12 foto Brown Canyon Semarang, lokasi rute, tiket, atraksi, aktivitas - WisataHits
wisatahits

12 foto Brown Canyon Semarang, lokasi rute, tiket, atraksi, aktivitas

12 foto Brown Canyon Semarang, lokasi rute, tiket, atraksi, aktivitas

Brown Canyon Semarang merupakan salah satu destinasi wisata yang lagi hits di Semarang saat ini. Mungkin saat mendengar namanya Anda akan langsung teringat dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika, namun tempat ini sebenarnya berada di Semarang.

Karena ada keunikan dan kemiripan di antara kedua tempat tersebut, para traveler menamakannya Brown Canyon. Ingin tahu lebih banyak? Ayo, mari kita bicarakan.

Sekilas Tentang Brown Canyon Semarang

Brown Canyon pada awalnya merupakan tambang yang dikenal sebagai tambang C. Tambang C dapat diartikan sebagai ekstraksi sumber daya dari dalam tanah yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Beberapa sumber kekayaan tanah galian di Brown Canyon Semarang antara lain batuan, koral, pasir, dan tanah timbunan. Kini akibat kegiatan penggalian tersebut, tanah yang semula berupa perbukitan berangsur-angsur terbentuk seperti Grand Canyon.

Sejauh ini, Brown Canyon sudah berusia lebih dari 10 tahun.Dalam beberapa tahun terakhir, para pelancong menganggap Brown Canyon sebagai tempat yang cukup unik.

Dengan pemandangan tebing dan lekukan bebatuan yang membentuk lerengnya, terlihat sangat menawan. Apalagi saat matahari terbenam, pemandangannya benar-benar seperti tidak ada lagi di Semarang. Itu sebabnya Brown Canyon menjadi sangat populer di Instagram.

Meski Brown Canyon sejauh ini belum resmi dibuka sebagai tempat wisata, namun para pelancong dari penjuru tanah air masih ramai mengunjunginya.

Kegiatan penambangan melalui HellosemarangKegiatan penambangan melalui Hellosemarang

Baca juga : 30 malam kuliner di Semarang

Lokasi dan Rute Menuju Brown Canyon Semarang

Brown Canyon terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Lokasi Brown Canyon lebih mudah ditemukan jika menggunakan stasiun TVRI lokal Jawa Tengah yang berlokasi di Pucang Gading, Pasar Meseteh atau Desa Rowosari, Meseteh, Tembalang sebagai referensi. Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan panduan cara menuju Brown Canyon.

1. Rute dari Semarang Timur

Untuk menuju Brown Canyon dari Semarang Timur, Anda bisa mengikuti Jl. Dr. Cipto menuju ke Jl. Fatmawati. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan Rumah Sakit Kota Semarang. Lanjutkan perjalanan ke Klipang Golf.

Anda akan menemukan 3 jembatan besi. Setelah itu Anda akan menemukan perempatan 3, ambil jalan yang mengarah ke kanan. Setelah itu ikuti saja jalan hingga bertemu Brown Canyon.

Pemandangan Brown Canyon yang menakjubkanPemandangan Brown Canyon yang menakjubkan

2. Jalan Coklat Jogja dan Solo

Bagi Anda yang berangkat dari Jogja atau Solo, kampus Undip Tembalang bisa Anda jadikan tujuan pertama. Sampai di Undip, lanjut ke Jl.Banjarsari Raya – Sigar Bencah.

Setelah itu, Anda akan menemukan perempatan pasar Meteseh. Ambil jalan lurus. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu lagi dengan desa Rowosari, ikuti jalan utama melewati desa tersebut hingga bertemu Masjid Jami Al Aqsa, lanjutkan hingga sampai di Brown Canyon.

Kunjungi juga: 39 tempat wisata kuliner di Semarang

3. Rute dari arah Kendal, Simpang Lima dan Batang

Bagi Anda yang berangkat dari Kendal, Simpang Lima dan Batang, arahkan perjalanan Anda langsung ke Tembalang. Gunakan Pasar Meseteh sebagai referensi.

