10 aturan penting bagi wisatawan yang berkunjung ke Tibet - WisataHits
Jawa Tengah

10 aturan penting bagi wisatawan yang berkunjung ke Tibet

10 Aturan Penting Bagi Turis untuk Mengunjungi Tibet-Gambar-1Tibet – BBC

Tibet, Bolong.ID – Tibet, China kini banyak dikunjungi wisatawan. Tetapi turis asing perlu mengoordinasikan agen perjalanan. Tidak bisa perorangan.

Dilansir dari China Highlights (27 Desember 2022), turis asing perorangan dilarang masuk ke Tibet. Hanya paket wisata yang diperbolehkan.

Tibet sekarang sangat mudah dikunjungi oleh ekspatriat China. Saat ini merupakan waktu yang tepat yaitu liburan natal dan tahun baru.

Berikut adalah 10 pembatasan perjalanan di Tibet.

1. Tibet terbuka untuk turis asing

Tibet telah dibuka kembali untuk orang asing setelah ditutup karena COVID-19.

Sekarang, ekspatriat China saat ini dapat dengan mudah berkeliling China hampir tanpa batasan, termasuk ke Tibet.

Sekarang, jika Anda berada di luar China, Anda harus mengajukan visa terlebih dahulu untuk memasuki China dan kemudian melakukan perjalanan ke Tibet dari kota mana pun di China.

2. Izin Tibet diperlukan untuk mengunjungi Tibet

Semua warga negara asing (non-pemegang paspor China), termasuk orang asing yang tinggal di China, memerlukan Izin Masuk Tibet untuk memasuki Tibet. Secara umum, mendapatkannya tidak rumit.

Siapkan saja paspor dan visa China Anda, atau izin kerja jika Anda bekerja di China.

Izin Masuk Tibet untuk Ekspatriat di Tiongkok

Tidak perlu menunggu! Anda dapat mengunjungi Tibet sekarang atau untuk liburan Anda berikutnya – mungkin Natal/Tahun Baru atau 2023.

salinan paspor

Salinan visa Cina

Salinan kode kesehatan hijau terakhir dari tempat tinggal.

Hasil tes asam nukleat COVID-19 negatif (dalam 7 hari)

Sertifikat Kerja/Belajar: Biasanya dikeluarkan oleh perusahaan/sekolah Anda atau oleh kotamadya tempat tinggal (社区).

Izin masuk ke Tibet untuk pelancong di luar Tiongkok

Langkah 1: Pesan tur Tibet Anda.

Langkah 2: Siapkan salinan paspor dan visa Anda.

Langkah 3: Dapatkan izin perjalanan Anda dari pemandu Anda atau hotel Anda di persinggahan Anda sebelum Tibet.

Langkah 4 Nikmati waktu Anda di Tibet.

Jika Anda tidak memiliki visa turis China (visa L) yang valid, Anda harus memberikan dokumen tambahan, mis. B. orang-orang dari perusahaan Anda atau sekolah Anda.

Aplikasi Anda akan diajukan oleh agen perjalanan. Setelah Izin Masuk Tibet dikeluarkan, itu akan dikirim ke titik keberangkatan pra-Tibet Anda melalui layanan surat kilat Tibet.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Tibet pada tahun 2023/2024, yang terbaik adalah mulai merencanakannya sekarang untuk pengalaman yang terorganisir dengan baik.

3. Anda dapat bepergian dengan teman atau kerabat Tionghoa Anda dalam grup yang sama.

Sebagai ekspatriat Tionghoa yang bekerja di Tiongkok, Anda mungkin bepergian dengan kolega, teman, atau kerabat Tionghoa Anda. Ya, Anda bisa berkeliling Tibet dalam grup yang sama.

Anda tidak memerlukan Izin Perjalanan Tibet, cukup kartu ID China Anda. Anda hanya perlu mengikuti pedoman dan batasan perjalanan lokal untuk orang asing.

