11 Taman Wisata Alam Indonesia, Penyembuhan Akhir Tahun - WisataHits
Jawa Barat

11 Taman Wisata Alam Indonesia, Penyembuhan Akhir Tahun

jakarta

Apakah Detics berencana sembuh akhir tahun ini? Jika masih belum tahu mau ke mana, mengunjungi taman wisata alam bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain bisa melihat pemandangan yang indah, juga bisa menenangkan pikiran detik-detik.

Ada beberapa taman wisata alam di Indonesia yang mempesona dan menarik wisatawan. Lantas apa saja taman wisata alam tersebut? Simak pembahasannya di artikel ini ya, detic.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

11 Taman Wisata Alam Indonesia Terpopuler

Bagi detics yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun bersama teman atau keluarga, berkunjunglah ke taman wisata alam. Dilansir situs biro perjalanan, berikut 11 taman wisata alam populer di Tanah Air yang bisa Anda kunjungi.

1. Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu

Warga kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, melakukan salat istisqa (meminta hujan).  Hujan deras juga mengguyur area tersebut usai salat.Warga kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, melakukan salat istisqa (meminta hujan). Hujan deras juga mengguyur area tersebut usai salat. Foto: Yudha Maulana

Tangkuban Perahu atau dikenal juga dengan Tangkuban Parahu merupakan salah satu taman wisata alam yang sangat populer. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang datang ke Tangkuban Perahu untuk menikmati pemandangan yang indah.

Saat Anda mengunjungi Tangkuban Perahu, jangan lupa untuk melihat kawah gunung yang mempesona. Meski mengeluarkan bau belerang yang sangat menyengat, hal ini menjadi ciri khas saat berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu.

Akses menuju Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu sangat mudah. Dibutuhkan sekitar 1,5 jam dengan mobil dari kota Bandung untuk sampai ke sana.

2. Taman Wisata Alam Kawah Ijen

Kawah Ijen-BanyuwangiKawah Ijen Banyuwangi Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Destinasi taman wisata alam berikutnya adalah Kawah Ijen. Salah satu daya tarik Kawah Ijen adalah Blue Fire, fenomena alam dimana Anda bisa melihat api biru. Dijamin detik keren!

Kawah Ijen sendiri merupakan kawah asam yang berada di puncak Gunung Ijen. Lalu ada sebuah danau yang memiliki kedalaman sekitar 200 meter. Selain itu, detics juga bisa melihat pemandangan indah Gunung Merapi yang berada tidak jauh dari Kawah Ijen.

Lokasi Kawah Ijen berada di antara Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Jika Detiker berangkat dari Banyuwangi, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan mobil untuk sampai ke Kawah Ijen. Sedangkan jika Anda berangkat dari Bondowoso, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai ke sana.

3. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Banyak spot foto yang bagus di sepanjang jalan setapakBanyak spot foto bagus di sepanjang jalan setapak Foto: detik

Taman Wisata Alam Papandayan merupakan salah satu tempat wisata alam yang dapat anda kunjungi. Di sini detics bisa mengajak keluarga, teman atau pasangan untuk melihat keindahan sejumlah kawah seperti Kawah Baru, Kawah Emas, Kawah Pengantin dan Kawah Nangklak.

FYI: Gunung Papandayan adalah stratovolcano di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Kota Garut, Anda perlu berkendara sekitar 1 jam perjalanan darat untuk sampai ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

4. Taman Wisata Alam Telaga Varna

Telaga Warna BogorTelaga Varna Bogor Foto: (Dewi/d’Traveler)

Tidak jauh dari Jakarta terdapat sebuah taman wisata alam yaitu Taman Wisata Alam Telaga Warna. FYI: Telaga Varna merupakan tempat wisata alam di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Taman Wisata Alam Telaga Varna dikelilingi oleh persawahan dan pemukiman penduduk. Di lokasi ini, detics juga bisa melihat keindahan Gunung Pangrango yang menjulang tinggi.

Jika Detiker berangkat dari Jakarta, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan mobil. Namun perlu diperhatikan bahwa mungkin akan terjadi kemacetan lalu lintas menuju Puncak pada akhir pekan karena lalu lintas kendaraan yang meningkat, yang akan menambah waktu tempuh.

5. Taman Wisata Alam Telogo Warno dan Pengilon

Telaga Warna DiengTelaga Varna Dieng Foto: Reexy/d’traveler

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Taman Wisata Alam Telago Warno atau disebut juga Telaga Warna. Keunikan tempat wisata ini adalah warna air danau yang berubah-ubah, kadang hijau, kuning atau beraneka warna seperti pelangi.

