11 Air Terjun Populer dan Terindah di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

11 Air Terjun Populer dan Terindah di Banyuwangi

11 Air Terjun Populer dan Terindah di Banyuwangi

Jawa Timur memiliki kota yang cukup terkenal yaitu Banyuwangi. Sebagian besar wilayahnya berada di kawasan Meru Betiri, sebelah barat Selat Bali. Karena letak geografisnya, wajar jika Banyuwangi sarat dengan tempat wisata menarik.

Bahkan, ada yang datang go internasional. Sebut saja Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, G-Land dan lainnya. Namun, tahukah kamu kalau Banyuwangi juga menyandang predikat Sunrise of Java yang artinya sarat dengan wisata alam terbaik? Begitu juga dengan kunjungan ke air terjun. Dan berikut rekomendasi air terjun menawan di Banyuwangi.

1. Air Terjun Jagir

Air Terjun JagirKredit gambar: Google Maps Venom Neo

Di ketinggian sekitar 10 meter dengan kolam renang di bawahnya. Air terjun ini terletak di Glagah, Kp. Anyar, Banyuwangi. Anda bisa menikmati pemandangan indah yang selalu asri dengan sejuknya air khas pegunungan di sini.

Untuk mencapai lokasi, dari pusat kota Banyuwangi, arahkan kendaraan ke arah Sasak Perot. Kemudian lurus terus hingga menemukan patung Barong sebagai pertigaan, lurus ke arah desa Kemiren dan Taman Suruh.

Melanjutkan perjalanan menuju Desa Anyar. Dari sini lokasi air terjun Jagir bisa dijangkau. Anda masih harus melewati jalan bertingkat sekitar 100 meter.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Krajan, Kampung Anyar, Kec. Glaga, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Pemimpin Stunt

Air Terjun ChiefKredit gambar: Twitter Perjalanan CNT

Terletak di Desa Sumberarum, Songgon, Banyuwangi. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter. Di Banyuwangi sendiri, air terjun ini dikenal sebagai yang tertinggi dan terindah. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus bisa melewati tebing terjal di kawasan hutan.

Meski begitu, setelah ia tiba, semua rasa lelah itu seakan terbayarkan. Mendengar gemericik air dan pemandangan indah di sekitar air terjun. Membuat tenaga dan pikiran lebih segar.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Ketua, Sumberarum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

3. Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto KemantenKredit Gambar: Google Maps Ayo ASMR

Dikenal juga dengan Air Terjun Wonorejo. Pasalnya air terjun ini terletak di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kalibaru, Banyuwangi. Ketinggian air terjun mencapai sekitar 10 meter.

Untuk sampai ke sana, Anda harus melintasi perkebunan kopi dan kakao yang luas. Namun karena medan yang sulit tersebut, Air Terjun Tirto Kemanten tergolong masih sangat asri dan karakter alamnya tetap terjaga.

Wonorejo, Kalibaruwetan, Kec. Kalibaru, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Wonorejo, Kalibaruwetan, Kec. Kalibaru, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

4. Air Terjun Coklak

Air Terjun CockakKredit gambar: Google Maps 2C_Mohammad Arif Rifai

Air Terjun Coklak sendiri terdapat di Dusun Darungan, Desa Tegalharjo, Glenmore, Banyuwangi. Orang menyebutnya Air Terjun Pelangi. Mereka memberi nama itu bukan tanpa alasan.

Pasalnya, di Air Terjun Coklak, sebagian air yang jatuh dari atas tebing justru menciptakan warna pelangi yang unik. Kesejukan Air Terjun Coklak ini bisa Anda rasakan sambil mengabadikan pemandangan sekitar. Seperti kenangan yang pernah ada.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Darungan, Tegalharjo, Kec. Glenmore, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

5. Air Terjun Temcor

Air Terjun TemcorKredit gambar: Google Maps R3D Vlog

Cukup berbeda dengan air terjun lainnya. Kalau untuk mengambil air terjun lain harus melalui hutan atau perkebunan, yang satu ini tidak. Anda harus melintasi hamparan sawah yang terbelah oleh derasnya aliran air terjun.

Kalau penasaran bisa langsung ke tempatnya yaitu di Dusun Sumberarum, Desa Sragi, Kec. Songgon-Banyuwangi. Air terjun Temcor tingginya sekitar 10 meter. Dikelilingi hamparan sawah hijau yang begitu memanjakan mata dan memberikan pesona tersendiri.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sumber Asih, Sumberarum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

6. Air Terjun Pertemon

Air Terjun PertemonKredit gambar: Twitter Tunggu 12

Terletak di Dusun Kontakrejo, Desa Bayu, Kec. Songgon-Banyuwangi. Untuk menuju ke sana, Anda harus bisa melintasi beberapa lereng persawahan dan perkebunan kopi. Namun, justru inilah daya tarik utama air terjun Pertemon ini.

