14 kesalahan yang harus dihindari traveler saat pertama kali naik pesawat - WisataHits
Yogyakarta

14 kesalahan yang harus dihindari traveler saat pertama kali naik pesawat

14 kesalahan yang harus dihindari traveler saat pertama kali naik pesawat

TEMPO.CO, jakarta – Selalu ada pengalaman pertama bagi setiap orang, bahkan bagi mereka yang baru pertama kali naik pesawat. Tentunya pengalaman pertama traveler tersebut diharapkan mulus dan mulus.

Namun seringkali ada kesalahan yang sering dilakukan sehingga penerbangan pertama kurang menyenangkan. Berikut adalah daftar kesalahan yang harus dihindari:

Saya lupa memesan tempat duduk tertentu

Jika Anda lebih suka kursi lorong atau jendela daripada kursi tengah dengan sandaran terbatas, pilih kursi Anda jauh-jauh hari. Jika Anda lupa saat membeli tiket atau tidak sempat memilih kursi, kunjungi situs web maskapai secepatnya dan pilih kursi yang Anda inginkan.

Mengemas terlalu banyak barang

Aturan umum saat berkemas untuk perjalanan adalah jangan mengambil sebanyak yang Anda pikir Anda butuhkan. Buatlah daftar barang-barang yang benar-benar perlu Anda bawa.

Pastikan bagasi sesuai aturan

Perjalanan domestik dan internasional masing-masing memiliki aturan yang berbeda dalam hal ukuran tas tangan. Sebelum menuju ke bandara dengan tas Anda dikemas dengan hati-hati, pastikan bagasi jinjing Anda dianggap sebagai bagasi jinjing dan periksa batasan ukuran maskapai penerbangan sebelum Anda meninggalkan rumah.

cairan kemasan

Ingatlah selalu bahwa ada aturan khusus untuk barang cair yang boleh dibawa dalam penerbangan, baik domestik maupun internasional. Secara umum, cairan, aerosol, dan gel yang diperbolehkan dalam bagasi jinjing harus dikemas dalam wadah dengan kapasitas maksimum masing-masing 100 mililiter dan dalam kantong transparan berukuran 1 liter yang tertutup rapat. Periksa dengan maskapai penerbangan untuk peraturan ini.

Saya lupa memeriksa tanggal kadaluwarsa paspor

Paspor adalah dokumen yang tidak boleh dilupakan saat bepergian ke luar negeri. Jadi pastikan masa berlaku paspor masih aktif. Sejumlah negara mensyaratkan imigran asing memiliki jeda minimal enam bulan dari tanggal kadaluarsa paspor. Jadi periksa paspor Anda dan perbarui jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Tidak memeriksa ulang rencana perjalanan

Bepergian di antara zona waktu atau keliling dunia bisa membingungkan. Itulah mengapa selalu ada baiknya memeriksa rencana perjalanan. Dimulai dengan konfirmasi bandara keberangkatan, waktu koneksi ke stasiun kereta, zona waktu dan tiket pesawat. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi reservasi hotel, penerbangan, kereta api, bus, dan juga tour group.

Kehilangan diri Anda saat berada di jadwal yang ketat

Pertama-tama, dengan sikap yang benar, tersesat saat bepergian bisa jadi menyenangkan. Salah belok dapat mengarah ke pantai baru, restoran baru, atau tempat yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Namun, jika tersesat membuat stres, jangan lupa mengemas peta, membawa kartu nama hotel agar pengemudi taksi dapat memberikan alamat, dan menyetel pengingat untuk menggunakan Google Maps secara offline. Jika Anda memiliki akses ke Wi-Fi, rekam rute dan ambil screenshot peta atau unduh ke mode offline Google Maps.

Abaikan paket telepon

Sebelum Anda pergi ke luar negeri, hubungi penyedia layanan komunikasi Anda untuk membeli paket roaming data dan panggilan internasional. Jika Anda tidak ingin menggunakan ponsel saat bepergian ke luar negeri, matikan roaming data di ponsel. Sebelum perjalanan Anda, unduh aplikasi perjalanan dan gunakan di WiFi hotel.

Ubah terlalu banyak uang sebelum perjalanan

Merupakan ide bagus untuk memiliki mata uang lokal saat mendarat, tetapi jangan berlebihan. Terlalu banyak uang mengundang bencana jika dicuri atau hilang. Cari tahu anggaran Anda dan kumpulkan uang tunai dari bank atau ATM di bandara. Jika Anda kehabisan uang tunai, Anda dapat dengan mudah mendapatkan uang tunai baru dari bank lokal atau ATM di sebagian besar negara.

Kenakan sepatu yang tidak nyaman

Liburan bukanlah saatnya untuk berani melakukan “tendangan baru”. Jadi gunakan sepatu yang Anda rasa nyaman selama perjalanan.

Kurangnya penelitian

Liburan sebagai pekerja lepas bisa sangat menyenangkan, tetapi bahkan jika Anda tiba-tiba menemukan diri Anda dalam perjalanan tanpa rencana perjalanan dan hanya ingin melihat ke mana hari itu membawa Anda, luangkan beberapa menit untuk mencari beberapa hal mendasar di Google. Teliti cara memanggil taksi, pelajari siapa yang harus memberi tip dan berapa banyak tip yang diterima di negara yang Anda kunjungi, dan temukan setidaknya satu restoran dan situs bersejarah yang harus dilihat.

perencanaan berlebihan

Banyak orang mengambil liburan yang sangat singkat, jadi mereka perlu mengemas banyak tamasya, budaya, makanan, dan relaksasi ke dalam waktu yang sangat singkat. Itu hanya bisa membuatmu lelah. Sisakan ruang dalam jadwal Anda untuk bersantai.

Bermain terlalu aman

Berlibur, raih tujuan dan lakukan apa pun yang Anda inginkan. Cobalah makanan baru, bicaralah dengan penduduk setempat, jelajahi, dan benamkan diri Anda di lingkungan baru.

panik

Perhatikan nasihat Douglas Adams dari The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy: “Hal terpenting yang perlu diingat oleh seorang musafir, apakah bepergian melalui ruang dan waktu atau hanya ke Cleveland, adalah ini: jangan panik.” Berbagai hal dapat terjadi baik di rumah maupun di perjalanan, seperti kehilangan koneksi, kehilangan tiket kereta api, atau kehilangan pemesanan hotel. Tapi panik tidak membantu. Tetap tenang.

PERJALANAN DAN LIBURAN

Baca juga: 5 kesalahan yang harus dihindari saat memesan hotel

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button