11 air terjun terpopuler dan terindah di Lombok - WisataHits
wisatahits

11 air terjun terpopuler dan terindah di Lombok

Lombok kemungkinan akan terus mengejutkan para pelancong dengan berbagai penawaran wisata yang mengesankan. Meski lebih terkenal dengan keindahan pantainya, namun kawasan ini memiliki pesona pemandian air tawar yang tak kalah menarik. Anda bisa pergi ke sana mengharapkan pengalaman yang tak terlupakan ketika Anda memasuki kawasan hutan.

Setiap air terjun unik dan bervariasi dan Anda dapat mengharapkannya di sepanjang jalan. Biarkan diri Anda terbawa oleh rasa ingin tahu sampai Anda melangkah ke pancuran air yang mengalir. Bagian pembuangan air mungkin terlalu kuat, jadi lihat saja dari sudut lain.

Namun, pemandangan alam yang terbentuk selama bertahun-tahun dan sentuhan tangan manusia membuatnya semakin menawan. Anda dapat mengganti pakaian sesegera mungkin dan kemudian masuk ke kamar mandi. Menikmati udara dingin dan gemerisik dedaunan seolah hendak berguguran. Berikut rekomendasi air terjun terindah di Lombok yang harus Anda jelajahi.

1. Kaskade Penimbunan

Menimbun air terjunKredit gambar: Google Maps Richan

Bayangkan menghabiskan waktu di lereng utara Gunung Rinjani. Pasti seru, kan? Udara dingin, suara air mengalir meskipun Anda masih dalam perjalanan ke pusat pemandian.

Apalagi Air Terjun Penimbungan mengalir dari atas bukit hingga ketinggian 100 meter. Melewati sulur-sulur rerumputan, lumut licin dan bebatuan yang juga menambah suasana. Hingga akhirnya Anda bisa menikmati jalannya sungai di bawah sambil mengagumi pemandangan indah yang mengelilinginya.

Harga tiket: Gratis; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Air Terjun Batara Lenjang

Air Terjun Batara LenjangKredit gambar: Twitter Zaki Satria

Di sepanjang jalur pendakian menuju Gunung Rinjani, Anda bisa menemukan air terjun Batara Lenjang di tengah perjalanan. Butuh usaha keras untuk bisa merasakan perasaan hangat yang terpancar dari mandi di tempat yang estetis ini.

Sebaiknya bawalah pemandu saat pertama kali ke sana karena tempat ini dikelilingi oleh alam. Untuk keamanan yang lebih baik, Anda pasti tidak ingin sesuatu terjadi hanya untuk menikmati sepotong keindahan di jalur pendakian Rinjani.

Harga tiket: -; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Senaru, lingkungan. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

3. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu TejaKredit gambar: Google Maps Loetfi Ono

Kejernihan air terjun kembar yang mengalir melalui Desa Santong ini dijamin akan membuat Anda takjub sekilas. Ratusan anak tangga yang melintasi lembah mungkin tampak menakutkan pada awalnya.

Namun, jika Anda memberanikan diri untuk melihat Air Terjun Tiu Teja dari dekat, itu akan menjadi kesenangan yang memuaskan. Udaranya segar, airnya jernih dan panorama hutannya masih alami.

Selama perjalanan, Anda bahkan memiliki kesempatan untuk merasakan bagaimana rasanya memberi makan hewan liar. Pasalnya, ada kelompok kera yang tinggal di kawasan hutan di sekitar air terjun yang indah ini.

Beberapa pelancong biasanya memutuskan untuk memberi makan monyet. Mungkin Anda juga ingin merasakannya agar perjalanan mandi lebih berkesan dan unik.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Air Terjun Batu Apeq

Air Terjun Batu ApeqKredit gambar: Google Maps Malkam Hadie

Berkemah di area pemandian sepertinya menjadi suatu keharusan ketika Anda memutuskan untuk pergi ke Air Terjun Batu Apeq, Lombok. Pasalnya, objek wisata yang indah ini menyediakan ruang terbuka yang luas di mana orang bisa bergerak bebas.

Sambil sesekali lewat untuk mandi atau berenang di sungai, Anda bisa bermalam selama sehari. Suasana malam hari mungkin akan terasa sedikit menegangkan, namun akan menyenangkan jika dilakukan bersama teman dekat.

Sedangkan untuk spot air terjunnya sendiri tidak terlalu tinggi namun terlihat sejuk berkat susunan bebatuan yang membentuk jalur alirannya. Oleh para pemburu foto, susunan bebatuan eksotis kerap dipilih sebagai latar belakang saat ingin eksis.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

5. Air Terjun Tibu Ijo

Air Terjun Tibu IjoKredit gambar: Google Maps Willy Cita Jaya

Warna airnya yang hijau seolah mempertegas kesejukan tubuh Anda saat menyelam ke dalam air terjun Tibu Ijo. Kolam alami yang terbentuk di sekitarnya memungkinkan wisatawan untuk bebas menikmati pemandian.

Suasana pedesaan yang damai juga menjadi daya tarik yang tak terbantahkan, terutama bagi Anda yang tinggal di kota metropolitan. Perbukitan, rumah-rumah sederhana, keramahan penduduk, dan banyak aspek lainnya menjadi daya tarik.

Bahkan, di sekitar lokasi air terjun cantik ini terdapat kebun kelapa sawit yang biasa dijadikan sebagai tempat berpetualang. Meski debit air terjunnya tergolong rendah, cekungan besar yang terbentuk dari pecahan tebing di sekitarnya masih menarik untuk ditembus.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Batu Mekar, Kec. Lingsar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta GanggaKredit gambar: Google Maps Arman Marjan

Anda harus menempuh perjalanan ekstrim untuk menemukan pesona tersembunyi di balik Air Terjun Kerta Gangga. Pancuran air yang berdampingan hingga tiga bagian membuatnya unik dan penuh pesona.

