12 masjid terbesar di jawa barat terbaru adalah al jabbar samping semua - WisataHits
Jawa Barat

12 masjid terbesar di jawa barat terbaru adalah al jabbar samping semua

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Barat (Jawa Barat) memiliki sejumlah masjid besar yang mampu menampung hingga ribuan jamaah. Jumat depan (30 Desember 2022) Masjid Agung Al-Jabbar akan diresmikan, menambah daftar masjid terpenting di Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan masjid yang dibangun pada 2017 ini akan menjadi masjid terbesar di Jawa Barat.

“Saya laporkan pada 30 Desember, masjid terbesar di Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar, telah diresmikan,” kata Ridwan Kamil seperti dikutip Kompas.comKamis (15/12/2022).

Bangunan Masjid Al-Jabbar berdiri di atas embung atau waduk seluas 25.997 hektar di kawasan Gedebage kota Bandung. Masjid ini mampu menampung hingga 60.000 jamaah.

Baca Juga: Masjid Terbesar Di Jawa Barat Al Jabbar Segera Diresmikan, Di Mana Lokasinya?

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan 30 Desember, Ridwan Kamil: Bisa Jadi Tujuan Wisata

Selain Al Jabbar, ada beberapa masjid besar yang tersebar di berbagai kota di Jawa Barat sebagai berikut.

1. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung, salah satu masjid terbesar di Jawa BaratDermaga. Shutterstock Masjid Raya Bandung, salah satu masjid terbesar di Jawa Barat

Terletak di depan Alun-alun Bandung, Masjid Raya Bandung berlokasi strategis di pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu ikon kota Bandung sekaligus tempat wisata religi.

halaman kutipan Kota pintar Bandungsalah satu masjid terbesar di bandung, memiliki dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid dengan tinggi 81 meter, dibuka untuk umum setiap hari sabtu dan minggu.

Masjid yang memiliki arsitektur megah dan modern ini mampu menampung hingga 12.412 jamaah. Luas bangunan masjid adalah 8.575 meter persegi, dan total luas termasuk halaman masjid dan menara adalah 23.448 meter persegi, berdasarkan informasi dari World Mosque Jakarta Islamic Center.

Baca juga: Ada Kampung Maroko di Bandung, Bagaimana Hubungannya dengan Maroko?

2. Masjid Al-Ersyad, Bandung

Masjid Al Irsyad Bandung Shutterstock Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid Al-Ersyad memiliki ciri bangunan berbentuk kubus dengan banyak lubang di setiap sisinya. Lubang di dinding masjid tersebut merupakan kalimat syahadat sebagaimana dikutip situs tersebut World Mosque Jakarta Islamic Center.

Arsitektur masjid tak berkubah ini digarap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang juga memiliki arsitektur begron.

Berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, masjid ini mampu menampung 1.500 jamaah. Luas bangunan masjid ini 1.500 meter persegi, sedangkan total luas masjid mencapai 10.000 meter persegi.

Baca Juga: 9 Wisata Murah di Bandung Selatan, Harga Tiket Di Bawah Rp 20.000

3. Masjid Al-Multazam Bandung

Masjid lain yang tak kalah unik rancangan Ridwan Kamil adalah Masjid Al-Multazam. Sama seperti Masjid Al-Irsyad, masjid ini juga berbentuk kubus tanpa kubah.

halaman kutipan Kota pintar BandungSemua dinding masjid terdapat tulisan Hamdalah.

Masjid yang menjadi destinasi wisata religi di Bandung ini mampu menampung hingga 1.100 jamaah. Lokasinya berada di Jalan Ciganitri Raya, Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Liburan Sekolah

4. Masjid Raya Trans Studio Bandung

Masjid Raya Trans Studio BandungDermaga. www.thetranshotel.com Masjid Raya Trans Studio Bandung

Masjid megah ini terletak di kompleks Trans Studio Bandung. Mengutip dari halaman Hotel transmasjid yang diresmikan pada tahun 2015 ini menawarkan ruang hingga 2.500 jamaah.

Sedangkan desain Masjid Raya Trans Studio Bandung terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Desain masjid tampak megah dengan kubah emas.

Eksterior Masjid Al JabbarKOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI Bagian luar Masjid Al Jabbar

5. Masjid Pusdai Jawa Barat

Masjid Pusat Dakwah Islam atau Masjid Jabar Pusdai memiliki desain bangunan bergaya Timur Tengah dan Turki dengan pola geometris dan lengkung.

Sedangkan atapnya mengacu pada model atap tropis berbentuk piramida seperti dikutip dari situs resminya Pusdai. Bangunan masjid ini memiliki menara yang menjulang tinggi.

Kompleks Pusdai kini meliputi area seluas 45.000 meter persegi. Masjid ini mampu menampung hingga 4.000 jamaah.

Lokasinya di Jalan Diponegoro 63, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Tahun Baru di Kota Bandung, Bisa City Tour

6. Masjid Kubah Emas, Depok

Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat.SHUTTERSTOCK/RIFKI ALDI RAMADHANI Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat.

Menurut kutipan tersebut, Masjid Kubah Emas merupakan masjid terbesar di wilayah Jabodetabek Kompas.com (07/05/2021). Masjid ini memiliki luas bangunan hampir 8.000 meter persegi yang terletak di atas lahan seluas 70 hektar.

Dengan luasan tersebut, masjid yang bernama asli Masjid Dian Al Mahri ini menyediakan ruang untuk sekitar 20.000 jamaah.

Adapun nama Masjid Kubah Emas, kubah masjid dilapisi dengan emas 24 karat setebal dua sampai tiga milimeter.