4. Jurnalis dan diplomat memerlukan izin dari Kementerian Luar Negeri China untuk mengunjungi Tibet

Tibet dengan hangat menyambut pelancong asing dari seluruh dunia, tetapi agen perjalanan di China tidak diizinkan untuk mengatur tur Tibet untuk jurnalis dan diplomat.

Jika Anda adalah pemegang visa jurnalis atau pemegang visa diplomatik, Anda harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Luar Negeri China dan bepergian dengan pejabat urusan luar negeri.

10 Aturan Penting Bagi Turis untuk Mengunjungi Tibet-Gambar-2Tibet – BBC

5. Perjalanan mandiri tidak diperbolehkan di Tibet

Pelancong asing tidak diizinkan untuk melakukan tur mandiri di Tibet. Sebagian besar kegiatan wisata Anda perlu diatur dengan baik dan didampingi oleh pemandu Anda, seperti: B. mengunjungi biara dan mengunjungi keluarga Tibet.

Jalan-jalan sendirian atau pergi ke restoran boleh-boleh saja. Dengan tur yang terorganisir, pemandu lokal berbahasa Inggris Anda akan sangat membantu untuk pengalaman yang tak terlupakan dan bebas rasa khawatir di tanah suci ini.

Pengetahuannya tentang budaya lokal dan cara hidup tidak hanya akan membantu tetapi juga melengkapi perjalanan Anda ke Tibet untuk mengatur tiket wisata dengan lebih efisien.

6. Cina Daratan dan Nepal adalah satu-satunya titik masuk ke Tibet

Penerbangan ke Tibet hanya tersedia dari Kathmandu di Nepal atau kota-kota besar di China. Kereta api Tibet dari kota-kota Cina daratan dan perjalanan darat dari Nepal ke Tibet juga tersedia.

Memasuki Tibet dari kota-kota di Cina daratan

Penerbangan ke Tibet (terutama Lhasa) tersedia dari sebagian besar kota besar seperti Beijing, Shanghai, Xi’an, dan Guangzhou. Chengdu adalah kota dengan penerbangan terbanyak ke Lhasa.

Saat memesan penerbangan online, Anda mungkin menemukan bahwa izin Tibet diperlukan untuk mengonfirmasi pemesanan, namun izin hanya dapat diperoleh 2-7 hari sebelum tur! Kemudian tiketnya bisa lebih mahal atau terjual habis karena penundaan.

Kereta ke Lhasa juga sangat populer di kalangan mereka yang ingin menikmati pemandangan dataran tinggi Qinghai-Tibet Plateau. Kereta tersedia dari Beijing, Shanghai, Xi’an, Guangzhou, Chengdu, Chongqing, Lanzhou, dan Xining.

Semua kereta ke Tibet melewati Stasiun Kereta Api Xining, titik awal Kereta Api Qinghai-Tibet yang terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan. Jika Anda lebih suka kereta daripada Tibet, disarankan untuk mengambil jalur Xining-Lhasa saja, yang memakan waktu sekitar 24 jam, tidur satu malam di kereta.

Memulai dari kota lain memakan waktu lebih lama, misalnya 40 jam dari Beijing dan 30 jam dari Xi’an. Anda bisa terbang ke Xining atau naik kereta peluru Tiket kereta sangat diminati dan biasanya hanya tersedia 30 hari sebelum keberangkatan.

Memasuki Tibet dari Nepal

Jika Anda memasuki Tibet dari Nepal, Anda harus mengajukan visa China di Kedutaan Besar China di Kathmandu. Visa China yang dikeluarkan di negara lain tidak berlaku untuk masuk ke Tibet.

Pedoman Nepal tidak mengizinkan aplikasi visa dari pelancong individu. Anda harus mengirimkan aplikasi Anda melalui agen perjalanan di Nepal. Anda disarankan untuk menggunakan perwakilan resmi daripada berkonsultasi dengan kios pinggir jalan.

Ada dua cara untuk memasuki Tibet dari Nepal: melalui udara atau jalan darat.

