10 gunung tertinggi di Indonesia, sebagian tertutup salju abadi - WisataHits
Jawa Barat

10 gunung tertinggi di Indonesia, sebagian tertutup salju abadi

KOMPAS.com – Indonesia adalah negara dengan banyak pegunungan tinggi. Beberapa gunung di Indonesia masih aktif, sehingga disebut sebagai cincin Api.

mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifgunung tertinggi di indonesia menjadikan negara ini sebagai tujuan wisata wisata olahraga yang digandrungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

wisata olahraga Pariwisata adalah kombinasi dari olahraga dan pariwisata.

Baca Juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Mulai 14-21 Agustus 2022

Gunung tertinggi di Indonesia

Berikut ini adalah daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia sebagaimana dikutip dari situs tersebut: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kompas.com.

1. Puncak Jaya (4.884 m)

Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia. Berdasarkan informasi dari situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifPuncak Pulau Jawa memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Jaya adalah bagian dari pegunungan Jayawijaya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Gunung Puncak Jaya PapuaShutterstock Gunung Puncak Jaya Papua

Salah satu daya tarik Puncak Jaya adalah selalu tertutup salju sehingga dikenal sebagai salju abadi. Gunung tempat wisata olahraga ini berada adalah gunung batu (batu kapur).

Tidak hanya di Indonesia Puncak Jaya dinobatkan sebagai salah satu KTT Tujuh Dunia. Untuk mencapai puncak, pendaki harus memiliki keterampilan mendaki yang mumpuni.

Baca Juga: 5 Gunung di Sekitar Wisata Dieng yang Bisa Kamu Panjat

2. Gunung Sumantri (4.870m)

Gunung tertinggi kedua adalah Gunung Sumantri. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (30 Oktober 2021) Gunung Sumantri menjulang hingga 4.870 meter di atas permukaan laut.

Mirip dengan Puncak Jaya, puncak Gunung Sumantri juga tertutup salju abadi. Lokasi Gunung Sumantri berada di Provinsi Papua Barat, tidak jauh dari puncak Pulau Jawa, sekitar dua kilometer ke arah utara.

Daya tarik Gunung Sumantri adalah salju abadi yang terhampar di bebatuan berwarna abu kehitaman. Keterampilan mendaki yang terampil diperlukan untuk mendaki Gunung Sumantri karena medannya cukup curam.

Baca Juga: 5 Gunung Ramah Pemula di Jawa Tengah Sempurna untuk Liburan 17 Agustus

3. Bukan Pulu (4.862 m)

Gunung tertinggi berikutnya masih berada di Pegunungan Jayawijaya yaitu Ngga Pulu dengan ketinggian 4.862 m.

Puncak Ngga Pulu juga diselimuti oleh selimut salju. Namun, berdasarkan informasi dari Berita Tribun(22.4.2010) permukaan es di puncak Ngga Pulu semakin berkurang akibat pemanasan global.

Tim Bravo ekspedisi Tujuh Puncak Dunia dari Wanadri bersiap mengikuti jalur es menuju puncak Nggapulu atau Soekarno di ketinggian kurang lebih 4.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), kawasan Pegunungan Jayawijaya, Papua , Senin (19/4/2010).  Pendakian ke puncak Nggapulu memungkinkan tim untuk membiasakan diri dengan medan dan menyesuaikan diri sebelum menuju ke puncak Carstensz Pyramid atau Ndugu-Ndugu, yang berada di ketinggian 4.884m di atas permukaan laut. KOMPAS/HARRY SUSILO Tim Bravo Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia dari Wanadri bersiap mendaki jalur es Puncak Nggapulu atau Puncak Soekarno di ketinggian sekitar 4.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), Pegunungan Jayawijaya, Papua, Senin ( 19.4.2010). Pendakian ke puncak Nggapulu memungkinkan tim untuk membiasakan diri dengan medan dan menyesuaikan diri sebelum menuju ke puncak Carstensz Pyramid atau Ndugu-Ndugu di ketinggian 4.884m.

4. Puncak Mandala (4.760 m)

Pegunungan Jayawijaya adalah rumah bagi puncak gunung tertinggi di Indonesia. Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/12/2021) ketinggian Puncak Mandala adalah 4.760 m.Pada masa penjajahan Belanda, Puncak Mandala dikenal dengan sebutan Puncak Juliana atau Puncak Juliana.

