10 Tempat Wisata Seru di Dago Bandung - WisataHits
Jawa Barat

10 Tempat Wisata Seru di Dago Bandung

bandung

Menjelang akhir pekan, suasana liburan semakin panas. Dengan berbagai pilihan wisata dan udara yang sejuk, Bandung sering menjadi tempat wisata yang populer.

Kalau masih bingung mau kemana, Dago bisa jadi pilihan yang tepat. Karena Dago menyimpan berbagai wisata, seperti wisata alam, seni dan kuliner.

Sebagai salah satu kawasan terkeren di kota Bandung, Dago juga menghadirkan berbagai kafe dan kafe estetis untuk berbagai kalangan mulai dari orang tua hingga anak muda. Berdasarkan rangkuman detikJabar, berikut 10 tempat wisata keren yang wajib dikunjungi saat bermain di kawasan Dago.

1. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda (Tahura) menawarkan kondisi alam yang asri dan masih alami dan sering menjadi tujuan utama para wisatawan yang mencari wisata alam tanpa perlu khawatir dengan akses dan jalur yang dilewati. Anda juga bisa melihat Gua Belanda dan Gua Jepang di Tahura.

Di pagi hari, Tahura sering menjadi alternatif bagi orang-orang yang ingin beraktivitas jalan-jalan pagi. Udara yang segar dan dingin membuat jalan pagi semakin menyenangkan.

Jangan khawatir kelaparan, nantinya akan ada beberapa toko dan stand makanan. Wisata ini juga cocok untuk fotografi bertema alam. Karena ada berbagai spot foto dengan background lembah, gunung atau pohon yang dijamin Instagrammable. Di kawasan Tahura juga terdapat air terjun Omas Maribaya yang terkenal dan tebing Keraton.

Alamat : Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.
Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket: Rp 12.000

2. Ahli Dago

Masih di sekitar kawasan Tahura, Dago Pakar terletak sedikit di bawah. Di tempat wisata ini terdapat berbagai taman bermain yang sangat menyenangkan bersama anak-anak.

Selain itu, kawasan di sekitar Dago Pakar juga menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Di sini wisatawan juga akan menemukan berbagai jenis flora dan fauna.

Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No. 497A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.
Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: Rp 12.000

3. Taman Impian Dago

Tempat Wisata di Dago Bandung.Tempat Wisata di Dago Bandung. Foto: Spesial

Wisata ini menawarkan pengalaman bermain wahana yang berbeda sambil menikmati keindahan alam dan sejuknya udara kota Bandung. Selain itu, Dago Dreampark menghadirkan taman bermain inovatif dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan berbagai jenis visual. Inovasi ini akan dihadirkan pada Alladin Carpet, Sky Bike, Magic Broom dan 26 wahana lainnya.

Namun, wisatawan harus merogoh kocek lebih dalam untuk memainkan berbagai wahana di sini. Misalnya, Anda harus membayar Rp 30.000 untuk bermain Flying Fox di sini. Namun, ada juga wahana gratis seperti kuda emas dan jembatan kupu-kupu.

Alamat : Jalan Dago Giri Km.2.2, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: hari kerja 09.00 – 17.00 WIB, akhir pekan pukul 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp 40.000 (weekdays), Rp 45.000 (weekends), Rp 65.000 untuk 2 orang (hanya untuk pemesanan via WhatsApp).

4. Paviliun Burung dan Bromelia

Tempat Wisata di Dago Bandung.Tempat Wisata di Dago Bandung. Foto: Spesial

Salah satu tempat wisata ramah anak di kawasan Dago adalah Paviliun Burung dan Bromelia. Di sini wisatawan bisa melihat sekitar 50 jenis burung seperti kakatua, burung Macau dan lain-lain.

Pengunjung tidak hanya dapat melihat burung di sana, tetapi juga memberi makan beberapa burung. Selain aneka burung, pengelola juga menyediakan aneka tumbuhan langka di tempat wisata ini.

Alamat: 5J5Q+J3V, Jalan Akaza Utama, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB.
Tiket masuk: Rp 35.000 (weekdays), Rp 50.000 (weekends).

5. Kebun Binatang Bandung

Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoological Garden (Bazooga) atau Kebun Binatang Bandung yang memamerkan aneka satwa juga bisa menjadi tujuan wisatawan yang sudah menikah. Selain berwisata, bermain di Bazooga juga bisa memberikan wawasan tentang berbagai hewan yang ada di sana.

