10 Foto Jembatan Api-Api Kulon Progo, Wisata Mangrove yang Instagrammable! - WisataHits
wisatahits

10 Foto Jembatan Api-Api Kulon Progo, Wisata Mangrove yang Instagrammable!

10 Foto Jembatan Api-Api Kulon Progo, Wisata Mangrove yang Instagrammable!

Jembatan Api-Api Kulon Progo – Tidak pernah sepi tempat wisata untuk dikunjungi, Yogyakarta kini membuka tempat wisata baru dengan tema wisata di hutan mangrove dan nama tempat wisata ini adalah Jembatan Api-api Kulon Progo.

Mengapa disebut Jembatan Api Kulon Progo? Nama ini diambil dari mangrove yang ditanam di sana, yaitu mangrove tipe api.

informasi Umum

Alamat: Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Biaya masuk: Rp5.000
Jam operasional: 06.00 – 19.00 WIB
Nomor telepon:-
Sebuah peta: Peta Google

Mangrove Jembatan Api-api Kulon Progo via Instagram.com @anggameiggieMangrove Jembatan Api-api Kulon Progo via Instagram.com @anggameiggie

Awalnya jembatan api Kulon Progo yang terbuat dari bambu digunakan masyarakat untuk menuju pantai, ada juga yang digunakan sebagai tempat pemancingan.

Namun seiring berjalannya waktu, untuk mendukung salah satu daya tarik wisata tersebut, Jembatan Api-api Kulon Progo direnovasi dan dibangun lebih baik serta beberapa fasilitas penunjang wisata juga ditambahkan.

Maka sejak saat itu banyak wisatawan yang datang ke hutan mangrove Kulon Progo untuk berfoto di jembatan di Kulon Progo ini.

Di jembatan Api-api Kulon Progo kini banyak terdapat spot foto yang menarik. Seperti di jembatan berbentuk love atau spot lainnya yang cocok untuk pasangan muda.

Sambil menikmati keindahan mangrove di sepanjang jalan, Anda juga bisa mengambil foto yang mungkin bisa Anda simpan sebagai oleh-oleh setelah berkunjung.

Bepergian dengan perahu motor melalui Instagram.com @hudashohibBepergian dengan perahu motor melalui Instagram.com @hudashohib

Kunjungi juga: 10 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Hits

Atau, jika ingin lebih menikmati hutan mangrove, Anda bisa menyewa perahu dan berjalan-jalan tanpa perlu khawatir lelah berjalan kaki. Untuk musala dan toilet juga tidak perlu khawatir, karena penghuni telah menyediakan fasilitas tersebut untuk kenyamanan pengunjung.

Yang menarik dari jembatan Kulon Progo Api-api ini Sesuai dengan namanya, jembatan ini merupakan hutan mangrove, sehingga kawasan ini memiliki banyak tajuk mangrove dari yang pendek hingga yang cukup tinggi.

Warna pohon hijau segar via Instagram.com @kemal.priarsoWarna pohon hijau segar via Instagram.com @kemal.priarso

Kunjungi juga: Obyek Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Pengembangan hutan mangrove ini dilakukan sepenuhnya secara swadaya oleh masyarakat atau warga setempat, yang terbagi dalam beberapa kelompok (pokdarwis).

Dan kini, di kawasan hutan bakau ini, setidaknya ada empat lokasi objek wisata. Antara lain yaitu Pantai Pasir Kadilangu, Jembatan Api-api, Wanatirta Pasir Mendir Maju dan Lestari. Ini akan berkembang lagi dalam waktu dekat.

Tempat Wisata Jembatan Api-Api Kulon Progo

Jika tertarik dengan Jembatan Api-api ini, datang saja ke Jangkaran di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Purworejo.

Silakan datang dari jam 6 pagi sampai jam 7 malam. Namun suasana akan lebih sejuk jika anda datang pada sore hari, karena anda bisa melihat matahari terbenam sekaligus sehingga pemandangan menjadi lebih indah.

