10 menara pantai yang paling banyak dikunjungi di Tegal - WisataHits
wisatahits

10 menara pantai yang paling banyak dikunjungi di Tegal

Tertarik dengan liburan pantai? Jangan lupa jelajahi pantai-pantai terbaik di Tegal Jawa Tengah. Destinasi wisata bahari yang populer, eksotik dan paling banyak dikunjungi untuk destinasi liburan yang seru dan berkesan.

Tegal merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan wartegnya. Selain warteg, ternyata Tegal juga memiliki banyak objek wisata bahari yang eksotik dan menakjubkan. Dimana pantai sendiri menjadi salah satu favorit kunjungan semua orang dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga, sahabat maupun orang tersayang.

Jika Anda ingin berkunjung ke Tegal, berikut beberapa rekomendasi wisata pantai yang akan membuat liburan Anda semakin seru dan berkesan.

1. Pantai Purwahamba yang Indah

Wisata Pantai Purwahamba yang IndahKredit gambar: Google Maps Noveri Tahalea

Destinasi wisata pantai pertama yang wajib anda kunjungi saat liburan di Tegal adalah pantai Purwahamba Indah. Pantai ini berada di kawasan Purwahamba, Suradadi, dan sebenarnya merupakan bagian dari Pantura atau Pantai Utara. Pantai yang sering disebut Purin yang artinya Purwahamba Indah ini memiliki ombak yang tenang sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mencari ketenangan.

Meski tidak ada pasir putih bersih, panorama yang disajikan Pantai Purwahamba Indah sangat mempesona. Wisata bahari yang terletak di utara pulau Jawa ini bahkan cukup ramai dikunjungi pengunjung pada sore hari. Karena suasana senja disini sangat indah, sangat cocok untuk kalian para pemburu sunset. Anda bisa mengabadikan berbagai foto menarik dengan latar belakang matahari terbenam di balik deburan ombak laut yang tenang.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pemuda No.40, Purwahamba, Kec. Suradadi, kota Tegal, Jawa Tengah.

2. Pantai Muarareja yang Indah

Wisata Pantai Muarareja yang IndahKredit gambar: Imam Mustaji https://www.google.com/maps/contrib/106492699551235277525

Pantai Muarareja Indah terletak di wilayah Brawijaya, Muarareja, dan memiliki banyak pohon pinus di sekitar pantai. Anda bisa bersantai di bawah pohon cemara, ditemani semilir angin laut. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati sunset di bawah pohon pinus. Ditambah dengan pasirnya yang berwarna hitam kecokelatan membuat suasana pantai semakin eksotis.

Untuk menuju lokasi pantai, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari pusat kota. Di mana Anda bisa masuk melalui salah satu gerbang pantai, karena Pantai Muarareja Indah memiliki dua pintu masuk utama. Yang pertama datang dari depan kantor kecamatan Muarareja, dan yang kedua datang dari arah barat melalui TPI atau tempat pelelangan ikan Muarareja.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

3. Rentang Larangan

Larangan wisata pantaiKredit gambar: R Praba https://www.google.com/maps/contrib/106120466333229373765

Pantai Larangan terletak di kawasan Desa Larangan dan cukup tersembunyi dari dunia luar. Bahkan tidak ada papan petunjuk khusus yang menunjukkan lokasi wisata pantai ini, jadi Anda harus jeli dan jangan malu bertanya kepada warga sekitar. Karena tempatnya belum banyak dijamah, pantai ini masih sangat asri dan bersih. Anda juga bisa menemukan deretan pohon cemara yang tumbuh subur di area pantai.

Begitu sampai di pantai, Anda akan disambut oleh angin sejuk. Ditambah lagi dengan ombaknya yang begitu tenang, Anda bisa berenang atau sekedar berbasah-basahan menikmati pesona pantainya. Pantai Larangan ini belum dikelola oleh pemerintah sehingga fasilitas yang ada masih sedikit. Jadi jangan lupa untuk mengunci kendaraan anda sebelum bermain di pantai.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Chanos, Munjung Agung, Kec. Kramat, kota Tegal, Jawa Tengah.

4. Pantai Randusanga

Sejarah pantai Randusanga yang indahKredit gambar: Alton Super https://www.google.com/maps/contrib/106153448558950712682

Wisata laut yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Randusanga yang terletak di kawasan Randusanga Wetan. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas memadai yang disediakan pengelola. Mulai dari tempat parkir, kamar pembilasan, toilet, dll. Selain itu tentunya anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan hamparan laut biru yang indah.

Pengunjung juga dapat menyewa perahu wisata untuk menyusuri pantai dan menikmati suara ombak yang tenang. Karena ombaknya cukup tenang, Anda juga bisa berenang atau sekadar bermain basah di bagian dekat pantai. Bahkan bagi Anda yang hobi memancing, hobi tersebut bisa Anda salurkan ke muara Sungai Sigeleng.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

5. Pantai alami yang indah

Alamat Pantai Alam IndahKredit gambar: Google Maps John Stefanus Chandra

Pantai Alam Indah merupakan salah satu tempat wisata andalan di Tegal, dimana objek wisata ini memiliki garis pantai sekitar 500 meter. Dengan panjangnya garis pantai, Anda bisa lebih leluasa menikmati keindahan laut, bahkan di sini disediakan jalur khusus bagi pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan pantai. Karena itu Anda dapat berjalan di sepanjang pantai di jalur lanskap, dan manjakan mata Anda dengan pesona yang ada di sana.

