1000 perwakilan dari Indonesia akan menghadiri API Awards Peak Night 2022 di Banda Aceh - WisataHits
Jawa Tengah

1000 perwakilan dari Indonesia akan menghadiri API Awards Peak Night 2022 di Banda Aceh

Senin, 21 November 2022 | 19:52 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Banda Aceh, InfoPublik – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terus berbenah dalam menyambut nominasi API Award dari 54 kabupaten/kota di Indonesia untuk menghadiri Malam Puncak Penghargaan API ke-7 pada acara 25 November di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh tahun 2022.

Pendiri API Awards M Syafaat mengaku optimistis akan hadir para peserta yang akan mengikuti langsung ajang tahunan yang digelar di Sumsel tahun lalu tersebut.

“Sekitar 1.000 orang akan datang ke Banda Aceh untuk menyaksikan secara langsung,” kata Syafaat dalam keterangannya, Minggu (20/11/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh optimis akan hal tersebut, terus melakukan serangkaian persiapan menyambut peserta API Prize ke Aceh. 3 kunci utama kunjungan wisata yang nyaman dijamin amenitas, akses dan atraksi.

Fasilitas tamu API terus kami koordinasikan dengan asosiasi pariwisata seperti hotel, perusahaan rental mobil, tour operator dan lain-lain.

“Kami juga telah menyiapkan berbagai atraksi untuk memeriahkan penyelenggaraan Malam Puncak API Award ini,” kata Direktur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Almuniza Kamal didampingi Direktur Pemasaran T. Hendra Faisal.

Disinggung soal kemenangan Aceh di ajang API Awards, Almuniza mengatakan sangat tergantung dukungan masyarakat, khususnya masyarakat Aceh yang ikut serta memilih objek wisata favoritnya di ajang ini. “Optimis Aceh menang lagi tahun ini insya Allah,” ujarnya.

Persiapan API Award Peak Night 2022 hampir rampung. Acara ini tidak hanya menampilkan berbagai atraksi budaya yang menarik, peserta API Award dari 54 kotamadya di Indonesia, tetapi juga memanjakan berbelanja oleh-oleh khas Aceh.

Melalui pameran virtual bertema Pesona Tanoh Aceh, Disbudpar Aceh mengumpulkan beberapa produk menarik dari industri kreatif (ekraf) untuk dijadikan souvenir pameran virtual yang juga digelar secara luring di tempat tersebut.

“Layanan souvenir online ini menjadi nilai tambah untuk dikembangkan pariwisata Aceh,” kata Kadisbudpar Aceh.

Setidaknya akan ada 7 stand kuliner pajangan Puluhan variasi menu khas Aceh di kawasan Khanduri.

Stand akan diisi oleh asosiasi kuliner dan UMKM antara lain Mie Bardi, Station Coffee Premium, RM. Paga Ayee, Asosiasi Pengusaha Katering Indonesia, Sate Matang Pasti Rasa, Asosiasi Ahli Kuliner dan Rujak Bang Karuh (merek Indonesia Surya Master Chef dari Aceh).

Peserta pameran adalah UMKM kreatif dan kuliner di Aceh. Pameran ini juga menarik minat beberapa kabupaten/kota lain untuk berpartisipasi, antara lain Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kota Ambon, Provinsi Maluku dan Kabupaten Phak-Phak Barat Sumatera Utara.

Peserta Pameran Kreatif menampilkan berbagai produk unggulan Kreatif dari berbagai kategori yaitu kuliner, tekstil, kerajinan tangan dan lain-lain.

Acara juga dimeriahkan oleh Keubibitbit atau peraih Anugerah Musik Indonesia (AMI) yang secara sadar kembali ke kampung halamannya untuk memeriahkan API Award.

Setelah sukses menyabet penghargaan AMI untuk kategori produksi musik dunia terbaik tahun 2022, Keubibitbit atau grup musik etnik modern asal Aceh ini semakin berkiprah di belantika musik Indonesia.

Namun, di sela-sela kesibukannya, Keubibitbit kembali menyempatkan diri berkunjung ke Aceh untuk memeriahkan acara Malam Puncak Anugerah API 2022.

Kami ingin menunjukkan sisi kreatif anak Aceh, juga dalam musik. Banyak pemuda Aceh yang telah meraih kesuksesan nasional dan internasional, termasuk di dunia musik.

“Jadi tahapan-tahapan ini harus kita persiapkan agar anak-anak muda kita juga bisa menjamunya di rumah masing-masing,” kata Almuniza.

Acara ini berlangsung secara hybrid, namun hanya tamu dan undangan yang dapat menyaksikan acara ini secara langsung.

Masyarakat umum dapat menyaksikan Malam Puncak API Award 2022 melalui streaming di kanal YouTube resmi API Award dan juga di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. (mc/10/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button