11 Tempat Wisata Populer Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

11 Tempat Wisata Populer Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

11 Tempat Wisata Populer Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

11 Tempat Wisata Populer Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi
Candi Prambanan. © 2021 Merdeka.com/Kemendikbud

Merdeka.com – Beruntung bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah. Hal ini karena Jawa Tengah memiliki beragam tempat wisata menarik yang akan membuat waktu liburan Anda tak terlupakan.

Kekayaan budaya dan adat istiadat di Jawa Tengah juga menjadi nilai tambah yang menjadikan tempat wisata di sana unik dibandingkan dengan daerah lain. Berbatasan dengan Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta, provinsi ini juga memiliki kondisi alam yang menakjubkan.

Artikel media taboola

Mulai dari candi hingga wisata alam seperti pantai, air terjun dan goa, Jawa Tengah memiliki semuanya, sehingga Anda tidak akan bosan menjelajahi setiap sudutnya.

Jika Anda ingin pergi berlibur tapi masih bingung destinasi wisata mana yang akan dikunjungi, berikut beberapa tempat wisata populer di Jawa Tengah yang dikutip dari berbagai situs sumber.

2 dari 4 halaman

Candi Borobudur

potret megah candi Borobudur dan Prambanan

Foto: borobudurpark.com © 2022 Merdeka.com

Tempat wisata pertama di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur. Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang. Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia.

Arsitektur, keluasan, dan sejarah Candi Borobudur yang megah menjadikannya salah satu Situs Warisan Dunia yang resmi ditetapkan oleh UNESCO. Di dalam kompleks candi Borobudur terdapat sekitar 1.460 relief dan 504 stupa yang masih terpelihara.

Candi Prambanan

Tempat wisata kedua di Jawa Tengah yaitu Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Roro Jongrang. Sejak tahun 1991, candi ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia untuk dilindungi oleh UNESCO. Candi Prambanan memiliki ketinggian 47 meter.

Candi Prambanan terletak di Klaten, di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Struktur Candi Prambanan menunjukkan kepercayaan Hindu yang disebut Trimurti. Kompleks ini memiliki tiga candi di halaman utama yaitu Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu.

Sementara itu, ukiran yang terpahat di dinding Candi Prambanan menceritakan kisah Ramayana. Ada juga relief pohon Kalpataru dimana umat Hindu memandang pohon tersebut sebagai simbol kelestarian, kehidupan dan keharmonisan.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

©Shutterstock

Tempat wisata di Jawa Tengah yang ketiga adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan tua peninggalan Belanda. Bangunan ini sebenarnya adalah lokasi perusahaan kereta api atau trem Belanda.

Sesuai dengan namanya yang berarti “seribu pintu”, gedung yang berdiri sejak tahun 1904 ini memiliki banyak pintu. Arsitekturnya yang mempesona sering digunakan sebagai latar belakang untuk foto pre-wedding, syuting film dan banyak lagi.

Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Jawa Tengah yang keempat adalah kota tua Semarang. jika jakarta memiliki wisata kota tua, maka Semarang memiliki daya tarik wisata berupa kota tua. Ini adalah kawasan yang pernah dijadikan pusat perdagangan oleh pemerintah kolonial. Di tempat ini Anda bisa menemukan bangunan bersejarah Belanda seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Pabrik Rokok Praoe Lajar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bangunan tua yang megah dan mewah ini masih berdiri kokoh dengan banyak cerita sejarah. Kota Tua Semarang juga dikenal sebagai The Little Netherlands karena konsep dan pengelolaan tempat ini sangat mirip dengan sudut kota di Belanda.

3 dari 4 halaman

Masjid Agung di Jawa Tengah

Masjid Agung di Jawa Tengah

Instagram.com/wisata semarang

Tempat wisata di Jawa Tengah yang kelima adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Setelah mengunjungi kota tua Semarang, Anda bisa mampir ke salah satu bangunan ikonik kota ini lainnya, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Masjid Agung ini mengadaptasi arsitektur Islam, Romawi dan Jawa.