Setelah bertemu perempatan Pasar Meseteh 4, ambil jalan lurus. Lanjutkan perjalanan Anda mengikuti jalan utama menuju desa Rowosari. Selanjutnya Anda tinggal berjalan kaki beberapa ratus meter hingga menemukan lokasi Brown Canyon.

Ada alat berat yang bekerjaAda alat berat yang bekerja

Periksa juga: 17 Hotel dekat Simpang Lima Semarang

Tiket masuk

Karena selama ini Brown Canyon Semarang bukanlah tempat wisata resmi, sehingga tidak ada biaya tiket masuk resmi. Namun terkadang pengunjung juga dimintai uang (pungutan liar) oleh warga sekitar yang berjaga di pintu masuk. Namun jumlahnya juga tidak besar, hanya Rp 2.000,- per orang.

Anda dapat mengunjungi Brown Canyon kapan saja. Karena Brown Canyon belum resmi dijalankan sebagai lokasi wisata, belum ada pengaturan jam operasional, dll.

melalui Instagram.com @itsme_donaldmelalui Instagram.com @itsme_donald

Jam Buka Brown Canyon Semarang dan Waktu Terbaik

Tidak ada referensi resmi untuk jam buka Brown Canyon itu sendiri. Hanya untuk waktu terbaik untuk berkunjung mungkin datang pada sore hari. Sebab, saat itu para penambang dan truk sudah berhenti bekerja. Pada saat yang sama, pengunjung juga bisa mengharapkan matahari terbenam di sore hari.

Alternatif Wisata Alam di Semarang

Wisata Brown Canyon Semarang Instagramable Foto Google Maps @Arief Chin HokWisata Brown Canyon Semarang Instagramable Foto Google Maps @Arief Chin Hok

Tempat wisata brown canyon ini bisa menjadi alternatif pilihan liburan bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya. Meski belum resmi dijadikan objek wisata, karena keunikan kawasan pertambangan ini menyerupai green canyon Amerika, sehingga tak luput dari perhatian para wisatawan.

Tak heran jika tempat wisata ini juga menjadi incaran wisatawan dari luar Semarang. Wisatawan penasaran dengan keberadaan tempat penambangan yang membentuk tebing cantik yang instagrammable.

Nah, bagi wisatawan yang bosan dengan wisata sejarah, bisa menggunakan brown canyon ini sebagai alternatif mengisi waktu liburan.

Apalagi dengan viralnya foto turis yang datang ke sini di media sosial bahkan diliput oleh channel TV membuat objek wisata ini semakin terkenal.

Sampan di Kolam Brown Canyon via IG @adam_pradana07Sampan di Kolam Brown Canyon via IG @adam_pradana07

Dan yang membuat ngarai coklat ini semakin eksotik adalah karena kolamnya yang indah, saat musim hujan air akan memenuhi relung-relung besar di celah-celah tebing, sehingga akan tercipta kolam yang indah kehijauan, kolam renang yang indah ini begitu tertata rapi. untuk menangkap kamera.

Perburuan foto yang bagus

Brown Canyon Menghasilkan foto dengan background yang unik Brown Canyon Menghasilkan foto dengan background yang unik

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan adalah berfoto dengan latar belakang keindahan ngarai coklat ini. Berbaring di antara bebatuan tersebut akan menciptakan keindahan tersendiri, sehingga berfoto menjadi aktivitas yang sangat digemari wisatawan.

Jika pengunjung bisa mendapatkan angle yang pas saat memotret, maka akan menghasilkan bidikan yang memukau dari kemegahan alam sekitar, terutama di antara dua tebing yang berdiri dengan gagahnya.

Kedua tebing ini tidak hanya bagus untuk berfoto, namun jika Anda membawa kamera dengan lensa wide, Anda bisa mengambil gambar yang lebih bagus lagi dengan menangkap area yang lebih luas sehingga setiap sudut area bisa masuk ke dalam landscape background foto Anda.

Unik setelah pernikahan

Postwedding unik lewat Instagram @taufanapriawanPostwedding unik lewat Instagram @taufanapriawan

Bagi Anda yang akan atau sudah menikah, Anda bisa mencoba berfoto di area brown canyon ini.

