11 Masakan Khas Keraton Mangkunegaran Disajikan di Gala Dinner IWTCF 2022, Ada Apem hingga Sosis Solo : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

11 Masakan Khas Keraton Mangkunegaran Disajikan di Gala Dinner IWTCF 2022, Ada Apem hingga Sosis Solo : Okezone Travel

KEMENTERIAN Industri Kreatif dan Pariwisata (Kemenparekraf) menghadirkan 11 menu spesial Keraton Mangkunegaran yang disajikan dan disiapkan langsung oleh Chef Ragil, lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Hidangan tersebut dipersembahkan kepada para delegasi yang menghadiri Royal Heritage Dinner di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah yang merupakan bagian dari acara International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022.

“Solo ditetapkan sebagai kota oleh Wali Kota Surakarta” kesejahteraan (Kesehatan) dan Pura Mangkunegaran merupakan bagian dari daya tarik yang sangat kuat tidak hanya untuk wisata kesehatan tetapi juga untuk wisata warisan Khususnya di Jawa Tengah,” kata Rizki Handayani, Wakil Kepala Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Produk dan Kegiatan Pariwisata, dalam keterangan pers di Jakarta.

Selain itu, Rizki Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) mengucapkan terima kasih kepada Mangkunegara X yang menjadi tuan rumah delegasi dan narasumber acara IWTCF 2022 untuk makan malam di Pura Mangkunegaran.

“Candi Mangkunegaran adalah Kadipaten Istana Praja Mangkunegaran, tempat tinggal para penguasa yang bergelar adipati. Keraton ini sudah berusia 265 tahun, namun Pura Mangkunegaran masih digunakan untuk kegiatan kerajaan serta menyimpan barang-barang bersejarah,” katanya.

Sebagai salah satu kota yang direncanakan pemerintah sebagai destinasi wisata kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyajikan makanan sehat dengan mengusung nilai-nilai kearifan lokal.

“Solo sendiri sebagai The City of Java Wellness memiliki beragam olahan makanan yang kaya akan rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk tubuh,” kata Rizki.

Beberapa menu kuliner yang disajikan delegasi pada Royal Heritage Dinner IWTCF 2022 adalah Apem, Sosis Solo, Wedang Secang, Beefsteak Glinding, Tempe Goreng Lodeh Espuma, Nasi Kuning Kelapa Kering Karamel, Blenyik Trancam, Ayam Bledek, Daging Sapi Gadon, pita ketan hijau dan wedang bumbu mangkunegaran.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button