12 Tempat Wisata Mangrove Terpopuler di Indonesia dan Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

12 Tempat Wisata Mangrove Terpopuler di Indonesia dan Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata Mangrove Terpopuler di Indonesia dan Wajib Dikunjungi

1. Wisata Mangrove di Kulonprogo DI Yogyakarta

Tempat wisata mangrove populer pertama di Indonesia terletak di Kulon Progo, DIY. Di Provinsi DIY, terdapat wisata mangrove di Kulon Progo yang membentang dari timur ke barat, berdampingan dengan sungai yang muaranya bergabung dengan Sungai Bogowonto di Pantai Congot.

Wisata Mangrove di Kulon Progo juga menawarkan wisata edukasi berupa suaka mangrove pertama di Yogyakarta. Tempat wisata mangrove di Kulon Progo tidak jauh dari Pantai Congot.

Tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kulon Progo, tempat wisata ini sangat mudah untuk diakses. Selama berwisata mangrove di Kulon Progo, wisatawan bisa menikmati trekking di jembatan bambu yang dibangun di atas air dan menjadi spot foto yang menarik.

Beberapa bangunan bambu juga dimasukkan ke dalam jembatan dan menara. Pembangunan jembatan wisata mangrove di Kulon Progo begitu megah dengan menara-menaranya yang menjulang tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai backdrop foto. Ada sekitar empat jembatan yang melintasi sungai di destinasi wisata mangrove di Kulon Progo.

2. Wisata Mangrove di Bedul Jawa Timur

Tempat wisata mangrove populer kedua di Indonesia terletak di Bedul, Jawa Timur. Tempat wisata mangrove di Jawa Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Wisata mangrove di Jawa Timur juga menjadi habitat berbagai satwa seperti kera, biawak, bangau, elang laut dan belibis.

Tempat wisata mangrove di Jawa Timur ini telah berkembang menjadi tempat wisata bagi warga sekitar. Di wisata mangrove di Jawa Timur, pengunjung bisa berjalan menyusuri anakan pohon untuk menikmati hijaunya vegetasi hutan mangrove. Saat wisata mangrove di Jawa Timur menurun, banyak pemburu kerang atau nelayan yang akan menangkap mangsanya.

3. Wisata Mangrove di Tarakan Kalimantan Utara

Tempat wisata mangrove populer ketiga di Indonesia terletak di Tarakan, Kalimantan Utara. Kawasan wisata mangrove di Kalimantan Utara ini memiliki luas 21 hektar dan merupakan rumah bagi berbagai jenis tanaman mangrove. Wisata mangrove di Kalimantan Utara merupakan paru-paru kota Tarakan karena dekat dengan pesisir pantai.

Dalam wisata mangrove di Kalimantan Utara, banyak penelitian yang sering dilakukan untuk mengamati ekosistem mangrove. Wisatawan bisa mengunjungi wisata mangrove di Kalimantan Utara ini mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Wisatawan wisata mangrove di Kalimantan Utara hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk menikmati keindahan hutan mangrove ini.

4. Wisata Mangrove di Angke Kapuk, DKI Jakarta

Tempat wisata mangrove populer keempat di Indonesia adalah Angke Kapuk, DKI Jakarta. Wisata mangrove di Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Surga hijau seluas 99,82 hektar ini terletak di kecamatan Kamal Muara bersebelahan dengan kawasan Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara.

Tempat wisata mangrove di Jakarta ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau sepeda dari pusat kota Jakarta atau Tangerang. Wisata Mangrove di Jakarta merupakan suaka mangrove yang digunakan untuk wisata dan rekreasi alam.

Wisata mangrove di Jakarta juga berfungsi sebagai habitat dan tempat berlindung berbagai jenis satwa liar. Pesona wisata mangrove di Jakarta, tepatnya di Angke Kapuk, diraih melalui ekosistem alamnya dan berbagai fasilitas pendukung yang memadai. Ada puluhan bumi perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam atau berkemah.

5. Wisata Mangrove di Karimunjawa Jawa Tengah

Tempat wisata mangrove terpopuler kelima di Indonesia terletak di Karimunjawa, Jawa Tengah. Wisata mangrove di Karimunjawa tidak kalah menarik dengan wisata pantai. Selama wisata mangrove di Karimunjawa, wisatawan bisa mendaki sepanjang 1,3 kilometer jalur kayu.

Wisatawan yang sudah berjalan kaki sekitar 700 meter di wisata mangrove Karimunjawa, akan ada menara observasi tinggi yang bisa digunakan untuk melihat luasnya kawasan wisata hutan mangrove Karimunjawa. Dari puncak wisata mangrove di Karimunjawa, Anda bisa melihat Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil dan Pulau Menyawakan.

6. Wisata Mangrove di Ujungpangkah, Gresik

Tempat wisata mangrove terpopuler keenam di Indonesia terletak di Ujungpangkah, Gresik. Kawasan wisata mangrove di Gresik terletak di Dusun Banyulegi, Desa Banyuurip, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Wisata mangrove di Gresik lebih dikenal dengan sebutan Mangrove Sisata Banyuurip.

Wisata mangrove di Gresik yang diresmikan pada tahun 2016, kini menjadi kawasan penangkaran berbagai jenis tanaman mangrove dan habitat burung bangau. Wisata Mangrove di Gresik buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lokasi wisata mangrove di Gresik cocok untuk relaksasi dan olahraga ringan sambil mengamati pemandangan alam.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button