goa Dayeuh yang dikelilingi tebing kapur setinggi hingga sepuluh meter. Tempat itu juga menjadi latar belakang film Korea Revenger.

13. Berkunjung ke Jatidipala Gardens

Kebon Jatidipala terletak di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran. Lokasi dapat diakses melalui

Kebon Jatidipala merupakan kawasan perkebunan pohon jati seluas 1,2 hektar yang dipadukan dengan puluhan spot selfie, taman bermain anak dan warung kuliner.

Selain itu, pengelola juga menawarkan berbagai cinderamata sebagai oleh-oleh bagi pengunjung.

14. Walahar Weir

Bendung WalaharKOMPAS.COM/FARIDA Bendung Walahar

Lokasi Bendung Walahar dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Karawang.

Bendung Walahar mulai berfungsi pada tanggal 30 November 1925. Ini seperti prasasti di dinding gerbang bangunan utama “Bendungan Walahar, Kali Tjitarum. Itu digunakan pada tanggal 30 November 1925 untuk mengairi 87.396 ha sawah.” .

Dikutip dari Kemdikbud.go.id, bendung yang juga dikenal dengan Parisdo ini dibangun pada 1920 oleh pemerintah kolonial Belanda. Mulai tahun 1923 pembangunan dilakukan di bawah arahan seorang arsitek Belanda bernama C. Swan Koopman.

Selain 13 tempat wisata tersebut, ada beberapa tempat wisata lain di Karawang yang cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga.

Saat bepergian, jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehatan!

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: bandung.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button