Lokasi Taman Wisata Alam Telogo Warno berada di Dataran Tinggi Dieng yang berada di ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Jika Anda berangkat dari Temanggung, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan mobil.

6. Taman Wisata Alam Tretes

Taman Wisata Alam Tretes merupakan objek wisata di Pasuruan, Jawa Timur. Di sini, detics bisa melihat berbagai jenis pohon seperti kayu putih, pinus, anggrung hingga cembirit.

Taman wisata ini sangat dekat dengan kota Malang. Dilihat oleh Google Maps, dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil untuk sampai ke sana.

7. Taman Wisata Alam Angke

Taman Wisata Alam Angke KapukTaman Wisata Alam Angke Kapuk Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Jangan salah, Jakarta juga punya taman wisata alam lho, Taman Wisata Alam Angke. Di lahan seluas 99,82 hektar ini Anda bisa melihat pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah erosi dan abrasi pantai.

Taman Wisata Alam Angke terletak di Desa Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Akses menuju tempat ini juga sangat mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti TransJakarta.

8. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu, PalembangTaman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang Foto: RedDoorz/Special

Destinasi taman wisata alam berikutnya adalah Punti Kayu di Palembang, Sumatera Selatan. Di sini, detics bisa melihat puluhan spesies pohon dari berbagai famili, serta ragam fauna yang terdiri dari mamalia, burung, serangga, dan reptil.

Karena terletak di pusat kota Palembang, akses menuju Taman Wisata Alam Punti Kayu sangat mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari Jembatan Ampera, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara menuju Punti Kayu.

9. Taman Wisata Alam Danau Buyan-Danau Tamblingan

Bali adalah tujuan populer bagi para pelancong yang ingin mengistirahatkan jiwa dari penat.  Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Danau Tamblingan.Bali adalah tujuan populer bagi para pelancong yang ingin mengistirahatkan jiwa dari penat. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Danau Tamblingan. Foto: Rifkianto Nugroho

Untuk detics berlibur di Bali, Anda bisa mengunjungi Taman Wisata Alam Danau Buyan-Danau Tamblingan yang terletak di Kabupaten Buleleng dan Tabanan. Di sini, detics bisa melihat berbagai spesies flora dan fauna yang dilindungi pemerintah.

Selain itu, di sekitar taman wisata alam ini terdapat banyak objek wisata yang tak kalah menarik. Suasananya dibuat asyik dan sejuk dengan lokasi dataran tinggi.

10. Taman Wisata Alam Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu TawangmanguAir Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Foto: kartika nice/detikFOTO

Destinasi taman wisata alam berikutnya adalah Grojogan Sewu. Salah satu daya tarik objek wisata ini adalah air terjun Grojogan Sewu yang terletak di lereng Gunung Lawu, lebih tepatnya di kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Selain itu, detics juga bisa melihat berbagai jenis flora yang ada di sekitar Taman Wisata Grojogan Sewu. Jika ingin merasakan suasana liburan yang lebih seru, Anda bisa jalan-jalan bersama teman atau menyewa kuda untuk berkeliling.

11. Taman Wisata Alam Lejja

Pemandian Air Panas Lejja meluap saat Lebaran, Pedagang mendapat keuntungan tiga kali lipatPemandian air panas Lejja meluap saat Lebaran, pedagang untung tiga kali lipat Foto: (Agung Pramono/detikSulsel)

Destinasi taman wisata alam yang terakhir adalah taman wisata alam Lejja. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Di sini detics bisa menikmati keindahan flora dan fauna yang beraneka ragam. Namun, waktu tempuh menuju Taman Wisata Alam Lejja cukup lama dari kota Makassar, yaitu sekitar 5 jam perjalanan dengan mobil.

Selain 11 taman wisata alam tersebut di atas, sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata alam yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, jika daftar tempat wisata di atas cukup jauh, atau Anda tidak ingin dikejutkan oleh hujan saat liburan, Anda bisa memilih opsi liburan Trans Studio!

Trans Studio kini hadir di beberapa kota yaitu di Makassar, Bandung, Cibubur dan yang terbaru di Bali. Jika Anda ingin merasakan pengalaman liburan yang seru, Trans Studio sangat cocok untuk Anda datangi bersama teman, keluarga, atau pasangan.

Demikian pembahasan 11 taman wisata alam di Indonesia. Selamat Liburan dan nikmati waktu penyembuhan!

Simak video “Liburan Seru, Menikmati Udara Sejuk di Kaki Gunung Salak Bogor”.
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/des)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button