Pemandangan Indah Jembatan Api Mangrove via Instagram.com @hudashohibPemandangan Indah Jembatan Api Mangrove via Instagram.com @hudashohib

Untuk lokasi Jembatan Mangrove Api-api lokasinya cukup mudah ditemukan, dari kota jogja juga sangat dekat, hanya sekitar 1,5 jam dari pusat kota yogyakarta.

Jika Anda datang dari Yogyakarta, silakan menuju ke Jalan Wates. Lurus terus hingga menemukan pertigaan Yi Ageng Serang yang ditandai dengan patung kuda.

Kemudian belok kiri ke arah Purworejo dan terus lurus hingga sampai di terminal Wates. Kemudian berjalanlah ke arah barat hingga menemukan rumah makan sederhana di Padang.

Dari pertigaan, belok kiri menuju jalan menuju pantai Congot. Seberangi jembatan, lalu belok kiri. Kemudian perhatikan tabel di atas dan cari tulisan “Jembatan Api-api Kulon Progo”.

Fasilitas pendukung

Untuk membuat wisatawan nyaman, pihak pengelola objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, berikut beberapa fasilitas penunjang yang akan membuat liburan anda semakin nyaman:

  • Parkir mobil yang luas
  • Kamar mandi yang memadai
  • ruang sholat
  • Tempat makan di sekitar tempat wisata

Tempat foto Instagramable melalui Instagram.com @yowesakuTempat foto Instagramable melalui Instagram.com @yowesaku

Harga Tiket Masuk Jembatan Api-Api Kulon Progo

Untuk mengikuti wisata Jembatan Api Kulon Progo, Anda hanya perlu membayar Rp 4.000 dan Anda bisa berjalan menyusuri jembatan tersebut. Jika ingin mencoba naik perahu cukup membayar Rp 5.000,- dan untuk biaya parkir motor Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo

Harga tiket per orang Rp5.000
Tarif parkir kendaraan
Sepeda motor Rp 2.000
Mobil Rp5.000
Minibus Rp 10.000

Wahana seru

Pengembangan mangrove jembatan api-apiPengembangan mangrove jembatan api-api

Obyek wisata mangrove Kulon Progo ini memiliki banyak sekali spot foto yang Instagramable untuk Anda berpose. Bukan hanya spot foto jembatan yang instagramable saja, masih banyak spot foto keren lainnya yang bisa kamu abadikan, jangan lupa untuk menerobos rimbunnya hutan bakau yang dilengkapi jalur berkelok-kelok membentuk labirin mini.

Sedangkan untuk jembatannya sendiri memiliki aksi penyeimbangan berkelok-kelok yang akan memicu adrenalin yang menantang.

Di hutan mangrove ini, wisatawan bisa menelusuri 4 jembatan besar yang melintasi sungai yang lebarnya sekitar 800 meter. Oh ya, tidak jauh dari jembatan tersebut terdapat sebuah gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai sejenak.

aktivitas yang menyenangkan

Berjalan di atas jembatan hutan bakau, jembatan apiBerjalan di atas jembatan hutan bakau, jembatan api

Tempat wisata di Kulon Progo yang Instagrammable ini awalnya berupa kolam milik warga setempat, namun karena berbagai wahana dan fasilitas yang modern, membuatnya sangat digemari oleh para wisatawan, terutama kalangan muda.

Tempat wisata yang membelah anak sungai Bogowonto ini sarat dengan spot foto yang instagrammable. Jembatan yang dibangun pengelola itu mengelilingi areal seluas kurang lebih 3 hektare. Bagi wisatawan yang ingin berwisata menggunakan perahu bisa menyewa perahu seharga Rp 5.000 per orang.

Galeri foto

Wisata Mangrove Jembatan Api MJAA Kulon Progo.  melalui Google Maps Fadilah ArdiyantiWisata Mangrove Jembatan Api MJAA Kulon Progo. melalui Google Maps Fadilah Ardiyanti
Spot instagramable jembatan kembar favorit turis via Google Maps @Lody SanjayaSpot instagramable jembatan kembar favorit turis via Google Maps @Lody Sanjaya
Kapal milik nelayan di MJAA via Google Maps @Trisno Ary BudiKapal milik nelayan di MJAA via Google Maps @Trisno Ary Budi

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button