Ada menara yang bisa Anda panjat untuk melihat keindahan kota Semarang dari atas. Dan yang menarik perhatian adalah enam payung raksasa yang menyerupai suasana di Masjid Nabawi di Madinah. Masjid Agung Jawa Tengah tentunya menjadi pilihan menarik bagi Anda yang senang mengunjungi tempat-tempat bernuansa religi.

Desa pewarna dasi Laveyan

Kampung Batik Laweyan membawa pengunjung ke berbagai pengalaman liburan mulai dari belanja, kunjungan industri, pendidikan, pengamatan warisan budaya, safari sejarah hingga kuliner.

Desa Laweyan sudah ada sejak Kerajaan Pajang memerintah di Jawa Tengah sekitar abad ke-16. Selain belanja pewarna dasi Berasal dari Solo, wisatawan juga dapat menikmati keindahan arsitektur Eropa yang kokoh dan megah yang dapat dilihat di rumah-rumah yang dulunya milik pedagang batik kaya.

Toh, ada 50 toko tie dye di tempat ini yang menjual berbagai jenis produk tie dye dengan harga terjangkau.

Gua Petruk

Tempat wisata terdekat di Jawa Tengah adalah Gua Petruk. Setibanya di Kebumen, coba kunjungi Gua Petruk. Gua ini terletak di atas bukit kapur setinggi 75 meter. Terletak di Desa Candirenggo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter namun hanya bisa dijelajahi maksimal 350 meter.

Di goa ini Anda akan disuguhi ornamen asli berupa pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmit yang bertebaran di sepanjang badan goa. Di dalam goa juga terdapat mata air (kolam pemandian) dan air terjun. Gua Petruk dianggap sebagai salah satu gua terindah di Indonesia.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisata yang terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Tempat ini merupakan objek wisata populer yang menarik banyak wisatawan untuk berlibur di wilayah Jawa Tengah.

Dieng memiliki sumber daya alam yang beragam dan kekayaan pertanian yang kaya. Udaranya sejuk, latar belakang pegunungan yang asri dan danau yang masih alami. Nikmati matahari terbit yang indah dan budaya serta masakan yang menarik.

Tiga tempat wisata paling mempesona yang wajib Anda kunjungi di tempat ini adalah Bukit Sikunir, Telaga Varna dan Sumur Jalatunda.

4 dari 4 halaman

Grojogan Sevu

air terjun grojogan sewu

©2020 Merdeka.com/gunung.id

Tempat wisata di Jawa Tengah ini cocok untuk anda yang sedang mencari wisata alam di Solo. Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang indah dan tebing-tebing hijau yang melengkapi panoramanya. Tempat di Karanganyar Jawa Tengah ini cocok dikunjungi jika Anda ingin bersantai dan menikmati kesegaran alam.

Dari kota Anda harus menempuh jarak 37 km dengan sepeda motor atau mobil. Tiket masuknya juga cukup murah. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 21.000 per orang untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Istana Pusaka Solo

Dibuka sekitar tahun 2018, Anda akan menemukan gedung wisata dengan nuansa Eropa di lokasi ini. Tempat wisata ini awalnya merupakan pabrik gula peninggalan Belanda dari tahun 1892, yang kemudian diubah menjadi tempat wisata keluarga.

Tentu saja aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di tempat ini adalah fotografi. Pasalnya, hampir setiap sudut tempat ini dikemas dengan nuansa klasik Eropa sehingga sangat Instagramable. Bidik di lokasi seolah-olah Anda berada di negara lain. Anda juga bisa menyewa kostum di sini untuk melengkapi foto Anda.

simpan paspor

Tempat wisata terakhir di Jawa Tengah adalah Ketep Pass. Ketep Pass adalah tempat wisata antara Gunung Merapi dan Merbabu di puncak Gunung Sawangan. Tempat ini adalah tempat di mana Anda dapat memiliki salah satu pemandangan terbaik Gunung Merapi dari jarak yang sangat jauh.

Situs ini berada sekitar 1.200 meter (3.937 kaki) di atas permukaan laut dan memiliki bioskop mini yang menampilkan film dokumenter tentang aktivitas vulkanik Merapi. Ada juga museum vulkanologi yang mendokumentasikan fakta vulkanik dan sampel batuan dari letusan Merapi.

[ank]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button