Orang-orang akan sulit sekali untuk berpaling begitu mereka berjalan melewati hutan belantara dengan medan yang ekstrim. Di saluran air berundak yang membentang di antara tebing, Anda akan terpesona.

Pada akhirnya, rasa lelah yang telah didera oleh seluruh perjalanan dari penginapan ke tempat yang indah ini akan hilang. Hal ini dapat dibalas dengan kesegaran air dan udara yang mengelilingi air terjun Kerta Gangga sehingga semua orang betah.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Kertaraharja, Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

7. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu KelepKredit gambar: Google Maps Darko Eterovic

Tiu Kelep menghadirkan shower curtain sebagai tirai di rumah-rumah. Mengalir dari ketinggian sekitar 43 meter, airnya menyebar hingga membasahi rerumputan di sekitarnya. Pergilah ke sini dan cari tahu betapa jernihnya air bisa begitu menakjubkan.

Keindahan Air Terjun Tiu Kelep juga dilengkapi dengan rerumputan yang menutupi tebing-tebing tinggi terdekat yang dapat dijangkau oleh mata. Ada beberapa air terjun yang meramaikan suasana, selain pancuran utama.

Selain itu, ada juga bebatuan padat yang bisa dipilih sebagai tempat peristirahatan saat Anda merasa lelah. Termasuk derasnya aliran sungai, tempat para pelancong sering berenang dan mandi.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Senaru, lingkungan. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

8. Air Terjun Tiu Bombang

Air Terjun Tiu BombangKredit gambar: Facebook Lombok tidak tidur

Aliran air Curug Bombang yang sedang cukup menyenangkan untuk Anda berdiri di bawahnya. Habiskan waktu dengan tenang selama berada di sini sampai semua penat terobati.

Ketinggian air terjun ini sekitar 60 meter dan terdapat dua aliran sungai yang berdampingan. Hutan di sekitar kawasan air terjun yang eksotis ini juga sangat asri dengan banyak pepohonan dan rerumputan yang dilindungi.

Sepertinya Tiu Bombang cocok untuk Anda yang suka berpetualang di alam. Selain itu, lokasinya juga cukup jauh dari kota Mataram, bisa memakan waktu hingga 2 jam perjalanan.

Harga tiket: -; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

9. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang GileKredit gambar: Google Maps bilal resmi

Satu lagi air terjun indah di Lombok yang akan membuat hari Anda berkesan dan menyenangkan. Aliran air yang memancar seperti tirai membentuk kolam alami di antara bebatuan.

Ada air terjun utama yang alirannya sangat besar dan mengalir melalui tebing-tebing yang tinggi. Selain itu, ada juga empat hingga lima air terjun yang alirannya kecil namun juga menjiwai suara air di tempat yang estetis ini.

Pada siang hari, matahari seperti memasuki terowongan panjang mengingat lokasi air terjun ini memang diapit oleh tebing-tebing tinggi. Terdapat batu sungai dengan berbagai ukuran yang terkadang dijadikan spot foto oleh para pelancong dari manapun asalnya.

Secara umum, Sendang Gile memiliki pemandangan yang bisa memberikan rasa segar untuk beberapa hari ke depan. Namun, Anda harus menuruni tangga hingga 500 anak tangga untuk mendapatkan pengalaman penuh.

Tentu pengalamannya akan sangat melelahkan seperti mendaki bukit yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan tenaga dengan berolahraga terlebih dahulu tidak lebih dari satu minggu sebelum datang ke Air Terjun Sendang Gile. Jika tidak, alih-alih menikmati perjalanan, Anda mungkin merasa sangat lelah dan ingin pulang.

Di sisi lain, keberadaan tangga ini membuat pengalaman foto di sini semakin bagus. Pemandangan tirai air dari jauh pada titik yang begitu tinggi pasti akan menciptakan pemandangan yang paling menawan.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Senaru, lingkungan. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

10. Air Terjun Butir Batu

air terjun batuKredit gambar: Facebook Arif saja

Lewati lima air terjun dengan debit aliran yang sama saat Anda bepergian ke Batu Butir. Empat di antaranya dekat satu sama lain, membuat mereka lebih mudah diakses, sementara yang lain tersembunyi jauh di dalam hutan.

Aliran air yang membentuk sungai di Batu Butir juga menarik untuk dipandang. Ukurannya yang relatif kecil dan sempit guna memberikan lahan berbatu yang lebih luas, sehingga cocok sebagai tempat peristirahatan.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Taman Sari, Kec. Gunungsari, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

11. Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu PupusKredit Gambar: Google Maps Masdiyanto Culin

Dibandingkan dengan air terjun, Tiu Pupus lebih megah di kolam alami yang diapit tebing. Ukurannya besar sehingga serasa berada di danau namun dengan arus yang cukup deras.

Keindahan air terjun Pupus juga dilengkapi dengan kesejukan hutan dan kesegarannya. Meskipun saat itu siang hari, tampaknya tidak berlebihan berkat hutan lebat dan tebing di lokasi yang eksotis ini.

Harga tiket: Gratis; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Ada begitu banyak air terjun di Lombok dan daftar di atas bisa menjadi referensi terbaik untuk menikmati panorama alam yang menyegarkan. Anda bisa pergi ke sana dengan bebas lalu melakukan berbagai aktivitas hingga Anda merasa puas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button