1 apel sehari menghemat kunjungan ke dokter: sejumlah manfaat apel hijau - WisataHits
Jawa Timur

1 apel sehari menghemat kunjungan ke dokter: sejumlah manfaat apel hijau

TEMPO.CO, jakarta – Konsumsi rutin satu apel hijau sehari membuat Anda jauh dari dokter. Mungkin ada benarnya pepatah lama ini. Apel, terutama apel hijau, memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Lalu apa saja manfaat apel hijau?

Manfaat Apel Hijau

Apel hijau adalah varietas apel yang pertama kali dibudidayakan di Australia oleh Maria Ann Smith. Oleh karena itu, apel varietas ini sering disebut sebagai apel Granny Smith. Apel hijau diyakini berasal dari persilangan antara apel kepiting Prancis dan apel Rome Beauty.

Hibrida ini berasal dari tahun 1868, dan karena merupakan hibrida, apel hijau diyakini memiliki lebih banyak nutrisi dan manfaat kesehatan tambahan.

Apel hijau umumnya sedikit lebih asam daripada apel merah. Ada berbagai jenis apel hijau. Varietas apel hijau yang umum termasuk apel Granny Smith, apel Crispin, apel Shizuka, dan apel Pippin. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan apel hijaunya adalah Malang. Ada juga wisata memetik apel di daerah tersebut. Tak heran jika Malang disebut sebagai kota apel.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Tufts University, AS menemukan bahwa apel hijau kaya akan senyawa fenolik. Senyawa antioksidan ini dapat memperlambat penuaan dan melindungi dari gangguan kulit. Kandungan fenolik dalam apel hijau juga mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, mengutip Web MD, makan apel hijau telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tetapi tidak jelas apakah apel meningkatkan kesehatan jantung. Salah satu faktor yang berkontribusi mungkin adalah kandungan serat yang tinggi dalam apel. Serat ini dipercaya dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol yang menyebabkan gangguan kardiovaskular.

Apel hijau juga baik untuk pencernaan. Buah ini mengandung senyawa yang disebut pektin. Pektin merupakan sumber serat yang berperan sebagai prebiotik untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Pektin yang ditemukan dalam apel hijau dapat membantu memecah makanan lebih efisien. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam apel hijau telah terbukti dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu mengatasi sembelit dan diare.

Kandungan antioksidan dan serat dalam apel hijau dikatakan membantu dalam produksi empedu. Jadi, buah ini bisa membantu menghilangkan racun di hati. Sejak food-ndtv.com dimulai, apel hijau juga baik untuk tulang dan gigi.

Selain sebagai sumber berbagai vitamin dan mineral, apel hijau juga cukup tinggi kalsium. Oleh karena itu, konsumsi apel hijau setiap hari dapat memperkuat tulang dan gigi.

HENDRIK KHOIRUL MUHID
Baca Juga: 5 Manfaat Apel Hijau: Melawan Penuaan Kulit untuk Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Source: gaya.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button