10 Foto Danau Kaolin Belitung: Tiket, Atraksi, Spot Instagrammable - WisataHits
wisatahits

10 Foto Danau Kaolin Belitung: Tiket, Atraksi, Spot Instagrammable

10 Foto Danau Kaolin Belitung: Tiket, Atraksi, Spot Instagrammable

Pesona Danau Kaolin Belitung – Pulau Belitung atau dalam bahasa setempat disebut Belitong merupakan destinasi wisata yang terletak di lepas pantai bagian timur pulau Sumatera.

Pulau ini tidak hanya terkenal dengan obyek wisata baharinya yang sangat indah, di kawasan Pulau Belitung terdapat sebuah danau yang terbentuk dari sisa-sisa eksploitasi alam yang terjadi dijadikan sebuah danau yang indah bernama Danau Kaolin.

Pesona Danau Kaolin Belitung sudah cukup dikenal wisatawan selama beberapa tahun. Meski kawasan di sekitarnya terlihat rusak, namun danau ini justru tampil dengan pesona tersendiri sebagai tempat wisata di Belitung yang layak untuk dikunjungi.

Lokasi Danau Kaolin

Keindahan Danau Kaolin Belitung yang mempesona melalui Instagram.com @r_utamiwKeindahan Danau Kaolin Belitung yang mempesona melalui Instagram.com @r_utamiw

Danau Kaloin terletak di kawasan Pulau Belitung yang secara administratif masih berada di Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Mengakses lokasi Danau Kaolin tidaklah sulit, cukup dekat dengan bandara. Setelah turun dari pesawat di Bandara Tanjung Pandan (Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin), Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Jalan Murai. Perjalanan menuju lokasi danau hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Lokasi Danau Kaolin berada tepat di pinggir jalan, sehingga Anda tidak perlu melakukan trek yang berat untuk mencapai lokasi tersebut. Danau ini terbuka untuk umum, sehingga siapapun bisa memasuki kawasan danau dan menikmati pesona Danau Kaolin Belitung.

Biaya masuk

Kabar baiknya bagi kalian yang ingin bermain disini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Wah seru banget bisa menikmati danau seindah ini tanpa harus bayar tiket masuk.

Jalan menuju lokasi danau

Telaga ini mudah diakses karena terletak di dekat pusat Tanjung Pandan, dapat ditempuh dengan mobil sekitar 10 menit.

Disarankan bagi Anda yang ingin ke Telaga Biru menggunakan kendaraan umum, karena tidak banyak jalur angkutan umum yang menuju ke danau ini.

Bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar lokasi danau, tersedia berbagai penginapan dan hotel untuk Anda bermalam di sekitar danau.

pesona-bukti-megah-kaolin-danauBukti pesona keindahan danau kaolin via Instagram.com @fiowanda

Pesona Danau Kaolin Belitung

Keindahan Danau Kaolin terletak pada warna airnya yang sangat jernih, hijau tosca. Dari kejauhan, Anda akan melihat air danau yang berkilauan karena memantulkan cahaya. Keadaan tanah di sekitarnya juga memutih akibat aktivitas penambangan, sehingga sekilas terlihat seperti kawah akibat letusan gunung berapi.

Pesona danau Kaolin Belitung tidak hanya sampai disitu saja, gundukan tanah yang terbentuk disekitar area danau seolah menjadi perbukitan yang membatasi area danau ini. Tanah yang sudah memutih membuat pemandangan cukup menarik, seperti anda berada di Gunung Bromo hanya saja warnanya lebih putih.

Danau Kaolin di Belitung melalui Instagram @aaronnhloDanau Kaolin di Belitung melalui Instagram @aaronnhlo

Gundukan dan bukit-bukit kecil ini terbentuk di sepanjang danau, saling terhubung satu sama lain membentuk pola yang sangat indah. Ada gundukan berbentuk naga raksasa sementara yang lain tampak seperti perbukitan yang terbentuk secara alami.

Padahal sebenarnya semua yang ada di Danau Kaolin merupakan hasil dari kegiatan eksploitasi yang berlebihan melainkan berubah menjadi karya alam yang sangat indah.

Pesona Danau Kaolin Belitung merupakan destinasi yang sangat indah bagi Anda para fotografer. Ada banyak pemandangan indah yang bisa Anda abadikan dengan kamera Anda. Tak heran jika telaga ini selalu ramai dikunjungi anak muda yang ingin berfoto di dasar telaga dengan air biru jernih dan hijau toska yang indah.