Seperti puncak lainnya di Pegunungan Jayawijaya, Puncak Mandala diselimuti salju. Namun karena pemanasan global, salju di Puncak Mandala sudah mulai berkurang.

Baca Juga: Gunung Raung Meletus, Jalur Pendakian Ditutup

5. Puncak Trikora (4.750m)

Gunung tertinggi berikutnya masih ada di Papua yaitu Puncak Trikora. Gunung di Papua Barat ini memiliki ketinggian 4.750 meter di atas permukaan laut.

Penduduk setempat menyebut Puncak Trikora dengan nama Puncak Ettiakup. Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous dan Hutan Dipterokarpa Atas.

Ilustrasi gunung - Pemandangan kawah Gunung Rinjani (SHUTTERSTOCK/K_Boonnitrod).SHUTTERSTOCK/K_Boonnitrod Gambar gunung – menghadap ke arah kawah Gunung Rinjani (SHUTTERSTOCK/K_Boonnitrod).

6. Bukan Pilimsite (4.717 m dpl)

Ngga Pilimsit juga berada di provinsi Papua, tepat di pegunungan Maoke. Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 meter di atas permukaan laut.

Pada masa penjajahan Belanda, Ngga Pilimsit disebut Gunung Idenburg. Gunung ini menawarkan pemandangan yang eksotis dan kaya akan keanekaragaman flora dan fauna.

Baca juga: Puncak Botorono Temanggung, Keindahan Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

7. Gunung Kerinci (3.805 m)

Juga gunung tertinggi di Indonesia tersebar di pulau Sumatera. Gunung tertinggi di pulau Sumatera adalah Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Berdasarkan informasi dari situs web Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Situs Gunung Kerinci berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi. Lebih tepatnya di Taman Nasional Kerinci Seblat, taman nasional terbesar di Indonesia.

Baca juga: 8. Wisata alam di Taman Nasional Kerinci Seblat Dibuka Kembali, Ada Kuota Pengunjungnya

Gunung Kerinci dari Perkebunan Teh Kayu AroKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Kerinci dari perkebunan teh Kayu Aro

Satu dari Seven Summit Indonesia telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia atau Warisan Dunia oleh kategori Warisan hutan hujan tropis Sumatera.

Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

8. Gunung Rinjani (3.726m)

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut ini merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Indonesia.

Lokasinya berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Indonesia.

Baca Juga : Rute Pendakian 3 Hari 2 Malam di Gunung Rinjani

Seorang pendaki dan tendanya dengan latar Segara Anak di Gunung Rinjani.KOMPAS.com/ANGGARA WAKAN PRASETYA Seorang pendaki dan tendanya dengan background Segara Anak di Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani memiliki banyak daya tarik sehingga menjadi tujuan para pendaki. Salah satunya adalah Danau Kaldera yang berada di puncaknya.

Selain itu, Gunung Rinjani Segara memiliki Anak yang berada pada ketinggian 2.003 meter di atas permukaan laut. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (17/7/2019) suhu harian air permukaan Danau Segara Anak berkisar antara 20 hingga 22 derajat Celcius, menjadikannya salah satu danau panas vulkanik terbesar di dunia.

9. Gunung Semeru (3.676 m)

Pulau Jawa juga merupakan rumah bagi gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Semeru. Terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung Semeru berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia karena kawahnya menyemburkan abu vulkanik setiap 20 menit.

Baca Juga: Panduan Wisata Simbar Semeru Lumajang, Nikmati Kemegahan Rooftop Pulau Jawa

Puncak Mahameru dilihat dari Seruni Point Gunung Bromo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Mahameru dilihat dari Titik Seruni Gunung Bromo.

Satu dari Seven Summit Indonesia Berada di bawah pengawasan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Daya tarik utama Gunung Semeru adalah medan yang bervariasi. Pendaki akan menemukan sabana, hutan cemara, danau, dan hutan Montana dalam perjalanan menuju puncak Gunung Semeru

Baca Juga : Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Simbar Semeru Lumajang

10. Gunung Latimojong (3.430m)

Pulau Sulawesi juga memiliki salah satu gunung tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Latimojong. Gunung setinggi 3.430 mdpl ini terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Puncak tertinggi Gunung Latimojong adalah Rante Mario.

Salah satu daya tarik Gunung Latimojong adalah memiliki spesies hewan yang berbeda-beda. Jika beruntung, pendaki bisa menjumpai anoa dan babi rusa selama pendakian.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button