Kebun Binatang Bandung memiliki total 213 koleksi satwa, termasuk 79 satwa yang tergolong dilindungi. Selain melihat hewan, Bazooga juga menawarkan teater hewan, taman bermain anak-anak, perahu dayung, dan banyak lagi.

Alamat : No. 17 Jalan Tamansari, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.
Jam operasional: Setiap hari, 10 pagi – 4 sore WIB.
Harga tiket: Rp 50.000

6. Pojok Desa Kreatif Dago

Tempat Wisata di Dago Bandung.Tempat Wisata di Dago Bandung. Foto: Spesial

Pecinta seni akan langsung jatuh cinta saat berkunjung ke desa kreatif Dago Pojok ini. Pasalnya, hasil karya pelukis dalam berbagai warna memenuhi dinding rumah warga di gang kecil tersebut.

Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengunjungnya tentang seni dan kreativitas, Kampung Kreatif Dago Pojok juga menghadirkan workshop boneka. Ada juga kursus gratis untuk anak-anak yang tertarik dengan seni.

Alamat : No.95 Jalan Dago Pojok, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.
Jam operasional: Setiap hari, 08:00 – 22:00 WIB
Biaya masuk: Gratis

7. Selasar Sunaryo Art Space

Merupakan salah satu galeri seni paling terkenal di kota Bandung dan dibangun pada tahun 1993-1997 oleh Sunaryo, seorang seniman Bandung yang juga dosen seni di Institut Teknologi Bandung (ITB). Galeri ini merupakan perwujudan cita-cita dan impian Sunaryo dalam dedikasinya terhadap seni.

Selain lukisan, Selasar Sunaryo Art Space juga menampilkan berbagai patung dan multimedia visual. Selain melihat karya seni, pengunjung juga bisa melihat konser musik, pemutaran film, membaca karya sastra, dan lain sebagainya.

Alamat : Bukit Pakar Timur No. 100, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung.
Jam operasional: Selasa – Minggu, 10 pagi – 11 malam WIB.
Biaya masuk: Gratis

8. Batu Wot

Wot Batu masih menjadi bagian dari Selasar Sunaryo Art Space dan menawarkan wisata spiritual. Dikenal juga sebagai Stone Garden Padalarang, wisata ini mengajak pengunjung untuk memaknai kehidupan di dunia fana ini dan kehidupan yang akan datang.

Wot Batu dapat direfleksikan dan dimaknai sebagai jembatan spiritual manusia. Selanjutnya, pengunjung memasuki lorong berdinding tinggi yang disebut Batu Abah (ayah) dan Batu Ambu (ibu). Kedua batu tersebut melambangkan Adam dan Hawa sebagai nenek moyang umat manusia.

Alamat : No. 98 Jalan Bukit Pakar Timur, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung.
Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket: Rp 50.000

9. Ruang Kreatif Lawangangi

Galeri seni lainnya di kawasan Dago juga tak kalah terkenal. Dengan galeri seni, ruang desain, dan restoran yang menghadap ke pegunungan, Lawangwangi Creative Space selalu memanjakan mata para pengunjungnya.

Galeri Seni Lawangwangi juga aktif mengadakan pameran seni rupa bulanan di tingkat nasional dan internasional. Tur yang dibangun dengan tujuan untuk mempromosikan seniman ini secara rutin memenangkan Penghargaan Seni Kontemporer Bandung tahunan.

Alamat : Jalan Dago Giri 99A, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Waktu Operasi: Selasa – Jumat 10:00 – 22:00 WIB dan Sabtu – Minggu 10:00 – 23:00
Biaya masuk: Gratis

10. Berbagai kafe

Distrik Dago juga terkenal dengan banyak kafe estetis, pemandangan indah, dan berbagai restoran mewah. Tak heran jika banyak anak muda atau orang tua menghabiskan akhir pekan di Dago.

Sebut saja 372 Dago Pakar Coffee, Risa Coffee Dago Journal, Two Hands Full, D’Pakar Cafe, Congo Gallery and Cafe dan masih banyak lagi. Berbagai kafe dan kedai kopi di Dago juga menawarkan harga yang berbeda-beda, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

(tey/tey)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button