Foto yang dihasilkan pasti akan mengejutkan semua orang. Apalagi jika berfoto dengan latar belakang yang memiliki relief batu berwarna kecoklatan. Ditambah lagi dengan adanya warna hijau dari tumbuhan liar di beberapa sudut tentunya akan menambah keindahan foto yang dihasilkan.

Meski memiliki suhu dan udara yang cukup hangat, namun karena keindahan yang dihasilkannya, banyak pasangan sebelum dan sesudah pernikahan ingin berfoto di sini. Dan kamu? Sudah punya calon?

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Bersiaplah untuk menuju ke Brown CanyonBersiaplah untuk menuju ke Brown Canyon

Walaupun lokasi ini belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai objek wisata dan masih merupakan kawasan penambangan mineral C, namun kita tetap perlu waspada ketika datang ke lokasi brown canyon ini.

Kita juga akan menemukan mobil-mobil besar dan alat berat yang sibuk melakukan pekerjaan pertambangan. Untuk fasilitas wisata di sini juga belum memadai, karena belum menjadi objek wisata utama.

Jalan berdebu dan terjal juga akan kita jumpai, sehingga kita harus selalu berhati-hati dan waspada, sebaiknya datang dengan masker agar tidak menghirup debu yang mencekik.

Jika Anda datang ke sini sebaiknya memakai sepatu medan, sehingga Anda bisa bergerak lebih leluasa, karena jalanan masih terjal dan berbatu.

Untuk kendaraan sendiri sebaiknya lebih fleksibel dan memudahkan Anda datang dengan sepeda motor atau kendaraan off road, agar medan yang sulit tidak menjadi kendala.

Keindahan Kolam Alami Brown Canyon

Kolam di sekitar Brown Canyon Akibat Genangan Hujan Foyo by Google Maps Index Like Kolam di sekitar Brown Canyon Akibat Genangan Hujan Foyo by Google Maps Index Like

Selain atraksi berupa perbukitan yang membentuk seperti pahatan alam, ada juga atraksi berupa kolam hasil curah hujan yang ditampung dalam sebuah cekungan.

Keberadaan kolam memanjang ini menjadi daya tarik tersendiri yang memikat pengunjung, biasanya wisatawan yang juga datang menjadikan kolam ini tempat yang sangat ramai.

Keberadaan kolam ini seakan menjadi pembeda, karena keberadaannya di antara bebatuan dan pasir, serta terdapat kolam yang menjadi penyegar mata.

Keindahan sunset di Brown Canyon Semarang via IG @atika_muthKeindahan sunset di Brown Canyon Semarang via IG @atika_muth

Periksa juga: 25 Makanan Khas Semarang yang Legendaris

Tips Mengunjungi Brown Canyon

Berikut beberapa tips yang bisa kami berikan bagi anda yang ingin berkunjung ke Brown Canyon Semarang.

  • Khusus bagi Anda yang datang dari luar kota Semarang dengan sepeda motor, berkendaralah dengan aman. Gunakan helm dan masker karena jalan menuju Brown Canyon kurang bagus.
  • Sebaiknya datang pada sore hari atau berlibur, karena selama ini penambangan Brown Canyon masih aktif. Jika Anda datang pada jam kerja, Anda harus menanggung resiko debu dan pasir berserakan di beberapa tempat di Brown Canyon.
  • Bawa makanan dan minuman karena tidak ada warung makan atau pedagang di lokasi.
  • Parkirkan kendaraan Anda dengan aman.

foto oleh www.instagram.com @bagusarf_foto oleh www.instagram.com @bagusarf_

Kegiatan penambangan material di Brown Canyon Semarang masih sering dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata semarang ini sangat disarankan untuk menghindari jam kerja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Namun jika terpaksa harus mengunjungi tempat wisata ini, harap selalu gunakan masker atau penutup hidung dan kaca mata untuk menghindari debu atau polusi di sekitar lokasi tambang. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

Kunjungi juga: 24 tempat wisata di Ungaran Semarang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button