Terdapat lima kubah besar dan empat kubah kecil yang berdiri megah di atap masjid ini. Kehadiran kubah emas tersebut merupakan salah satu ciri kemegahan Masjid Kubah Emas Depok.

Arsitektur masjid ini terinspirasi dari masjid-masjid di Timur Tengah.

Baca Juga: Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok

7. Masjid Raya Al-Imam, Majalengka

Seperti dikutip, masjid yang terletak di Alun-alun Majalengka ini merupakan bagian dari perkembangan Islam di Majalengka. tribun jawa baratKamis (7/4/2022).

Masjid ini mengalami beberapa kali perubahan sebelum menjadi megah seperti saat ini. Masjid yang terletak di dekat Alun-alun Majalengka ini memiliki lima menara yang menjulang tinggi.

Luas masjid kini sekitar 2.475 meter persegi dengan daya tampung hingga 2.500 jamaah.

Baca Juga:Bandara Kertajati Majalengka Rilis Penerbangan Umrah Pertama Pasca Pandemi

8. Masjid Raya Tasikmalaya

Masjid Raya TasikmalayaWikimedia Commons Masjid Agung Tasikmalaya

Masjid Raya Tasikmalaya merupakan masjid bersejarah yang mengiringi perkembangan kawasan Tasikmalaya seperti dikutip dari website World Mosque Jakarta Islamic Center.

Masjid yang menjelma menjadi landmark kota Tasikmalaya ini telah direnovasi sebanyak lima kali hingga tahun 2000.

Masjid ini memiliki luas bangunan 2.456 meter persegi, dan total luas masjid mencapai 7.215 meter persegi. Dengan luas tersebut, masjid mampu menampung hingga 8.000 jamaah.

Letak Masjid Raya Tasikmalaya di pusat kota sangat strategis, tepat di Jalan Masjid Agung No.1 kota Tasikmalaya. Ciri khas bangunan masjid ini adalah aksen kuning keemasan di atap masjid dan empat menara yang menyerupai menara Masjidil Haram.

Baca Juga: 25 Wisata Tasikmalaya Jika Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Bagian dalam Masjid Al JabbarKOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI Bagian dalam Masjid Al Jabbar

9. Masjid Raya Cianjur

Masjid Raya CianjurWikimedia Commons Masjid Agung Cianjur

Masjid Raya Cianjur terletak di jantung kota Cianjur, tepatnya di Jalan Siti Jenab 14 Pamoyanan Cianjur.

halaman kutipan World Mosque Jakarta Islamic Center, masjid ini sudah tujuh kali dipugar. Ikon kota Cianjut memiliki ciri khas bangunan masjid yaitu tiga menara di atas bangunan induk berbentuk kerucut khas rumah joglo atau disebut nyungcut dalam bahasa sunda.

Saat memasuki area masjid, pengunjung akan disambut taman dengan aneka bunga berwarna-warni. Luas bangunan masjid ini 4.502 meter persegi dan mampu menampung hingga 6.000 jamaah.

Baca Juga: 92 Tempat Wisata Terdampak Gempa Cianjur Ada Gunung Padang

10. Masjid Jami As Sa’adah, Subang

Masjid ini terletak di kompleks Lembah Sarimas Hotel & Resort. halaman kutipan World Mosque Jakarta Islamic Centernama Masjid Jami As-Sa’adah diambil dari pendirinya yaitu almarhum Hj. Elizabeth Saadah.

Meski berada di kawasan resort, masjid ini terbuka untuk umum. Ciri khas Masjid Jami As-Sa’adah adalah kubah masjid yang dilapisi keramik berwarna biru beraksen diagonal.

Masjid yang mampu menampung hingga 2.500 jamaah ini terletak di Jalan Raya Subang-Bandung, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Baca juga: 6 Pilihan Resort di Subang yang Dikelilingi Panorama Kebun Teh

11. Masjid Az Zikra, Sentul

Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini dulunya bernama Masjid Muammar Gaddafi yang merupakan kepala Libya. Berdasarkan informasi dari Kios koranNama asli masjid diberikan karena pembangunan masjid mendapat dukungan dana dari Libya.

Namun, pada tahun 2011 berganti nama menjadi Masjid Az Zikra. Masjid yang memiliki luas sekitar 12.600 meter persegi ini terletak di kawasan Bukit Az-Zikra Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Berdekatan dengan bangunan utama masjid berlantai tiga yang diketuai oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham ini terdapat menara setinggi 57 meter. Masjid Az Zikra sekarang menawarkan ruang hingga 20.000 orang beriman.

Ikon masjid ini adalah dua payung raksasa yang merupakan replika payung di Masjid Nabawi di Arab Saudi.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Hits di Sentul, Foto Siap Liburan dan Instagramable

12. Masjid Raya Al-Barkah, Bekasi

Masjid Raya Al-Barkah Kota Bekasi.KOMPAS.com/VITORIO MANTALEAN Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi.

Masjid Raya Al-Barkah terletak di Alun-alun Kota Bekasi. Landmark kota Bekasi ini memiliki ciri khas menara besar di keempat sudut masjid.

Sedangkan atap masjid memiliki kubah utama berwarna biru beraksen melintang, serta empat buah kubah kecil. Bangunan masjid yang megah ini memiliki arsitektur bergaya Timur Tengah.

Luas bangunan masjid ini 1.883 meter persegi dan mampu menampung hingga 1.500 jamaah.

Baca Juga: 13 Wisata Anak di Bekasi Saat Berkunjung Saat Libur Sekolah

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button