10 Wisata Pantai Wonosari, Gunung Kidul Paling Hits - WisataHits
wisatahits

10 Wisata Pantai Wonosari, Gunung Kidul Paling Hits

Tertarik dengan liburan pantai? Simak daftar wisata pantai terbaik di Wonosari, Gunungkidul. obyek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Kebanyakan kunjungan Sebagai destinasi liburan Dengan kerabat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai menjadi objek wisata favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka percaya bahwa wisata bahari menawarkan suasana liburan yang berbeda dan menyenangkan. Selain itu objek wisata pantai ini juga merupakan tempat yang paling cocok untuk bermain air, hunting foto atau sekedar menikmati kuliner seafood.

Begitu juga di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta yang memiliki pesona wisata bahari yang bisa memanjakan Anda. Berikut rekomendasi pantai-pantai terbaik di Wonosari yang bisa Anda pilih selama liburan.

1. Pantai Timang

Atraksi Pantai TimangKredit gambar: Google Maps Budi Sutrisno

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai pasir putih sambil memompa adrenalin, destinasi ini bisa menjadi alternatif. Pantai Timang menawarkan pemandangan yang indah dengan ombak yang cukup besar. Mengingat besarnya ombak, pengunjung dilarang berenang di pantai ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyaksikan deburan ombak melalui kereta gantung.

Kereta gantung ini terbuat dari kayu dengan tali sebagai pengaman. Pengunjung yang menaiki kereta gantung ini akan merasakan adrenalin yang luar biasa untuk menuju Pulau Watu Panjang. Kereta gantung ternyata sering digunakan para nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobster di pulau hingga ke daratan. Tak hanya memacu adrenalin, di pantai ini Anda bisa dijadikan spot foto kekinian.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Baron

Atraksi Pantai BaronKredit gambar: Taufik Rahman https://www.google.com/maps/contrib/115850094828329330156

Menjadi salah satu destinasi pantai Wonosari, Pantai Baron menyuguhkan pemandangan indah dengan air laut yang bersih dan gradasi kebiruan. Dengan keindahan tersebut mampu menarik pengunjung untuk berenang atau bermain air di pantai ini. Berbeda dengan Pantai Timang, ombak di Pantai Baron tidak terlalu besar dan relatif aman.

Dengan kondisi ombak seperti itu, banyak pengunjung yang berenang atau bermain, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pantai Baron diapit oleh dua bukit di kiri dan kanannya, yang membuat pemandangan begitu memukau. Tak hanya disuguhkan pemandangan yang indah dan segar, pengunjung juga bisa membeli berbagai jenis ikan segar langsung dari para nelayan. Deretan perahu nelayan tradisional yang tertambat di pinggir pantai juga memberikan pesona tersendiri bagi objek wisata ini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Ngobaran

Objek Wisata Pantai NgobaranKredit gambar: Perjalanan Bintang https://www.google.com/maps/contrib/105352766310547295015

Tak kalah indahnya, Pantai Ngobaran juga menawarkan keindahan laut pantai selatan yang mempesona dengan ombak yang besar dan air yang jernih dinaungi warna biru. Hamparan pasir putih dengan pepohonan rindang menambah keindahan pantai ini. Pantai Ngobaran merupakan bagian dari destinasi wisata yang masih cukup alami, karena letaknya yang cukup tersembunyi.

Sehingga pengunjung yang datang ke sini merasakan suasana yang tenang dan damai. Tak hanya itu, Pantai Ngobaran juga menyuguhkan kuliner olahan seafood yang berasal dari bulu babi. Adanya olahan kuliner tersebut menambah keunikan tersendiri di pantai ini, ternyata makanan yang berasal dari bulu babi hanya bisa ditemukan di pantai Ngobaran.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bedalo, Krembil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Kukup

Objek Wisata Pantai KukupObjek Wisata Pantai KukupKredit gambar: Novie Eviany https://maps.google.com/maps/contrib/115769546423366423030

Sama halnya dengan Pantai Ngobaran, Pantai Kukup juga merupakan destinasi wisata bahari yang letaknya cukup tersembunyi sehingga lingkungan alamnya masih terjaga. Pantai ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan. Di sisi timur pantai ini terdapat pulau karang bernama Pulau Jumino. Di pulau tersebut terdapat pos pengamatan yang memang sengaja dibangun agar wisatawan bisa leluasa menikmati pemandangan Samudera Hindia.

Titik pengamatan juga membuat pantai ini terlihat seperti Tanah Lot di Bali. Hamparan pasir di Pantai Kukup juga sangat indah dan putih bersih. Tak hanya itu, ombaknya yang cukup tenang juga mampu memikat pengunjung untuk berenang dan bermain air sepuasnya. Di Pantai Kukup juga terdapat gugusan terumbu karang di dekat pantai untuk melindungi dari ombak besar.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Ngrenehan

Objek Wisata Pantai KukupObjek Wisata Pantai KukupKredit gambar: Google Maps Novie Eviany