Selain itu, ada beberapa fasilitas di pantai yang bisa Anda coba. Seperti waterboom, kampung seni, monumen bahari, panggung hiburan, pos pengamatan untuk menikmati pemandangan, perahu wisata untuk menyusuri tepi pantai, dan berbagai warung di sepanjang pantai. Di warung-warung tersebut, Anda bisa mencicipi berbagai variasi seafood yang begitu menggugah selera dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

6. Pantai Padaharja

Wisata di Pantai PadaharjaKredit gambar: Mohammad Dimas Maulana https://www.google.com/maps/contrib/106338459767610257693

Pantai Padaharja merupakan salah satu objek wisata pantai yang wajib dikunjungi saat liburan di Tegal. Pantai ini menawarkan panorama alam yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya, kawasan yang masih sepi pengunjung membuat suasana pantai sangat damai. Selain itu, pantai Padaharja juga selalu sangat asri dan sejuk, ditambah dengan pepohonan hijau yang tumbuh disekitarnya.

Di sini Anda bisa merasakan suasana private yang sangat tenang jauh dari hiruk pikuk kota. Tentunya berbagai aktivitas pantai juga bisa Anda lakukan di sini, seperti bermain pasir, berenang, bermain basah, dll. Melihat matahari terbenam dari pantai juga merupakan ide bagus yang bisa Anda lakukan di sini. Apalagi jika Anda menyaksikan pemandangan indah bersama pasangan.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Padaharja, Kec. Kramat, kota Tegal, Jawa Tengah.

7. Pantai Pulau Kodok

Akomodasi murah yang paling dekat dengan Pantai Pulau KodokKredit gambar: Khudzil Afwan https://maps.google.com/maps/contrib/110956955400046915689

Pantai Pulau Kodok terletak di kawasan Panggung, sebelah timur Tegal, dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga di Tegal. Bukan tanpa alasan pantai ini disebut Pulau Katak, menurut koordinator setempat, kawasan ini dulunya merupakan tambak yang digunakan untuk memancing. Di tengah kolam terdapat gunung tanah yang menjulang cukup tinggi, di dalamnya terdapat banyak katak.

Karena itulah hingga saat ini pantai tersebut dinamakan Pantai Pulau Kodok. Pantai ini masih alami, dengan suasana yang segar dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Meski masih alami, berbagai fasilitas memadai bisa Anda temukan di destinasi ini. Seperti kamar mandi bilas, tempat duduk, tempat bermain anak, camping, tempat karaoke, serta beberapa warung pinggir pantai yang menawarkan berbagai makanan ringan dan minuman.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Stadion, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

8. Pantai Dampyak

Wisata Pantai DampyakKredit gambar: Azam Jauhari https://www.google.com/maps/contrib/100181116407833074021

Pantai ini juga sering disebut Pantai Dundayani atau durung diarani yang artinya belum diberi nama tertentu. Karena letaknya di kawasan Dampyak, pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Dampyak. Lokasinya masih tersembunyi dan belum banyak dijamah wisatawan. Namun siapa sangka ternyata Pantai Dampyak ternyata memiliki potensi wisata yang begitu besar.

Sesampainya di lokasi pantai, Anda akan disambut oleh pohon bakau yang menghiasi setiap bibir pantai. Berbeda dengan pantai lainnya, di sini Anda tidak akan menemukan pohon kelapa. Dengan pantai yang tidak terlalu luas dan dipenuhi pasir lembut, Pantai Dampyak akan asyik dijelajahi tanpa alas kaki. Rasakan juga sensasi deburan ombak yang menerjang ke arah pantai dan membuat mata kaki Anda basah.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Balongan, Dampyak, Kec. Kramat, kota Tegal, Jawa Tengah.

9. Pantai Marlin

Wisata Pantai MarlinKredit gambar: Toni Firmansyah 2 https://www.google.com/maps/contrib/104916280602245284300

Pantai selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berada di Tegal adalah Pantai Marlin. Pantai ini terletak di kawasan Desa Peleman dan memiliki suasana yang alami dan sangat menyejukkan mata. Meski dikenal cukup angker, karena pernah ada kasus anak tenggelam di sini, pesona Pantai Marlin tak pernah surut di mata wisatawan. Masih banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berjalan-jalan menyusuri pantai.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Raya Pantura No.KM11, Pandan Laut, Sidoharjo, Kec. Suradadi, kota Tegal, Jawa Tengah.

10. Pantai Batam Sari

Wisata Pantai Batam SariKredit gambar: Google Maps Komar Pandev

Terakhir ada pantai Batam Sari yang berada di kawasan desa Panggung dan tentunya tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Tegal. Lokasi pantai ini cukup mudah untuk dikunjungi, karena hanya berjarak sekitar satu kilometer dari jalan menuju Pantura. Sesampainya di lokasi pantai, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan pantai yang indah. Hamparan pasir putih kecoklatan yang menyatu dengan birunya laut dijamin memanjakan mata.

Selain itu, di sini Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Tegal yang disediakan oleh beberapa warung yang ada di pinggir pantai. Salah satu menu utama yang wajib Anda nikmati adalah soto tauco yang dipadukan dengan tempe mendoan setengah matang. Sebagai pelengkap, penjual juga akan menawarkan teh gula batu yang merupakan teh manis khas Tegal yang siap melegakan tenggorokan.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Batam III, Stadion, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Beberapa wisata pantai ini sayang untuk dilewatkan saat liburan ke Tegal, karena selain bisa menikmati wisata bahari, Anda juga bisa memanfaatkan langsung kuliner khas Tegal di warung pinggir pantai. Selain itu, sebagian wisata bahari di Tegal masih sangat alami sehingga masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Destinasi ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button