Melalui Udara: Ada satu penerbangan langsung setiap hari antara Lhasa dan Kathmandu. Saat ini tidak tersedia karena pembatasan COVID-19.

Melalui Jalan: Menyeberang jalan dari Kathmandu ke Tibet merupakan petualangan tersendiri karena perjalanan panjang di jalan bergelombang di Nepal. Pelabuhan Gyrong adalah pos pemeriksaan perbatasan tempat Anda harus pindah ke kendaraan lain untuk pergi ke tujuan Anda di Tibet. Berkendara dari Kathmandu ke Pelabuhan Gyrong memakan waktu sekitar 10 jam.

7. Tidak ada batasan usia, tapi waspadai penyakit ketinggian

Jaraknya sekitar 3.850 meter (12.600 kaki) di Lhasa dan hingga 5.200 m (17.000 kaki) di area terdekat seperti Shigatse atau Everest Base Camp.

Sangat baik untuk anak-anak, orang tua atau wanita hamil untuk mengunjungi Tibet, tetapi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum bepergian, terutama jika Anda memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi.

Saat bepergian di Tibet, Anda harus memperhatikan kondisi fisik Anda, terutama anak kecil Anda: mereka mungkin kesulitan menilai gejalanya.

Misalnya, setelah berkeliling Kota Lhasa selama beberapa jam, pendatang baru mungkin merasa pingsan dan sakit kepala yang, jika tidak ditangani, dapat berkembang menjadi penyakit ketinggian yang lebih parah.

8. Tibet biasanya tertutup bagi wisatawan pada Tahun Baru Tibet (Februari dan Maret).

Tahun Baru Tibet adalah festival terpenting di Tibet, yang selalu jatuh pada bulan Februari atau Maret dalam kalender Gregorian. Selama periode ini, Tibet tidak dibuka untuk pelancong asing selama bertahun-tahun dan sering dibuka kembali mulai awal April.

Ada baiknya mempertimbangkan Daerah Otonomi Tibet lainnya di China ketika Tibet ditutup pada bulan Februari/Maret, seperti Yunnan, Sichuan, Gansu, dan Qinghai.

Tidak diperlukan Izin Masuk Tibet di sana. Dibandingkan dengan orang Tibet, mereka biasanya memiliki risiko lebih rendah menderita penyakit ketinggian jika mereka mempersiapkan diri dengan baik. Anda masih dapat menikmati pemandangan Tibet, biara, dan kehidupan Tibet.

9. Tibet aman bagi turis

Saat merencanakan perjalanan, keselamatan adalah prioritas bagi semua pelancong. Apakah Tibet Aman untuk Bepergian? Jawabannya mutlak ya, bahkan untuk pelancong wanita solo. Kebanyakan orang Tibet percaya pada ajaran Buddha dan baik hati, jujur, dan dapat dipercaya.

Jika Anda memiliki masalah, Anda selalu dapat menghubungi pemandu wisata atau Penasihat Perjalanan Anda. Secara umum, Tibet memiliki tingkat kejahatan yang relatif rendah, tetapi Anda tetap harus menjaga barang-barang Anda dengan baik.

10. Diperlukan izin khusus untuk mendaki Everest dari Tibet

Jika Anda seorang pendaki gunung dan berencana untuk menaklukkan gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, Anda perlu mengajukan izin pendakian gunung dari Asosiasi Pendaki Gunung Tibet dan izin dari Administrasi Umum Olahraga China. Dan setiap pendaki harus melakukan ekspedisi Everest dengan pemandu gunung Tibet atau Sherpa.

Untuk pelancong biasa yang ingin mengagumi Gunung Everest tanpa mendaki, Everest Base Camp adalah tempat terbaik untuk melihat Gunung Everest di Tibet. Tidak diperlukan izin tambahan: hanya izin Tibet dan izin perjalanan untuk orang asing. Perjalanan 700 km dari Lhasa memakan waktu sekitar 3 hari dengan menginap semalam dan jalan-jalan di sepanjang jalan.

Informasi tentang Tiongkok

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button