10 gunung tertinggi di indonesia, dua di jawa timur - WisataHits
Jawa Timur

10 gunung tertinggi di indonesia, dua di jawa timur

Surabaya

Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak gunung termasuk gunung berapi yang masih aktif. Ada lebih dari 127 gunung di Indonesia, beberapa di antaranya tercatat sebagai gunung tertinggi dengan ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung tertinggi di Indonesia ini juga kerap menarik perhatian para pecinta alam dan pendaki. Karena mendaki gunung ini tidak hanya menantang, tapi juga menawarkan pemandangan yang indah.

tim detikJati telah merangkum 10 gunung tertinggi di Indonesia. Mulai dari Gunung Jaya Wijaya, Gunung Semeru, hingga Gunung Rinjani. Berikut adalah peringkatnya.

1. Gunung Puncak Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid)

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian tersebut, Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia.

Gunung yang terletak di Provinsi Papua ini merupakan bagian dari Pegunungan Barisan Sudirman. Menurut situs Kementerian Lingkungan Hidup, ada lima gletser (bongkahan es atau endapan yang besar dan tebal) di Puncak Jaya pada tahun 1998. Namun, sekarang hanya tersisa 3 gletser.

Hal ini terjadi karena gletser mencair akibat peningkatan suhu bumi, yang menyebabkan pemanasan global. Jika kondisi suhu di Bumi tetap pada level ini, NASA memprediksi semua gletser di Papua akan hancur dalam 20 tahun ke depan.

2. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Kerinci. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut.

Gunung Kerinci merupakan puncak tertinggi di jajaran pegunungan Bukit Barisan, yang membentang dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung. Gunung Kerinci terletak di perbatasan antara Kerinci, Provinsi Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3.762 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Gunung Rinjani menawarkan pemandangan yang indah karena terdapat padang rumput yang luas dan hutan tropis. Gunung ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya sekitar 41.330 ha.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru termasuk dalam wilayah 2 kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dan puncak tertingginya dikenal sebagai Mahameru. Dengan ketinggian tersebut, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa.

5. Gunung Sangar

Gunung Sanggar juga termasuk dalam salah satu daftar gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut. Namun, gunung ini tidak sepopuler gunung lainnya

Gunung Sanggar terletak di sebelah barat Nusa Tenggara. Gunung ini juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan Gunung Rinjani.

Tonton video Perjalananku, Petualanganku: Menjelajahi Gunung Jaboi di Aceh
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button