Dengan adanya dinding karang di Pantai Ngrenehan bisa membuatnya semakin menawan dan indah untuk dinikmati para pengunjung. Muka karang juga berfungsi untuk menahan deburan ombak laut yang besar, sehingga ombak yang menghantam pantai tidak terlalu besar. Keindahan gugusan bebatuan ini memiliki bentuk menyerupai teluk, sehingga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Di Pantai Ngrenehan, wisatawan bisa langsung melihat aktivitas nelayan mencari ikan. Ada juga pelelangan yang menawarkan berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai sajian seafood yang lezat dari hasil tangkapan segar. Deretan perahu nelayan yang tertambat juga mampu menciptakan keunikan pantai ini.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Gesing

Objek Wisata Pantai GesingKredit gambar: Achmad Soleh Amirudin https://www.google.com/maps/contrib/115331584779855804815

Pantai ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang menyukai suasana wisata yang tenang dan sepi. Destinasi wisata ini memang masih belum seterkenal pantai lainnya, namun Anda tidak perlu khawatir karena Pantai Gesing menawarkan beberapa pemandangan yang sungguh menawan. Di dekat pantai juga terdapat perkampungan nelayan, sehingga Anda bisa melihat deretan perahu tradisional di dekat pantai.

Apalagi hamparan pasir putihnya yang sangat bersih mampu mempercantik suasana di pantai. Terdapat juga bebatuan yang dapat terlihat dengan jelas saat air laut surut, sehingga dapat mempercantik pemandangan pantai Gesing ini. Jernihnya air laut dengan gradasi warna hijau kebiruan mampu membuat siapapun yang melihatnya terhipnotis dan ingin betah berlama-lama disini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Jogan

Daya Tarik Pantai JoganKredit gambar: Gary Sands https://maps.google.com/maps/contrib/109052532925081739662

Berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya, di Pantai Jogan ada satu hal yang sangat unik dan menarik yaitu adanya air terjun yang langsung jatuh ke laut.Keberadaan air terjun setinggi 10 meter ini mampu menghadirkan pesona alam yang sangat khas. keindahan pantai. Air terjun ini berasal dari air yang berasal dari perbukitan kapur kawasan Gunung Sewu. Keunikan dan keindahan tersebut membuat tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang instagenic.

Pantai Jogan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga Anda bisa melihat hamparan lautan luas di pantai ini. Untuk sampai ke dasar air terjun ini, pengunjung harus menuruni bebatuan di sebelahnya. Namun harus sangat berhati-hati karena bebatuannya licin karena terkena ombak pantai. Selain itu, Pantai Jogan juga cocok untuk berkemah.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pantai Siung, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Siung

Atraksi Pantai SiungKredit gambar: Priya Aja https://maps.google.com/maps/contrib/104303611114634565191

Terkenal dengan bebatuannya yang tinggi, Pantai Siung juga menawarkan pemandangan yang tidak biasa dibandingkan dengan pantai lainnya. Karena permukaan batu biasanya digunakan sebagai tebing panjang. Karenanya, tempat ini memiliki ratusan jalur pendakian yang telah dijelajahi oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini. Menariknya, tebing itu justru dijadikan sebagai ajang kompetisi panjat tebing nasional hingga internasional.

Tak hanya tebing, Pantai Siung juga memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air laut yang jernih. Walaupun pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, namun anda tidak perlu khawatir karena di Pantai Siung ombaknya tidak terlalu besar, jadi cukup aman bagi anda yang berkunjung ke sini. Warna airnya yang kebiruan juga mampu memikat pengunjung untuk dijadikan spot foto yang menarik.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Wedi Ombo

Objek Wisata Pantai WediomboKredit gambar: Indonesia Raya https://www.google.com/maps/contrib/114918448321048471107

Ingin berenang di pantai tanpa takut tersapu ombak besar? Pantai Wedi Ombo bisa menjadi solusinya. Pantai yang terletak tidak jauh dari Wonosari ini memiliki gugusan karang yang berjajar sempurna membentuk semacam laguna alami. Gugusan ini memungkinkan pengunjung untuk bisa berenang dengan bebas tanpa khawatir tersapu ombak laut yang besar.

Airnya juga sangat jernih dan bersih sehingga mampu memikat pengunjung untuk menyelam dan berenang di dalamnya. Namun, Anda juga perlu tetap waspada karena tidak ada yang tahu bahwa ombak besar bisa terjadi kapan saja. Pantai Wedi Ombo juga terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menjadi spot favorit untuk menyaksikan sunset.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Nglambor

Daya tarik pantai ngelamborKredit gambar: Google Maps Ketty Puspa Jayanti

Bagi Anda yang suka berenang sambil snorkeling, pantai Nglambor bisa menjadi alternatif terbaik. Anda tidak perlu khawatir dengan ombak besar di pantai selatan, di sini Anda bisa merasakan pengalaman snorkeling dengan leluasa. Hal ini karena terdapat berbagai pulau karang yang menghalangi gelombang laut yang besar. Tidak hanya itu, perairan pantainya juga termasuk perairan yang dangkal dan jernih serta memiliki banyak terumbu karang yang indah.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Padahal, masih banyak destinasi wisata alam lain yang cocok untuk Anda kunjungi di Wonosari, Gunung Kidul. Namun beberapa wisata pantai yang disebutkan di atas bisa menjadi tolak ukur liburan Anda. Saat mengunjungi salah satu pantai di Wonosari, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan mencicipi berbagai olahan makanan khasnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button