10 Kuliner Petis Paling Enak di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

10 Kuliner Petis Paling Enak di Surabaya

10 Kuliner Petis Paling Enak di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Berkunjung ke Kota Pahlawan belum lengkap rasanya jika belum menikmati wisata kuliner di Surabaya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Di Kota Pahlawan, ada berbagai jenis kuliner berbahan dasar petis yang bisa dipilih seperti: B. Tahu, tahu campur, mie lontong dan sebagainya.

Nah berikut ini adalah sederet kuliner khas surabaya berbahan baku terasi yang bisa anda cicipi.

1. Mengenal teknologi

Tahu tek surabaya merupakan salah satu kuliner surabaya yang dibuat dengan bumbu terasi. Resep Tahu Tek Surabaya ini menggunakan campuran terasi dan ikan yang membuatnya semakin nikmat.

2. Mie Lontong

Lontong mi merupakan makanan yang terdiri dari irisan tahu, potongan lontong, tauge, dan mie kuning, kemudian disajikan dengan kuah pes.

Makanan ini tidak hanya kamu temukan di pedagang kaki lima, tapi juga di menu restoran lho. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan melihat referensi resep mie lontong di beberapa postingan resep di media sosial.

3. Tahu campur

Tahu surabaya campur ini disajikan dengan mie, rujak, tauge, kerupuk, lento, daging, cingur atau kikil dan tahu. Inilah perbedaan antara Tahu Campur Lamongan dan Tahu Campur Surabaya.

4. Lomba Lontong

Selain mie lontong, salah satu makanan yang identik dengan lentho ini juga banyak penggemarnya. Lontong balap berbeda dengan lontong kupang dan mie karena makanan ini lebih nikmat jika disajikan dengan sate kerang.

5. Rujak Cingur

Rujak Cingur Surabaya merupakan makanan yang paling banyak diminati dan dicari oleh banyak orang. Karena masakan ini memiliki rasa dan isian yang berbeda dengan rujak lainnya.

6. Lontong Kupang

Saat menyajikan makanan, lontong dipisahkan dari sate kerang. Untuk penyajiannya, lontong kupang ini dicampurkan ke dalam kuah dan ditambahkan lentho, irisan tahu dan juga irisan lontong.

7. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi Surabaya merupakan hidangan shamrock kukus yang dinikmati dengan sambal pecel pedas, tauge, kangkung dan kerupuk puli.

8. Tahu Telur

Tak hanya tahu, sajian kuliner dari Petis di Surabaya selanjutnya adalah Tahu Telur. Makanan ini menggunakan tahu goreng yang dibungkus dengan telur kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan terasi.

9. Rujak dengan buah manis

Selain Rujak Cingur, Surabaya juga memiliki rujak buah yang menggunakan petis sebagai bahan utamanya.

10. Salad Tolet

Sajian kuliner berbahan dasar petis di surabaya berikutnya yaitu rujak tolet. Rujak ini umumnya menggunakan terasi, kecap manis, cabai rawit, bawang putih, serta diisi dengan berbagai jenis buah dan gorengan. (frs/tidur siang)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button