12 bidang profesional paling menarik dan prospek karir yang menjanjikan - WisataHits
Yogyakarta

12 bidang profesional paling menarik dan prospek karir yang menjanjikan

TEMPO.CO, jakarta – Bagi Anda yang ingin lulus SMA dan langsung memulai karir, Anda dapat melanjutkan studi di tingkat Berufsgymnasium atau Berufsgymnasium. Memang, siswa SMK dipersiapkan untuk pendidikan yang menitikberatkan pada praktik kerja nyata sehingga setelah lulus mereka siap memasuki dunia kerja.

Berbagai spesialisasi profesional dapat dipilih. Selain prospek masa depan, pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda sehingga Anda dapat mempelajarinya dengan penuh semangat. Simak berbagai ulasan jurusan profesional terpopuler dan memiliki prospek karir yang menjanjikan di masa depan seperti dilansir Ruangguru.

1. Administrasi kantor
Seperti namanya, Anda akan belajar tentang administrasi di lingkungan kantor. Anda akan dibekali dengan keterampilan mulai dari mengatur surat menyurat, menyalin dokumen hingga mengelola arsip penting di kantor. Kursus ini sangat cocok bagi Anda yang teliti dan detail. Prospek pekerjaan juga sangat luas, Anda bisa bekerja sebagai sekretaris, juru tulis, arsiparis, resepsionis dan masih banyak lagi.

2. Akuntansi
Kursus yang paling banyak dicari tentu saja adalah kursus akuntansi. Di departemen ini, Anda akan mempelajari berbagai bentuk transaksi keuangan, mulai dari pengumpulan, pengelolaan, klasifikasi, dan penyajian data. Lulusan dengan jurusan akuntansi dari sekolah kejuruan juga dapat bersaing dengan lulusan dari universitas. Anda dapat bekerja di berbagai perusahaan besar sebagai karyawan akuntansi, perbankan, audit internal, dll.

3. Analis Kimia
Analis Kimia merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di SMK di dunia kerja. Jurusan ini mempelajari banyak hal tentang kimia, baik kimia murni maupun kimia terapan. Anda akan belajar banyak tentang laboratorium kimia, alat-alat industri kimia, teknik kimia dan sebagainya. Setelah lulus, prospek karir bervariasi dari teknisi laboratorium, analis mikrobiologi, penelitian dan pengembangan hingga kontrol kualitas di berbagai perusahaan pemerintah atau farmasi.

4.Animasi
FYI, animasi adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat. Tidak heran, karena animasi adalah produk global yang dinikmati semua orang. Animasi juga semakin banyak digunakan sebagai alat pemasaran yang menjanjikan karena menarik dan mudah dicerna oleh publik.

5. Bisnis dan Pemasaran
Jika Anda mencari karir yang akan membuat Anda mendapatkan pekerjaan dengan mudah, maka Bisnis dan Pemasaran bisa menjadi salah satunya. Mengapa? karena semua jenis perusahaan pasti membutuhkan keterampilan bisnis dan pemasaran untuk mengembangkan usahanya. Di departemen ini Anda kini akan dibekali dengan keterampilan mengelola bisnis online, pemasaran, penataan produk, inovasi produk, perencanaan bisnis, manajemen transaksi, dan ritel. Berbagai keterampilan bisnis dan pemasaran yang akan Anda peroleh akan memudahkan Anda untuk bekerja di industri yang berbeda.

6. Penyiaran
Apakah Anda suka berbicara di depan umum dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi? Tandanya jurusan SMK Penyiaran sangat cocok untukmu! Selain itu, industri radio dan televisi juga terus berkembang pesat. Bukan cuma tv dan radio, kamu juga bisa jadi kolaborator youtuber ternama lho.

7. Desain Grafis / Multimedia
Di era digital ini, keterampilan desain grafis dan multimedia sangat penting. Anda akan belajar cara membuat teks, gambar video, dan animasi dengan berbagai program desain. Jurusan SMK Multimedia diperuntukkan bagi Anda yang berjiwa kreatif dan berjiwa seni. Setelah lulus, Anda dapat bekerja sebagai desainer grafis, videografer, animator atau editor video di perusahaan besar di bidang produksi film, game, startup, dan banyak lagi.

8. Apotek
Sekolah kejuruan farmasi adalah program studi ilmu kedokteran. Skill ini cocok untuk Anda yang sedang berkembang atau ingin berkarir di bidang kesehatan atau kecantikan. Anda akan diajarkan berbagai keterampilan dasar farmasi seperti: B. pengetahuan tentang obat-obatan untuk penggunaannya, Anda akan mempelajari teknik pembuatan sediaan obat dan kemampuan untuk memberikan pelayanan kefarmasian. Setelah lulus, Anda juga bisa menjadi tenaga teknis di industri obat dan kosmetika dan asisten apoteker.

9. Keperawatan
Apakah Anda bermimpi menjadi perawat di rumah sakit? Anda bisa mengikuti SMK Keperawatan yang akan mengajarkan bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada pasien. Nantinya kamu akan diajarkan berbagai basic grooming skill seperti: B. Memahami dasar-dasar keperawatan yang dilengkapi dengan keterampilan dasar keperawatan, memahami ilmu kesehatan masyarakat, dan pengetahuan tentang penyakit dan alat kesehatan lainnya. Kursus ini mempersiapkan Anda untuk menjadi seorang profesional keperawatan di lembaga pemerintah atau swasta.

10. Pariwisata
Jurusan Pariwisata di SMK bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi untuk mendukung sektor pariwisata Indonesia dan menciptakan lapangan kerja sendiri di sektor pariwisata. Anda akan belajar keterampilan bahasa asing, layanan wisata, informasi tentang atraksi. Anda juga bisa berkarir sebagai pemandu wisata, bekerja di industri perhotelan, membuka biro perjalanan atau biro perjalanan.

11. Keramahan
Menjalankan sebuah hotel tidaklah mudah, dibutuhkan staf yang handal untuk memastikan semua tamu mendapatkan pelayanan yang terbaik. Nah, kebutuhan staf di hotel ini sebagian besar bersumber dari lulusan Sekolah Vokasi Perhotelan. Anda akan diajarkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di hotel seperti: B. Pelayanan makanan dan minuman, laundry, resepsionis, housekeeping dan lain-lain. Anda juga harus menguasai bahasa asing yang akan mendukung pekerjaan Anda di masa depan.

pelayaran ke-12
Pengiriman adalah salah satu magang paling populer. Kursus ini akan mengajarkan Anda tentang teknik kelautan, mulai dari mesin kelautan hingga prosedur keselamatan laut hingga navigasi laut. Prospek pekerjaan tidak diragukan lagi karena Indonesia membutuhkan setidaknya sekitar 69.000 pekerja pelayaran yang andal untuk pembangunan maritim.

Baca juga:

Apakah Anda ingin menjadi pilot? Ini daftar 12 sekolah penerbangan di Indonesia

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terbaru dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button