Sebelum sampai di lokasi, kamu bisa sekaligus memanjakan mata karena pemandangan alam sekitar yang begitu eksotik. Keunikan lain dari air terjun ini adalah lokasinya yang kebetulan berada di tepi tebing.

Apalagi, sekitarnya juga dikelilingi oleh tebing-tebing besar yang seolah mengapitnya. Tebing tampak lembab karena kurangnya sinar matahari. Begitu banyak pakis tumbuh di sekitar.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kentang, Bayu, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

7. Air Terjun Telunjuk Gemuruh

Air Terjun Telunjuk RaungKredit gambar: Google Maps Rendy Aditya

Terletak di Desa Sumberarum, Kec. Songgon-Banyuwangi. Selama perjalanan menuju lokasi, Anda akan melewati sejumlah perkebunan tebu dan perbukitan yang bergemuruh. Pemandangannya sangat indah, rasa lelah seolah tak terasa meski jaraknya cukup jauh.

Air terjun ini berada di kaki Gunung Raung. Ke sungai yang mengalir begitu deras. Airnya terlihat sangat jernih, khas pegunungan. Begitu sampai di lokasi, pasti langsung ingin masuk dan bermain air atau berenang sepuasnya.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sumber Asih, Sumberarum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

8. Air Terjun Banyu Lor

Air Terjun Banyu LorKredit gambar: Google Maps 4NC Explorer

Merupakan air terjun di Banyuwangi yang bernuansa alami dan sangat indah. Memiliki debit air yang cukup besar dan mengalir membentuk beberapa undakan. Itu membuatnya semakin menakjubkan.

Air Terjun Banyu Lor terletak di Bayu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Begitu sampai, Anda bisa melihat pemandangan di sekitar air terjun yang sangat indah. Air jernih, mengundang semua orang untuk mencoba masuk dan bersenang-senang.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tegalrejo, Bayu, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

9. Air Terjun Selendang Arum

Air Terjun Selendang ArumKredit gambar: Google Maps Kristian Hartanto

Dengan ketinggian sekitar 20 meter, air terjun Selendang Arum ini jatuh dari tebing, meski bisa dikatakan tidak terlalu curam. Lokasi Air Terjun Selendang Arum sendiri berada di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kec. Songgon-Banyuwangi.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa melalui kawasan Genteng. Jika sudah sampai di pertigaan Gendok, lanjutkan perjalanan belok kiri hingga melewati perkebunan cengkih. Anda akan melihat pertigaan, lalu belok kanan.

Sesampai di sana, periksa dengan penduduk setempat. Memang seharusnya lokasi air terjun Selendang Arum sangat dekat. Jangan khawatir, karena penduduk setempat sangat ramah dan bisa memberikan petunjuk arah yang baik.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bayurejo, Sumberarum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

10. Air Terjun Kedung Angin

Air Terjun Kedung AnginKredit gambar: Google Maps sulies setiyoadi

Lalu ada air terjun Kedung Angin. Air terjun ini juga sangat indah dan populer di Pakel, Licin, Banyuwangi. Akses ke lokasi tidak sulit sama sekali. Oleh karena itu wajar jika banyak pengunjung menjadikannya tujuan wisata terbaik.

Jika ingin ke sana, mulailah perjalanan dari stasiun Banyuwangi Baru menuju kawasan utara Jalan St. I, kemudian belok kanan menuju Jalan St. II. Terus belok kanan ke Jalan Gatot Subroto ke Jalan Nasional III.

Setelah itu belok kanan lagi lewat Jalan Tambong. Belok kiri ke Jalan Macan Putih, belok kiri dan ikuti jalan tersebut. Ada pertigaan, belok kanan sampai ada tikungan lagi, arahkan kendaraan ke kanan. Cari sampai penunjuk jalan tiba di Air Terjun Kedung Angin.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Krajan, Pakel, Kec. Lisin, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

11. Air Terjun Kalibendo

Kredit gambar: Twitter

Alamatnya di desa Kampung Anyar, sekitar 15 km dari kota Banyuwangi. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan mengikuti jalan setapak yang dikelilingi oleh perkebunan cengkih dan pohon Bendo.

Selain itu, Anda juga masih harus menyusuri sungai untuk bisa melihat keindahan air terjun ini. Tentunya dengan cara ini Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga dan tak terlupakan.

Curug Kalibendo sebenarnya tidak terlalu tinggi. Namun, dikenal memiliki air yang sangat jernih. Di sekelilingnya juga banyak pepohonan hijau dan tebing-tebing tinggi yang menjulang tinggi. Lelah pergi ke tempat itu, Anda akan langsung merasa tersesat ketika tiba di tempat itu karena memang sangat indah.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Krajan, Kampung Anyar, Kec. Glaga, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Inilah daftar air terjun terindah dan terpopuler di Banyuwangi. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Semuanya dijamin akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button