11 agenda wisata jogja bulan agustus ada pasar kangen - WisataHits
Yogyakarta

11 agenda wisata jogja bulan agustus ada pasar kangen

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merencanakan berbagai acara setiap bulannya untuk menarik wisatawan dan menghibur warga. 11 program pariwisata Jogja dilaksanakan pada bulan Agustus. Berikut daftar acara yang bisa Anda nikmati.

Pameran Bantul 1

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen instagram.com/budi_sarwindu

Bantul Expo akan digelar di Pasar Seni Gabusan, Kabupaten Bantul selama 11 hari. Bantul Expo, mulai 1 Agustus mendatang, akan menjadi ajang promosi kerajinan, pertanian dan budaya, khususnya yang ada di Kabupaten Bantul.

2. Taburan Pusaka

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen jatengprov.go.id

Pusaka Siraman akan diadakan pada tanggal 2 hingga 3 Agustus di Keraton Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan acara rutin yang berlangsung setiap hari Selasa Kliwon bulan Muharram, bulan pertama penanggalan Jawa.

Suraman Sang Wali membersihkan benda-benda pusaka Keraton Yogyakarta, baik lahir maupun batin.

Baca Juga: Besok Buka di Jogja, 4 Fakta Bazar Buku Murah Big Bad Wolf

3. Sarapan Wonolelo

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen Sarapan Wonolelo (instagram.com/tenry12)

Salut Wonolelo merupakan agenda rutin Kabupaten Sleman yaitu penghormatan terhadap leluhur atau pepund, khususnya Ki Ageng Wonolelo. Ki Ageng Wonolelo adalah tokoh yang berjasa dalam menanamkan norma dan nilai budaya di masyarakat. Acara ini berlangsung pada tanggal 5 Agustus.

Festival Seni Pedang ke-4

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen commons.wikimedia.org/PL_05_SIGIT

Festival Dalang atau Festival Dalang Anak dan Remaja diadakan pada 10 Agustus di Pantai Wediombo di Gunungkidul. Program rutin ini dirancang untuk mendorong generasi muda untuk tertarik dan belajar tentang wayang.

Baca Juga: Berburu Jajan Pasar dan Pernak-pernik Sekolah Tua di Pasar Kangen Jogja

5. Mina Bahari Fischer Labuhan 45 Depok

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen IDN Times/Daruwaskita

Labuhan Nelayan Mina Bahari 45 Depok merupakan upacara yang dilakukan oleh para nelayan untuk berdoa bersama di pendapa Pantai Depok. Acara yang berlangsung pada tanggal 11 Agustus ini biasanya dilanjutkan dengan pesta dan diakhiri dengan pelabuhan pengorbanan.

Kegiatan ini sebagai cara berterima kasih kepada nelayan atas keselamatan dan kekayaannya.

Karnaval Budaya ke-6 Imogiri

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen IDN Times/Daruwaskita

Karnaval Budaya Imogiri berlangsung di Terminal Imogiri setelah Pajimatan. Acara yang rutin digelar setiap Minggu Pahing di bulan besar penanggalan Jawa ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan pangan dan keamanan bagi warga sekitar. Anda dapat melihat kegiatan ini pada 11 Agustus.

7. Upacara Tiriskan Enceh

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen Kunjungan dari jogja.com

Upacara Nguras Enceh berlangsung pada tanggal 12 Agustus di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram. Acara ini merupakan acara rutin yang diadakan setiap bulan Sura dalam penanggalan Jawa dan dilakukan oleh para abdi dalem Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta. Para abdi dalem akan mengosongkan empat enceh pusaka yang terletak di pintu gerbang makam Sultan Agung.

8. Labuhan Hondento

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen Pelabuhan Honddento (instagram.com/setiyokoagus)

Pada tanggal 13 Agustus, diadakan Labuhan Hondodentom, sebuah tradisi breed Hondodento. Kegiatan pelabuhan ini dilakukan di kawasan Pantai Parangtritis.

9. Pasar Kangen

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen IDNTimes/Kartika Suci

Program wisata di Jogja yang tidak boleh dilewatkan adalah Pasar Kangen. Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Biasanya acara tersebut berlangsung di Kulturpark, namun pada tahun 2021 akan berlangsung di Perpustakaan dan Museum Arsip DIY.

Tahun ini acara tersebut akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 27 Agustus. Di sini Anda dapat menikmati berbagai jenis hidangan pedesaan, mainan antik, dan pertunjukan seni tradisional.

10. Merti Golong Gilig Dipowinatan

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen Tari Golong Gilig Yogyakarta Meriahkan Opening Ceremony Grand Jogja – IDN Times/Rijalu Ahimsa

Merti Golong Gilig Dipowinatan adalah ritual budaya dengan upacara mengikat tongkat. Pengikatan lidi tersebut menjadi simbol kebhinekaan warga Dipowinatan dan dimeriahkan dengan karnaval prajurit Bregada dan pemasangan Dipo Satrio Bendara. Acara budaya ini bisa kamu nikmati pada tanggal 18 Agustus di Kota Yogyakarta

Festival Layang-Layang ke-11

11 program wisata Jogja di bulan Agustus, dari Labuhan ke Pasar Kangen IDN Times/Imam Rosidin

Buat kamu yang hobi fotografi, ada event spesial di akhir bulan yaitu Festival Layang-layang yang berlangsung di Pantai Parangtritis. Acara ini merupakan program tahunan yang ditunggu-tunggu oleh banyak wisatawan. Acara yang berlangsung pada 27 Agustus ini akan melihat berbagai jenis layang-layang terbang di Parangtritis.

Baca Juga: 9 Hotel Dekat Tugu Jogja Dalam Jarak Jalan Kaki Malioboro dan Anti Kemacetan

Ayo persiapkan liburan Anda untuk menikmati berbagai acara budaya dan kegiatan seni di Yogyakarta. Jangan sampai menyesal jika melewatkan acara-acara di atas!

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button