Tempat ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan prewedding. Bahkan beberapa film independen buatan anak bangsa tak pernah melewatkan Danau Kaolin sebagai salah satu lokasi syutingnya.

Fasilitas di Danau Kaolin

Danau Kaolin sebenarnya merupakan sisa-sisa kawasan pertambangan tua yang sampai saat ini belum resmi difungsikan sebagai tempat wisata, sehingga belum ada fasilitas yang memadai di sana.

Semua keindahan yang Anda lihat di danau ini hanyalah sisa-sisa eksploitasi alam yang kebetulan berubah menjadi objek wisata yang indah. Jadi Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sendiri sebelum mengunjungi danau ini.

Daya tarik

Telaga yang memiliki daya tarik yang luar biasa ini telah menghebohkan media sosial, dengan warna hijau tosca nya yang terlihat sangat indah jika diabadikan dengan kamera handphone anda, berikut beberapa daya tarik telaga ini yang bisa anda kunjungi :

Kawah kembar White di Ciwidey, Bandung

Kembar Kawah Putih di Ciwidey, Bandung via Instagram.com @billydavidson_Kembar Kawah Putih di Ciwidey, Bandung via Instagram.com @billydavidson_

Memang tidak salah jika menyamakan danau koalin ini dengan kawah putih Ciwidey Bandung, karena warnanya sangat mirip, perbedaannya hanya danau ini tidak berbau belerang seperti kawah putih Ciwidey.

Keindahan timbunan kaolin yang terlihat seperti perbukitan yang diselimuti salju

Keindahan timbunan kaolin yang terlihat seperti perbukitan yang diselimuti saljuKeindahan timbunan kaolin yang terlihat seperti perbukitan yang diselimuti salju

Sepintas, timbunan batu bara di tepian danau ini terlihat seperti salju. Dengan wilayah yang sangat luas sejauh mata memandang, Anda akan melihat mineral batu bara ini menutupi bumi seperti salju yang menutupi bumi.

Bukan hanya danaunya saja, di sekitar danau juga terdapat anak sungai kecil, pegunungan batu bara hasil tambang yang berwarna putih bersih mirip bukit salju.

Aktivitas Seru di Danau Kaolin

Aktivitas Seru di Danau KaolinAktivitas Seru di Danau Kaolin

Pastinya sudah tidak sabar untuk bermain di danau koalin ini kan? Keindahan danau ini menjadi daya tarik bagi setiap orang, pemandangan indah warna air yang indah dan tumpukan material karbon menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta fotografi. Banyak spot foto yang akan disuguhkan kepada Anda instagrammablejadi tidak jarang juga berfoto sebelum pernikahan di sekitar danau.

Danau ini juga merupakan salah satu tempat berburu terbaik Matahari terbit juga tidak matahari terbenam yang pas banget, sebaiknya jangan datang saat matahari sedang terik, karena suhu disini bisa sangat panas, jadi pagi atau sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk kesini.

Akomodasi di kawasan Danau Kaolin

Untuk urusan akomodasi, bagi anda yang berasal dari luar Belitung, ada beberapa hostel yang bisa anda gunakan untuk bermalam. Tetapi Anda harus melakukan perjalanan ke kota Tanjung Pandan.

Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa Anda sewa mulai dari hotel kelas melati, wisma, hostel hingga hotel dengan fasilitas mewah dan lengkap.

Tips Mengunjungi Danau Kaolin

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Danau Kaolin adalah sore atau dini hari. Jika Anda datang saat matahari sedang terik, Anda harus bersiap dengan resiko panas yang tinggi di sekitar danau.
  • Pantulan cahaya dari air danau ini sangat menyilaukan di siang hari. Sehingga akan sulit mendapatkan hasil foto yang bagus jika hanya menggunakan kamera handphone.
  • Bawa snack dan minuman sendiri.

* * * * *

Kini Anda memiliki gambaran tentang pesona Danau Kaolin Belitung yang melegenda. Saatnya berkumpul dengan orang-orang terdekat dan segera rencanakan liburan ke Pulau Belitong. Jangan lupa untuk mengunjungi Danau Kaolin yang tidak akan mengecewakan Anda. Selamat berlibur.

Kunjungi juga: 31 Tempat Wisata di Bangka Belitung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button